AB776. Bill Gates Soal Kepunahan Ke-6

 
 

Rahma Sarita: assalamualaikum wr wb

HAL:  Bill Gates Soal Kepunahan Ke-6

 
 

Design lukisan “Four D At Senk Lotta”.

 
 

Seperti biasa untuk mengisi libur summer, Bill Gates menunjukkan beberapa buku yang menarik untuk dibaca. Untuk summer tahun 2014 ini ada 6 buku yang direkomendasikan oleh Bill Gates pada tweet tanggal 24 Juli 2014. Sebagaimana disebut pada bagian awal komentar terhadap buku-buku itu, Bill Gates menulis dari enam buku itu cuma satu yang cocok untuk dibaca di tepi pantai yaitu novel karya Graeme Simsion berjudul “The Rosie Project”. Sebab lima buku yang lain lebih bersifat ilmiah.

Lalu pada tanggal 26 Juli 2014 hari Sabtu, aku sibuk mengumpulkan bahan dari Internet mengenai dua kecelakaan pesawat yang terjadi pada akhir Juli 2014, yaitu 22 Juli 2014 TransAsia di Taiwan dengan korban 48 tewas dari 58 orang yang ada di dalam pesawat, dan 24 Juli 2014 AirAlgeria di Afrika dengan korban 116 orang tewas. Sambil sibuk di depan laptop, sesekali aku lihat TV juga, pindah-pindah channel cari yang menarik, dan sekitar beberapa menit selewat jam sepuluh di channel RTV ada liputan kunjungan ke beberapa mesjid tua bersejarah di Jakarta. Mesjid Pekojan, Mesjid Pitung, Mesjid Luar Batang, dan Mesjid Fatahillah. Acara adalah Indonesia Banget, suatu acara dimana tiap episode dibawakan oleh host yang berbeda terdiri dari orang asing yang tinggal di Indonesia. Sebelum itu aku sudah beberapa kali lihat acara itu, antara lain ada host cowo dari Itali, pernah juga ada host cewe dari negara lain aku lupa negara mana.

Pada Sabtu 26 Juli 2014 itu, yang jadi host adalah Senk Lotta asal Uzbekistan, negara pecahan Uni Soviet sebelum Uni Soviet bubar tahun 1991. Senk Lotta sudah beberapa tahun belakangan ini jadi foto model di Indonesia dan sering juga isi acara TV. Semula aku pikir acara itu tidak ada hubungan dengan aku, dan aku cuma senang lihat mesjid-mesjid tua bersejarah itu dalam suasana bulan Ramadhan. Ada juga adegan Senk Lotta sempat ambil wudhu, lalu sholat di Mesjid Pekojan.

Sore hari sekitar jam 5 aku istirahat sebentar sambil menunggu buka puasa. Dan baru terpikir olehku, nama Senk Lotta itu kalau disingkat jadi SL, seperti terkait dengan soal “Kisah Edsel Ford Dan Mobil Gagal Ford Edsel 1958” yang aku tulis beberapa hari sebelum itu pada 24 Juli 2014. Disitu aku tulis bahwa nama mobil Ford itu seperti berarti Four Die, terkait namaku Firman yang dalam bahasa Jerman atau Belanda kata “fir” berarti empat atau “four” dalam bahasa Inggris, dan kesediaanku untuk die, ketemu ajal untuk kebaikan umat manusia. Dan mobil gagal Ford Edsel itu diluncurkan tahun 1958, seperti tahun kelahiranku. Jadi setelah tersadar nama Senk Lotta itu kalau disingkat jadi SL, sehingga nama mobil Ford Edsel itupun jadi seperti berarti “four die at Senk Lotta”, aku ketemu ajal di Senk Lotta, muncul ide untuk membuat lukisan baru. Berjudul “Four D At Senk Lotta”, ide lukisan itu memuat wajah Senk Lotta di latar depan, dan mobil Ford Edsel 1958 di latar belakang, serta tweet Bill Gates tanggal 15 Juli 2014 yang memuat soal mobil Ford Edsel 1958 itu.

Minggu 27 Juli 2014 sekitar jam satu siang aku kirim tweet pertama ke Senk Lotta memuat design lukisan “Four D At Senk Lotta” itu. Lalu pada 28 Juli 2014 jam 5.40 pagi, Bill Gates memuat tweet mengenai pada awal tahun ini membaca buku novel “The Rosie Project” itu sampai jam 3 dinihari. Ini seperti ada kaitan juga dengan aku kirim tweet pertama ke Senk Lotta itu. Sebab nama buku novel The Rosie Project itu mengingatkan aku dengan saat aku kerja di American Express tahun 1989, ada rekanku yang bernama Rosie di bagian sales juga seperti aku. Dia sempat pacaran dengan rekanku yang lain, seorang cowo yang selain kerja di bagian sales, juga sering tampil sebagai peragawan. Beberapa tahun kemudian, aku dengar kabar bahwa rekanku yang cowo dan peragawan itu meninggal karena AIDS. Seperti kita ketahui, AIDS antara lain berkecenderungan menghinggapi seseorang yang gay, dan para peragawan tidak sedikit juga yang gay, selain karena soal lain seperti jarum tidak steril pada pemakai narkoba, atau pada tranfusi darah yang dilakukan dengan kurang baik. Sedangkan nama Senk Lotta mengingatkan pada nama nabi Luth a.s. yang dalam bahasa Inggris adalah prophet Lot, yang bertugas memberi peringatan soal perilaku kaum gay pada masa hidup beliau.

Buku lain dari enam buku yang direkomendasikan Bill Gates itu, yang juga menarik untuk ditulis disini adalah “The Sixth Extinction: An Unnatural History” oleh Elizabeth Kolbert. Dalam buku itu dibahas mengenai lima kepunahan yang sudah pernah terjadi di dunia ini, tapi terlalu teknis biologis geografis kalau aku ungkapkan semua lima kepunahan itu disini. Antara lain yang paling terkenal adalah kepunahan Dinosaurus pada 66 juta tahun yang lalu, dikenal pula dengan istilah “End-Cretaceous Extinction” akibat kemunculan Asteroid dari luar angkasa yang jatuh ke bumi. Agar tidak menimbulkan salah sangka bahwa Asteroid itu mahluk luar angkasa seperti di film fiksi, silakan baca lebih lanjut perbedaan Asteroid, Komet, Meteoroid, Meteor, di situs NASA berikut ini http://www.nasa.gov/mission_pages/asteroids/overview/fastfacts.html#.U92syaNEBX8

Dalam interview dengan Washington Post yang dimuat pada Februari 2014 yang lalu di artikel “There have been five mass extinctions in Earth’s history. Now we’re facing a sixth“, dapat dibaca penjelasan dari Elizabeth Kolbert mengenai soal kepunahan ke-6 itu. Pengungkapan soal kepunahan mahluk hidup di dunia ini dipelopori pada abad 19 oleh Georges Cuvier, pakar naturalis dari Perancis. Peristiwa kepunahan terbesar adalah Permian-Triassic extinction yang terjadi pada 250 juta tahun yang lalu, mengakibatkan 96 persen spesies mahluk hidup yang ada di laut dan 70 persen spesies mahluk hidup yang ada di darat mengalami kepunahan. Penyebab saat itu adalah letusan gunung api dalam skala besar yang berlangsung lama, melepaskan karbon dioksida dalam jumlah besar ke atmosfir.

Dan disebutkan oleh Elizabeth Kolbert bahwa saat ini kita sedang menuju kepunahan yang ke-6, akibat perbuatan umat manusia. Antara lain akibat penebangan hutan yang tak terkendali, dan pemakaian bahan bakar fosil yang menimbulkan gas CO2 ke udara. Sepertiga dari gas CO2 yang kita lepaskan ke udara, akan kemudian langsung masuk ke laut, larut dalam air laut, dan meningkatkan keasaman pada air laut, mengubah struktur kimia pada air laut. Apa yang kita lakukan kepada laut itu, berada pada level yang belum pernah terjadi dalam 300 juta tahun belakangan ini.

Pesan dari Bill Gates mengenai rekomendasi 6 buku yang baik dibaca dalam liburan summer 2014 ini, muncul pada tweet tanggal 24 Juli 2014 antara lain buku tentang Kepunahan ke-6 oleh Elizabeth Kolbert itu. Nama penulis Elizabeth Kolbert mengingatkan pada nama Queen Elizabeth, ratu Inggris. Lalu pada 28 Juli 2014 aku merekam penampilan show band Queen beberapa tahun yang lalu di Hungaria yang dimunculkan oleh Net-TV. Itu merupakan bagian dari acara kejutan lebaran Net-TV, setiap malam pada jam 23.00 selama 1 minggu dari tanggal 28 Juli sampai 3 Agustus 2014 ditampilkan show dari band terkemuka dunia. Diikuti keesokan hari pada 29 Juli 2014 pagi muncul tweet Bill Gates mengenai buku Elizabeth Kolbert itu, lengkap dengan gambar dinosaurus.

Dan, ini yang menarik, pada 29 Juli 2014 malam semula aku mau merekam lagi acara show band di Net-TV itu, sebab malam itu adalah penampilan dari Phil Collins sesuai iklan yang diputar beberapa kali mengenai tayangan itu. Tapi pada malam hari sekitar jam sepuluh lewat, aku setel ke channel Net-TV sedang acara lain, Desta dan Vincent. Beberapa kali aku kembali ke channel Net-TV, tetap belum muncul, sehingga aku pikir mungkin ada perubahan acara. Keesokan hari baru aku ingat, acara itu mulai jam 23.00, bukan jam 22.00. Entah kenapa malam itu aku ingat acara itu mulai jam 22.00, mungkin karena judul rekaman show Phil Collins yang diputar malam itu adalah “Going Back Live”, dan penampilan Phil Collins gundul seperti Bruce Willis. Sehingga pikiranku seperti dibuat lupa oleh Yang Dilangit, sebab judul “Going Back Live” itu seperti berarti kembali hidup, tidak sesuai dengan kesediaanku ketemu ajal untuk kebaikan umat manusia.

Seperti aku tulis di “Sekitar 4 Bulan, 4 Pesawat Jatuh Dengan Korban Tewas 701 Orang“, tweet Bill Gates pada 30 Juli 2014 memuat kata “newborn ward” yang mengingatkan aku pada pak Wardy Bafagih, managerku di American Express tahun 1989. Saat itu aku kerja di American Express bagian TRS, Travel Related Service. Tweet itu terkait kunjungan Bill Gates ke Ethiopia, dengan video oleh @realjohngreen. Seperti isyarat agar kalaupun lukisan-lukisanku dibeli Bill Gates, maka moga-moga ada efek positif kepada dunia ini seperti ketika aku kerja di American Express tahun 1989 itu.

Gas CO2 yang menyebabkan kita saat ini menuju pada kepunahan ke-6, dihasilkan manusia sejak beberapa dekade belakangan ini antara lain dari puluhan juta mobil di dunia ini yang menggunakan bahan bakar bensin, juga dari pesawat udara, dan dari pabrik-pabrik. Seperti aku tulis di “Mobil Listrik Jaman Sekarang“, pada awal kemunculan benda bernama mobil di abad 19, sudah ada juga mobil listrik, namun lalu tersingkir setelah Ford melakukan produksi masal mobil berbahan bakar bensin. Oleh sebab itu, moga-moga dengan aku mewujudkan rencana perjalanan ke berbagai negara untuk menggali inspirasi sebelum ketemu ajal, akan ada efek positif. Atau minimal kalaupun kepunahan ke-6 itu sudah tak dapat dicegah lagi, paling tidak kita sudah berusaha maksimal. Sebagaimana dalam keadaan darurat lain, segala macam upaya perlu dilakukan, termasuk melalui aku yang namaku Firman dimana dalam bahasa Jerman atau Belanda kata “fir” berarti 4 atau “four” dalam bahasa Inggris, sehingga seperti terkait dengan merk mobil Ford itu yang seperti berarti “Four Die”, aku ketemu ajal untuk kebaikan umat manusia. Sebagai tanggung jawab kita terhadap umat manusia.

 
 

Jakarta,  5 Agustus 2014.
wassalam,

 
 

a.m. firmansyah
sms +62812 183 1538

 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: