AB682. Berganti Dengan Laptop Acer Aspire E1-431

 
 

Rahma Sarita: assalamualaikum wr wb

HAL:  Berganti Dengan Laptop Acer Aspire E1-431

 

 ……
 ……
Toko agen Acer di Poins Square Lebak Bulus.
Dari beberapa model laptop yang ada di toko agen Acer itu aku pilih yang murah, Aspire E1-431 yang menggunakan prosesor Intel, harga 3,449 juta tanpa Windows.
Lapisan anti gores sedang dipasangkan di monitor, harga 50 ribu rupiah.
Selesai proses pembelian laptop itu, aku diajak ke stand Intel di bagian tengah koridor, diberi beberapa pertanyaan survei, mendapat hadiah gelas plastik yang ada merk Intel.
Hadiah gelas plastik yang ada merk Intel.
Dibantu mendaftar ke Speedy Telkomsel yang sedang memasyarakatkan Wi-Fi gratis.
Beberapa kali ke Poins Square Lebak Bulus, aku sempatkan mampir ke supermarket Giant yang sedang ada sarung diskon merk Istana Tex Bandung seharga 39 ribu rupiah.
Laptop baru, Acer Aspire E1-431.
Karena laptop baru itu belum pakai Windows, jadi harus dipasangi dulu Windows 7 Starter dan setelah itu Windows 8 Pro.
Sekalian beli modem USB baru merk Huawei.
Hadiah gratis mouse seharga 50 ribu rupiah.
Skandisk 16 GB untuk memindahkan files dari laptop lama ke laptop baru.
 ……
 ……
 ……

 
 

Beberapa bulan belakangan ini laptop yang aku pakai sejak tahun 2009 suka macet, seringkali kalau mau rekam satu halaman dari internet saja butuh waktu hampir satu jam. Oleh sebab itu pada 23 Juli 2013 aku telpon ke customer service Acer, dan diberitahu bahwa apps sekarang rata-rata butuh RAM berkapasitas 2 GB, sedangkan RAM pada laptopku itu cuma 512 MB.

Dikatakan pula laptopku itu, Acer Aspire 4710, merupakan produksi lama sekitar tahun 2005. Waktu aku tanya apa bisa diganti RAM di laptopku itu, dia bilang bisa. Aku bilang sekalian diganti juga Hard Disk di laptopku itu, karena Hard Disk di laptopku itu cuma 110 GB atau masing-masing 55 GB pada tiap local disk, dan hampir penuh.  Laptop jaman sekarang rata-rata berkapasitas Hard Disk 300 GB lebih, atau pada masing-masing local disk kalau dibagi dua menjadi sekitar 150 GB.

Dia bilang total sekitar 1,2 juta rupiah  biaya untuk upgrade menjadi 320 GB Hard Disk dan 2 GB RAM. Tapi yang lebih baik adalah sekalian beli baru, karena kalau cuma ganti onderdil seperti itu, khawatir onderdil lain yang ada di dalam laptop itu akan tidak tahan lama sebab tidak dirancang untuk mendukung kecepatan dan kapasitas memori yang lebih besar seperti itu. Sehingga bisa malah harus bolak balik diservice lagi.

Setelah aku diberi tahu ada Acer yang berharga 3,2 juta rupiah tanpa Windows, aku pikir betul juga lebih baik sekalian beli baru sebab tidak terlalu beda antara harga baru dan ongkos betulin laptop lama. Apalagi kalau seperti kata dia, kalau dilakukan upgrade RAM dan Hard Disk dapat menyebabkan onderdil lain bisa nggak tahan lama, berarti ada resiko akan rusak lagi rusak lagi.

Jumat 26 Juli 2013 aku ke Carrefour Lebak Bulus sebab cukup banyak juga laptop disitu. Setelah itu berlanjut ke Poins Square Lebak Bulus yang berada di seberang jalan. Mula-mula ke agen penjualan Acer, setelah tanya beberapa info lalu berlanjut jalan ke toko-toko lain, coba tanya spek dari merk-merk lain, antara lain Lenovo, Toshiba, Asus. Harga cukup bersaing juga, ada beberapa type dengan harga yang hampir sama. Tapi aku pikir kalau merk lain, berarti akan ada beberapa fitur yang harus aku pelajari lagi, jadi aku kembali ke toko agen Acer yang sudah aku datangi tadi, di pojok dekat bagian tengah.

Dari beberapa model yang ada, aku ambil yang cukup murah yang menggunakan prosesor Intel yaitu Aspire E1-431 dengan harga 3,449 juta rupiah tanpa Windows. Sekalian dipasangi lapisan anti gores untuk monitor 50 ribu rupiah, dan USB modem merk Huawei seharga 369 ribu rupiah. Waktu aku tanya apa bisa pakai mouse, dibilang bisa dan aku malah dikasih gratis satu mouse seharga 50 ribu rupiah.

Selesai proses pembelian laptop itu di toko agen Acer, aku diajak ke stand Intel di bagian tengah antara koridor lantai 2  itu. Merupakan stand karena disitu Intel tidak jual produk, cuma memamerkan beberapa laptop dan komputer rakitan yang diperkuat oleh prosesor Intel sehingga berkemampuan tinggi. Di stand Intel itu aku diberi beberapa pertanyaan semacam survei, lalu dikasih hadiah gelas plastik dengan merk Intel. Dan dibantu mendaftar untuk kartu Speedy Telkomsel yang sedang memasyarakatkan Wi-Fi gratis.

Beberapa hari setelah itu, aku sempat kembali lagi ke Poins Square beberapa kali, antara lain untuk beli flash disk untuk memindahkan files dari laptop lama ke laptop baru. Juga karena ada sarung bagus yang lagi  dijual obral di supermarket Giant, sarung buatan Istana Tex Bandung, cuma 39 ribu rupiah. Pertama aku beli dua sarung, lalu ketika kembali lagi aku beli tiga, yang dua kemudian aku kasih sama dua pembantu laki yang mau pulang mudik dan tidak balik lagi. Sempat juga beli kurma curah, cuman sekitar 5000 rupiah setengah kilogram.

Ada problem waktu mau instal Windows ke laptop baru itu. Sekitar bulan Maret 2013 yang lalu waktu aku cari Windows 7, aku dapat info dari beberapa toko di Mal Ambassador  maupun  di Poins Square bahwa kalau Windows yang FPP itu bisa dipindah-pindahkan. Dalam arti kalau kita sudah install di sebuah laptop lalu kita berganti dengan laptop baru, Windows FPP itu bisa dipindahkan. Tapi setelah aku beli laptop baru itu, aku tanya lewat telpon ke Microsoft, ternyata tidak bisa dipindahkan seperti itu.

Jumat 2 Agustus 2013 aku ke toko agen Acer itu lagi di Poins Sqaure Lebak Bulus untuk beli Windows 8 Pro seharga 700 ribu rupiah.  Tapi karena itu merupakan Windows upgrade, berarti harus ada Windows lain dulu yang diinstall, cuman aku belum memutuskan Windows yang mana karena ada tiga pilihan yaitu Windows 7 Starter dengan harga 500 ribu rupiah, Windows 7 Basic 700 ribu rupiah, dan Windows 7 Home Premium 1,2 juta rupiah. Jadi pada 2 Agustus 2013 itu aku cuma beli Windows 8 Pro saja seharga 700 ribu rupiah.

Sampai di rumah aku cari info di Internet, ada beberapa Windows yang dijual secara online oleh agen di Jakarta, dan   saat aku lihat di Bhinneka.com ada Windows 7 Home Premium yang bisa dibeli secara cicilan sekitar 222 ribu rupiah per bulan selama 6 bulan. Aku langsung daftarkan sebagai pembeli on-line, sebab dengan demikian berarti aku cuma perlu keluarkan 222 ribu pada bulan ini untuk Windows 7 itu, lebih murah dibandingkan 500 ribu harga paling murah di toko agen Acer. Lumayan bisa menghemat cash-flow. Namun belum bisa langsung dikirim, karena aku harus register dulu di Klik BCA dan Klik Pay BCA untuk bisa beli on-line secara cicilan itu.

Keesokan hari pada 3 Agustus 2013 pagi waktu aku telepon ke Bhinneka.com aku baru tahu, pembelian cicilan itu cuma bisa untuk pemegang kartu kedit BCA, padahal aku cuma punya kartu debit BCA.  Jadi aku batalkan pembelian cicilan itu, dan tidak ada pilihan lain kecuali kembali mendatangi toko agen Acer di Poins Square lagi, untuk beli Windows 7 Starter seharga 500 ribu rupiah.

Berarti pengeluaranku untuk laptop baru itu adalah: laptop Acer Aspire E1-431 harga 3,449 juta rupiah, lapisan anti gores untuk monitor 50 ribu rupiah, Windows 7 Starter harga 500 ribu rupiah, Windows 8 Pro harga 700 ribu rupiah, jumlah 4,669 rupiah. Ditambah USB modem 369 ribu rupiah dan flash disk 120 ribu rupiah, jumlah total menjadi 5 juta 158 ribu rupiah.

Moga-moga dengan Allah membukakan hatiku untuk beli laptop baru itu di bulan Ramadhan, dan memang laptop itu adalah untuk melanjutkan menulis antara lain isyarat-isyarat dari langit, berarti insya Allah ada pahala tambahan untuk aku di bulan Ramadhan 1434 H yang lalu itu.

 
 

Jakarta,  13 Agustus 2013.
wassalam,

 
 

a.m. firmansyah
sms +62812 183 1538

 
 

2 Comments to “AB682. Berganti Dengan Laptop Acer Aspire E1-431”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: