AB683. Sayembara Curate Award Oleh Sheikha Mayassa Dan Prada

 
 

Rahma Sarita: assalamualaikum wr wb

HAL:  Sayembara Curate Award Oleh Sheikha Mayassa Dan Prada

 

Selamat Idul Fitri 1434 H
Taqabalallahu Minna Wa Minkum

Minal Aidin Wal Faidzin, Maaf Lahir Bathin

 

 ……
 ……
Curate is a joint initiative partnered by Fondazione Prada and the Qatar Museums Authority. Through this award, the two institutions aim to encourage the realisation of great curatorial expressions, ideas on how to exhibit, and perspectives that regard new languages inside and outside museums’ spaces in a rapidly changing world.
 ……
 ……
 ……
Dua tokoh utama pada jajaran para juri Sayembara Curate Award adalah Sheikha Mayassa, pimpinan dari Qatar Museums Authority yang juga anak dari pemimpin negara Qatar, serta Miuccia Prada pimpinan dari perusahaan Italia yang bergerak di bidang fashion tingkat atas merk Prada, dan dalam daftar bilyuner dunia di majalah Forbes berada di urutan 78.
 ……
 ……
Meskipun Fondazione Prada ada di dua kota yaitu di Milan dan Venice, tapi pada situs Curate Award itu yang dimuat adalah yang di Venice. Dalam bahasa Inggris, kota Venice disebut sebagai “fenes” yang sepintas seperti kata “finish”, sehingga seperti terkait dengan soal aku finish, aku ketemu ajal untuk kebaikan umat manusia.
 ……
 ……
 ……
Lokasi  Fondazione Prada yang dimuat pada situs Curate Award adalah yang berada di kota Venice, kota yang terkenal karena memiliki jalur-jalur air untuk lalu lintas, bukan jalan-jalan darat seperti di kota lain.
lapromenademag.com
 ……
 ……
Beberapa foto kegiatan seni maupun lukisan, patung dan seni instalasi yang terdapat di situs www.mathaf.org.qa  dan akun Mathaf di Facebook.
 ……
 ……
Foto ini diberi judul “Maman”, entah mungkin arti dari kata maman adalah laba-laba barangkali.
 ……
 ……
 ……

 
 

Info mengenai Curate Award sudah aku lihat di Facebook sejak sekitar awal Agustus 2013, tapi karena aku masih sibuk dengan laptop baru yang masih ada beberapa hal penting yang harus aku benahi, sehingga aku cuma melihat sepintas lalu dan belum meliti lebih lanjut soal Curate Award itu. Beberapa hari kemudian ada email dari teman SMA-ku Alex soal Linked-in, muncul di situs Linked-in itu nama pak Wardy Bafagih managerku di American Express.

Nama pak Wardy Bafagih mengingatkan aku lagi pada kata Award yang terdapat di Curate Award, jadi aku lihat lebih lanjut situs Curate Award itu. Terutama sekali mengenai persyaratan ikut sayembara Curate Award itu, yang ternyata tidak dikhususkan kepada para kurator saja melainkan boleh untuk umum, yang penting ada ide yang bagus mengenai suatu pameran senirupa.

“The competition recognises that we are all curators. Everything we choose and collect to surround us has meaning. Great curatorial expressions and ideas on how to exhibit can be communicated in all artistic forms and media, by anyone, whether in the art world or not. ”

“Participation in the competition is not limited to aspiring or established curators; anyone with a great concept is encouraged to enter.”

Dua tokoh utama pada jajaran para juri adalah Sheikha Mayassa, pimpinan dari Qatar Museums Authority yang juga anak dari pemimpin negara Qatar, serta Miuccia Prada pimpinan dari perusahaan Italia yang bergerak di bidang fashion tingkat atas merk Prada dan dalam daftar bilyuner dunia di majalah Forbes berada di urutan 78.

Dan yang menarik adalah meskipun Fondazione Prada ada di dua kota yaitu di Milan dan Venice, tapi pada situs Curate Award itu yang dimuat adalah yang di Venice. Dalam bahasa Inggris, kota Venice disebut sebagai “fenes” yang sepintas seperti kata “finish”, sehingga seperti terkait dengan soal aku finish, aku ketemu ajal untuk kebaikan umat manusia.

Fondazione Prada yang berada di kota Venice itu baru dibuka pada akhir Mei 2011 yang lalu dan sampai saat ini telah menyelenggarakan beberapa pameran seni.

Nama kedua tokoh juri itu, yaitu Sheikha Mayassa dan Miuccia Prada, yang sama-sama memuat “M”, seperti terkait dengan soal Ema untuk mendampingi aku saat aku ketemu ajal, seperti tanteku tante Ema yang tetap hidup setelah sang suami wafat.

Sedangkan mengenai persyaratan ikut sayembara Curate Award itu yang tidak dikhususkan kepada para kurator saja melainkan boleh untuk umum, yang penting ada ide yang bagus mengenai suatu pameran senirupa, seperti isyarat dari langit agar memudahkan kamu untuk ikut sayembara itu.  Ide yang muncul di benakku adalah kamu ikut sayembara itu dengan lukisan-lukisanku yang memuat nilai sejarah. Jadi pameran akan berupa lukisan yang didampingi oleh foto dan teks mengenai sejarah terkait lukisan tersebut, mungkin beberapa dilengkapi juga dengan layar TV yang memutar video terkait.

Bukan mustahil pula ini jalan dari langit sedang dibukakan untuk aku agar seperti yang pernah aku ungkapkan di surat terdahulu, yaitu selama pemilu dan pilpres 2014 aku bisa berada di luar negeri, di Qatar ataupun negara lain sehingga aku tidak perlu menjadi sasaran kecurigaan bagi para calon yang sedang mempersiapkan diri untuk tahun 2014 itu.

Soal apakah insya Allah kita akan menang di sayembara itu atau tidak, tentu kita tidak perlu terlalu pikirkan sebab yang lain juga tentu banyak yang bagus, yang penting kita sudah berpartisipasi dengan sebaik mungkin. Mengingat lukisan-lukisanku yang memuat sejarah itu merupakan pula semacam amanah dari langit agar kita jual dengan harga sebaik mungkin, lalu sebagian hasil penjualan disumbangkan untuk amal sosial, berarti tentu kita harus serius mengelola kemunculan kesempatan baik yang langka semacam ini.

 
 

Jakarta, 13 Agustus 2013.
wassalam,

 
 

a.m. firmansyah
sms +62812 183 1538

 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: