AB728. Pak Reza Bilang Ribet Lalu Muncul Angry Bird

 
 

Rahma Sarita: assalamualaikum wr wb

HAL:  Pak Reza Bilang Ribet Lalu Muncul Angry Bird

 

 ……
 ……
Tanggal 7 Januari 2014 Raisa memuat tweet soal game, mula-mula seperti pesan pribadi tapi kemudian diikuti pesan sponsor dari Nescafe, ada game dari Nescafe untuk Android.
Aku jadi ingat sama kejadian sekitar akhir 2002 atau awal 2003 waktu janjian ketemu pak Reza di Carrefour Cawang, dimana aku lalu diajak ke rumah dia di Ceger.
 ……
Dalam perjalanan dari Carrefour Cawang ke rumah dia di Ceger yang cukup jauh dekat Taman Mini itu, pak Reza beberapa kali menyebut kata “ribet”. Sebuah kata jaman sekarang yang tidak ada di kamus, kurang lebih “ribet” itu berarti rumit atau ruwet.
Beberapa tahun kemudian, game Angry Bird muncul dan menjadi terkenal sejak sekitar tahun 2009. Nama game Angry Bird itu seperti memuat kata “ribet” yang disebutkan oleh pak Reza.
Kalau dulu kata “ribet” itu seperti terkait dengan Rila yang asal Betawi, sehingga seperti berarti juga “Rila Betawi”, maka kalau terkait dengan Raisa yang asal Sunda itu mungkin jadi “Ray Sun”. Entah game baru apa yang akan muncul terkait “Ray Sun” itu.
 ……
 ……
pcworld.com
onlineangrybirds.org
 ……
 ……
Logo perusahaan pembuat Angry Bird itu yaitu Rovio, mengingatkan kita pada helm pasukan Viking yang bertanduk seperti pada foto-foto dibawah ini. Meskipun belakangan ini dibantah, info terbaru menyebutkan bahwa helm semacam itu bukan helm pasukan Viking melainkan helm yang dipakai bangsa Viking untuk upacara tertentu saja.
    rovio.com
ops.org
 ……
Game Angry Bird yang disebut sebagai salah satu game terpopuler di dunia itu,  dibuat oleh Rovio sebuah perusahaan yang berlokasi di Finlandia. Pada abad 12 sampai 19, Finlandia merupakan bagian dari Swedia. Sedangkan bangsa Viking berasal dari Skandinavia, yang sekarang adalah negara-negara Denmark, Norwegia dan Swedia.
zmescience.com
gimlicommunityweb.com
 ……
powerstrength.vasegurt.com beerinthecle.wordpress.com
 ……
google.maps
 ……
Peta wilayah di Eropa dan Asia yang pernah dikuasai bangsa Viking, mulai dari abad 8 sampai abad 11.
wikipedia
Perahu bangsa Viking, perahu yang tangguh dan gesit, digunakan untuk mengangkut pasukan saat menduduki beberapa wilayah di Eropa dan Asia.
foto: marineinsight.com
theoldgiftshop.com
 ……
 ……
Sehari sebelum memuat tweet soal game dari Nescafe, Raisa memuat tweet yang berisi video latihan dia di tahun 2012. Pada video itu tampak sebagian besar jendela ditutupi tirai. Seperti terkait soal Ray Sun.
 ……
 ……
Sekitar jam setengah delapan malam pada 9 Januari 2014, aku save bagian dari level-2 game Angry Birds dimana target berada pada beberapa tiang, dari situs www.onlineangrybirds.org/angry-birds-game-online.html
Aku pilih level-2 ini karena ada empat tiang, dengan tiang yang paling kanan lebih tinggi. Jadi sesuai dengan namaku Firman yang dalam bahasa Jerman atau Belanda kata “fir” berarti empat, serta kesediaanku untuk naik menghadap Yang Maha Kuasa, ketemu ajal untuk kebaikan umat manusia.
Setelah lima bulan menghilang sejak akhir Juli 2013, Rahma Sarita muncul lagi di JakTV pada 9 Januari 2014 jam 21.00, tapi aku baru tahu sekitar jam 21.30. Setting di studio yang biasanya berupa kursi sofa, malam itu berbeda, berupa deretan mimbar. Sehingga mirip level 2 dari Angry Birds yang aku save dua jam sebelum itu. Mimbar paling kanan atau yang keempat dari kiri, kosong, sehingga sesuai kesediaanku menjadi kosong, ketemu ajal untuk kebaikan umat manusia.
 ……
Dua respon dari Bill Gates terhadap soal ini, diatas adalah tentang “great ideas will come from unexpected places”. Dan di bawah soal nonton bersama istri film arahan sutradara Xavier Beauvois asal Perancis. Film buatan Perancis “Of Gods And Men”, berdasarkan kisah nyata pembunuhan 7 pemuka agama minoritas di Aljazair oleh kelompok fundamentalis pada tahun 1996, saat terjadi perang saudara.
imdb.com
 ……
 ……
 ……

 
 

Tanggal 7 Januari 2014 Raisa memuat tweet soal game, mula-mula seperti pesan pribadi tapi kemudian diikuti pesan sponsor dari Nescafe, yaitu ada game dari Nescafe untuk para penggemar Raisa yang memakai HP dengan sistim Android. Seperti aku tulis di “Pengaman Beberapa Kesempatan Kedua Tanggal 30 Oktober 2013“, tipe wajah Raisa itu seperti Rila, jadi soal game ini mengingatkan juga pada kejadian yang terkait Rila.

Aku tidak ingat persis kejadian itu pada tahun berapa, mungkin sekitar akhir 2002 atau awal 2003 saat kamu menghilang dari Metro TV sejak tahun 2001 sampai 2004 yang konon pergi ke Inggris. Waktu itu aku janjian ketemu pak Reza di Carrefour Cawang soal lukisan. Aku lebih dulu sampai Carrefour Cawang dan menunggu beberapa menit di tempat parkir, lalu pak Reza muncul dengan mobil Kijang. Semula aku pikir akan ngobrol di Carrefour Cawang, namun kemudian aku malah disuruh masuk ke mobil dan diajak ke rumah pak Reza di Ceger dekat Taman Mini.  Yang aku ingat adalah saat sampai di rumah dia di Ceger, antara lain ketemu ibu pak Reza yang masih dalam perawatan setelah sakit dan sempat masuk rumah sakit RSPAD Gatot Subroto. Rumah pak Reza belum selesai, masih ada beberapa bagian yang sedang dikerjakan. Di TV, kalo nggak salah Metro TV,  saat itu sedang ada berita mengenai Saddam Husein berpidato karena Irak akan diserang oleh Amerika. Dari info di Internet beberapa hari yang lalu, aku ketahui serangan ke Irak dimulai pada 19 Maret 2003, berarti aku ke rumah pak Reza itu seingat aku beberapa minggu sebelum 19 Maret 2003. Juga antara lain muncul dua orang perwira polisi berpakaian preman dan memperkenalkan diri sebagai teman pak Reza dari Semarang, menanyakan ke aku sudah berapa lama kenal pak Reza, dan aku bilang ini cuma soal lukisan saja.

Pada saat dalam perjalanan dari Cawang ke Ceger itu, pak Reza sempat beberapa kali menyebut kata “ribet”.  Karena kata “ribet” tidak ada di kamus dan kalau orang asing baca ini dengan terjemahan oleh Google akan menyebabkan Google kerepotan, jadi aku perlu jelaskan disini “ribet” itu istilah bahasa Jakarta, terkait persoalan yang rumit atau ruwet.

Tapi ucapan “ribet” oleh pak Reza itu seperti semacam curhat. Karena kata “curhat” juga tidak ada di kamus, sehingga untuk orang asing yang baca ini dengan terjemahan oleh Google akan  menyebabkan Google kerepotan, jadi aku jelaskan disini arti “curhat” adalah “mencurahkan isi hati”. Jadi ucapan “ribet” saat itu oleh pak Reza seperti merupakan “curhat” yang berasal dari keluhan kamu mungkin, karena aku pernah cerita ke kamu soal cewek berjilbab yang bernama Rila, anak Betawi yang kenalan sama aku saat dia lulus SMA tahun 2001.

Bukan aku GR merasa kamu mau sama aku sehingga kamu cemburu dengan kemunculan Rila, melainkan mungkin kamu gak suka aku banding-bandingkan kamu sama Rila itu. Jadi pak Reza beberapa kali menyebut kata “ribet” itu, seperti merupakan singkatan dari “Rila Betawi”. Seperti kasih isyarat sama aku, bahwa urusanku sama kamu jadi “ribet” gara-gara aku memunculkan soal Rila Betawi itu.

Dan, ini yang menarik, beberapa tahun kemudian setelah pak Reza mengucapkan kata “ribet” itu, game Angry Bird yang yang dibaca “engribet” sehingga seperti memuat kata “ribet” itu, menjadi game yang terkenal. Sejak tahun 2009 sampai sekarang, tua muda senang main game Angry Bird, dan disebut sebagai salah satu game paling populer di dunia.

Sekitar satu hari sebelum kemunculan tweet Raisa soal game itu, sore hari aku teringat sama soal game Angry Bird dan pak Reza itu, dan kemudian keesokan hari pada pagi hari waktu aku buka Twitter Raisa aku lihat ada tweet soal game, …… tweet itu dikirim oleh Raisa sore hari juga, kurang lebih pada saat aku teringat soal game Angry Bird dan pak Reza itu.

Kalo dulu ada Rila Betawi dan ucapan pak Reza soal “ribet” yang kemudian diikuti kemunculan game Angry Birds, “engribet”, sekarang mungkin Raisa asal Sunda yang berwajah satu type sama Rila itu akan memunculkan game terkait dengan “Ray Sun”, entah jadi game apa nih. Sehari sebelum memuat tweet soal game, Raisa memuat video latihan dia yang dibuat tahun 2012. Seperti terlihat pada foto-foto diatas, dalam tempat latihan itu sebagian besar jendela ditutupi oleh tirai. Jadi seperti terkait dengan soal Ray Sun juga. Di kamarku juga, belakangan ini posisi sinar matahari dari jendela kalau sore mengarah ke laptop, jadi aku tutupi pake koran.

Ada kejutan yang muncul setelah aku save bagian dari game Angry Birds untuk melengkapi tulisan ini. Aku mencari game Angry Birds itu di Internet, dan aku baru perhatikan bahwa game yang awal-awal muncul adalah yang pakai katapel, dimana burung-burung Angry Birds itu dilontarkan dengan katapel untuk meruntuhkan beberapa konstruksi kayu yang jadi tempat sembunyi beberapa babi. Sekitar jam setengah delapan malam pada 9 Januari 2014, aku save bagian dari level 2 dimana target berada pada beberapa tiang, dari situs www.onlineangrybirds.org/angry-birds-game-online.html

Kurang lebih dua jam kemudian kejutan muncul ketika aku setel JakTV, yang sedang ada acara Ada Apa Berita. Kamera sedang close-up ke bang Ruhut Sitompul yang mendapat giliran berbicara, dan ………. sepintas terdengar seperti ada suara kamu. Aku pikir apakah aku salah dengar aja, karena sudah lama rindu pingin lihat kamu di TV. Aku tunggu beberapa saat, dan ketika kamera mengambil gambar semua yang ada di acara itu, ……… ternyata betul itu kamu, sudah muncul lagi di JakTV setelah sekitar lima bulan menghilang sejak akhir Juli 2013.

Kalau setting suasana studio yang biasa dimunculkan dalam interview di Ada Apa Berita adalah berupa satu set kursi sofa, namun pada malam kemunculan lagi kamu di JakTV pada 9 Januari 2014 itu setting studio berupa deretan empat mimbar yang diisi para narasumber.  Pada kemunculan kembali kamu di Ada Apa Berita 9 Januari 2014 itu, mimbar paling kanan atau yang keempat dari kiri, dalam keadaan kosong. Sehingga sesuai namaku Firman yang dalam bahasa Jerman atau Belanda kata “fir” berarti empat, serta kesediaanku menjadi kosong, ketemu ajal untuk kebaikan umat manusia. Jadi seperti bagian level 2 pada Angry Birds yang baru aku save dua jam sebelum itu, dimana target pada deret ke empat lebih tinggi, sesuai kesediaanku naik keatas menghadap Allah SWT.

Kamu tampak lebih gemuk. Dan ini terus terang mengkhawatirkan aku. Bukan apa-apa, kalau gemuk kamu itu karena baru melahirkan bayi, berarti bukan persoalanku, sebab itu merupakan urusan rumah tangga kamu.

Tapi yang aku khawatirkan adalah, kalau kamu jadi gemuk karena merasa tertekan oleh persoalan sama aku, sehingga kamu jadi makan melulu, nah ini tentu merupakan persoalan untuk aku bereskan. Kalau kamu jadi makan melulu sehingga jadi gemuk setelah aku memuat “Bill Gates Soal Celana Boxer” yang ada Bianca Liza, tentu aku perlu jelaskan disini. Dan seingat aku waktu bulan Ramadhan 10 Juli – 7 Agustus tahun 2013 yang lalu, kamu beberapa kali dalam beberapa interview di JakTV mengungkapkan mengenai ada stasiun TV yang menyelipkan iklan saat menayangkan adzan. Soal itu sudah sempat disanggah oleh perwakilan MUI pada salah satu interview itu, yang menyebut tidak ada stasiun TV yang melakukan seperti itu, tapi di saat lain kamu tetap mengatakan seperti itu. Setelah aku perhatikan adzan di beberapa stasiun TV, ternyata adzan yang di SCTV memang memuat orang yang pakai baju dengan logo SCTV, juga ada mobil yang pakai logo SCTV. Sehingga adzan itu seperti menyelipkan iklan SCTV, jadi mungkin itu yang kamu maksud. Dan tentu kamu tahu juga, SCTV itu yang menyiarkan acara yang ada Bianca Liza, yaitu Inbox dan Eat Bulaga.

Bukan aku GR merasa kamu mau sama aku, tapi mungkin yang jadi persoalan untuk kamu adalah karena aku seperti membandingkan-bandingkan kamu sama cewe lain. Untuk itu aku perlu jelaskan disini, aku tidak bermaksud membandingkan kamu sama cewe lain, tujuanku cuma ingin mengungkap info saja, info soal Bianca Liza, Raisa, Maudy Ayunda, Sinta Bahir, atau siapa saja, yang mungkin dapat menjadi bahan inspirasi bagi yang membaca tulisanku. Sebab kalau aku simpan sendiri info itu, padahal ada inspirasi penting untuk orang lain yang membaca tulisanku, ‘kan aku salah juga dong kalau aku nggak mengungkapkan info itu.

Untuk itu aku mohon maaf sama kamu di surat ini, moga-moga kamu nggak marah sama aku, moga-moga kamu nggak menjadi Angry Bird. Tapi kalau kamu jadi gemuk itu sekedar pingin ngerasain aja jadi orang gemuk, untuk aku gak jadi soal, kamu tetap nggak ada tandingan.

 
 

Jakarta,  12 Januari 2014.
wassalam,

 
 

a.m. firmansyah
sms +62812 183 1538

 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: