AB630. Terowongan MRT Busway Dan Jalan Tol

 
 

Rahma Sarita: assalamualaikum wr wb

HAL:  Terowongan MRT Busway Dan Jalan Tol

 

…..
…..
…..
antarafoto
…..
Terowongan gabungan MRT dan Jalan Tol itu selain menggunakan Busway berbahan gas seperti pada foto diatas, dapat juga digunakan bus bertenaga listrik seperti yang sedang dikembangkan oleh PLN bersama Kemristek, BPPT dan LIPI sebagaimana pada foto dibawah ini. Bus bertenaga listrik ini tidak menggunakan batere seperti pada kendaraan listrik, tapi menggunakan listrik dari kabel listrik di luar, kurang lebih seperti pada KRL, kereta rel listrik yang sudah lama beroperasi di kawasan Jabodetabek.
…..
PLN Garap Proyek Bus Listrik Mirip Trem
PT PLN (Persero) akan mengembangkan kendaraan bus listrik mirip trem. Rencananya produk bus listrik ini akan dibuat sacara massal. Rencana ini bagian dari kerjasama antara Kementerian Riset dan Teknologi, PLN, LIPI dan BPPT. Hari ini Menteri Riset dan Teknologi, I Gusti Muhammad Hatta bertemu dengan Direktur Utama PLN, Nur Pamudji, di PLN Kantor Pusat, Jakarta. energytoday.com – September 11, 2012 @ 7:34 am
energitoday.com
…..
Selain berbagai perlengkapan pemadam kebakaran yang ada di terowongan, dapat pula disiapkan sepeda motor bebek atau skutik yang dilengkapi dua tabung pemadam ukuran sedang di sadel belakang, satu di kiri satu di kanan. Sedang di bagian depan di bawah stang yang ada tempat lowong pada sepeda motor bebek/skutik, dapat pula diisi dengan kotak berisi bahan pemadam api. Dengan menggunakan sepeda motor, jadi lebih mudah untuk menyelap-nyelip diantara mobil-mobil yang ada di terowongan.
…..
Gambar rancangan Terowongan MRT Busway dan Jalan Tol diatas dengan diameter pengeboran 19 meter.
…..
Tunnel Boring Machine (TBM) dari perusahaan Jerman
Herrenknecht AG dengan diameter sampai 19 meter.
http://www.herrenknecht.com/news/press-section/german-foreign-minister-dr-guido-westerwelle-visited-metro-construction-site-in-panama-city.html
…..
For all geological conditions. For all diameters. For all uses. For every challenge there is a Herrenknecht solution.
…..
On Saturday, February 18, 2012, German Foreign Minister Guido Westerwelle saw for himself the construction of the first subway line in Panama City, for which two tunnel boring machines (TBMs) from Herrenknecht AG are being deployed.
The Herrenknecht Group is the global leader for mechanized tunnelling technology. The family-owned business employs around 4,000 people worldwide, more than 2,000 of them at its headquarters in Schwanau, and in 2011 achieved a total operating performance of around 1.1 billion euros.
…..
Proyek Twin Tunnel di Qinling Cina dengan TBM oleh Robbins
Company Amerika Serikat 
http://www.robbinstbm.com/project-solutions/project-results/
Terowongan ganda sepanjang 16,6 km dengan diameter 10,2 meter untuk proyek kereta api di Cina.
…..
Contoh Beberapa Proyek Terowongan Lain Di Dunia, Oleh
Caterpillar   http://tbm.cat.com/projects
As the capital of the most populous country in the world, Beijing built China’s first metro line that went into operation in 1981. Today, Beijing has already completed over 372 km of metro line, carrying an average of over 7 million passengers per day. The city government has made ambitious plans of further expanding the metro network and Line 9 is an important part of this initiative to alleviate the rapidly deteriorating traffic congestion in the western metropolitan district.
…..
…..
…..
…..
…..

 
 

Dulu jaman bang Ali sekitar tahun tujuhpuluhan sempat muncul rencana untuk membangun gorong-gorong besar di bawah Jakarta. Tapi rencana itu batal antara lain karena dikhawatirkan gorong-gorong besar seperti itu akan dijadikan tempat para gelandangan dan pelaku kriminal bersembunyi, terutama di kawasan sekitar Lapangan Banteng dan Monas yang waktu itu cukup rawan.

Ketika kemudian pada awal tahun 2000-an Malaysia mulai membangun Smart Tunnel yang merupakan gabungan terowongan air dan jalan tol, dimana pada saat diperlukan jalan tol itu akan ditutup untuk menjadi saluran air, itu seperti merupakan solusi untuk kekhawatiran rencana bang Ali dulu. Sebab dengan gorong-gorong besar semacam itu dijadikan jalan tol juga, tentu tidak akan menjadi tempat para gelandangan dan pelaku kriminal bersembunyi. Dan pihak Satpol PP maupun Polisi juga menjadi lebih mudah untuk melakukan patroli.

Rencana pembangunan Deep Tunnel dari MT Haryono ke Pluit tampak sedang digarap serius oleh pak Jokowi, menyerupai Smart Tunnel Malaysia itu yaitu menggabungkan Jalan Tol dengan saluran air. Mungkin yang penting juga diperhatikan adalah sistim pemadam kebakaran kalau ada mobil yang terbakar saat di dalam terowongan. Selain berbagai perlengkapan pemadam kebakaran yang ada di terowongan, dapat pula digunakan sepeda motor bebek atau skutik yang dilengkapi dua tabung pemadam ukuran sedang di sadel belakang, satu di kiri satu di kanan. Sedang di bagian depan di bawah stang yang ada tempat lowong pada sepeda motor bebek/skutik, dapat pula diisi dengan kotak berisi bahan pemadam api. Dengan menggunakan sepeda motor, jadi lebih mudah untuk menyelap-nyelip diantara mobil-mobil yang ada di terowongan.

Selain soal gorong-gorong, pak Jokowi juga sempat dibikin sibuk beberapa minggu belakangan ini oleh soal MRT yang masih ada tarik ulur antara berbagai pihak, padahal kebutuhan akan MRT sudah mendesak karena kemacetan Jakarta yang sudah parah. Entah berapa juta liter bensin yang habis setiap tahun di jalanan Jakarta akibat kemacetan.

Bukan mustahil rencana pembangunan Deep Tunnel yang terinspirasi oleh Smart Tunnel Malaysia itu dapat pula menjadi solusi untuk soal MRT. Yaitu dengan membangun terowongan MRT gabungan Busway dan Jalan Tol. Selama ini salah satu problem pembangunan MRT, antara lain yang akan dibiayai oleh Jepang, adalah soal biaya yang dikhawatirkan terlalu besar dan menyebabkan karcis MRT untuk masyarakat menjadi terlalu mahal.

Dengan menggabungkan MRT Busway dan Jalan Tol, berarti pemasukan bukan cuma dari penjualan karcis MRT melainkan juga dari Jalan Tol sehingga menjadi semacam.subsidi silang.

 
 

Jakarta,  9 Januari 2013.
wassalam,

 
 

a.m. firmansyah
sms +62812 183 1538

 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: