AB903. Oscar 88th 2016 Best Actor Dari Film Bersalju Dan Lukisan Melinda Jongkok

 
 

Rahma Sarita: assalamualaikum wr wb

HAL: Oscar 88th 2016 Best Actor Dari Film Bersalju
Dan Lukisan Melinda Jongkok

 
 

 
 
oscar.org
(L-R) Mark Rylance holds the Oscar for Actor in a Supporting Role for ‘Bridge of Spies’, Brie Larson holds the Oscar for Actress in a Leading Role for ‘Room’, Leonardo DiCaprio holds the Oscar for Actor in a Leading Role for ‘The Revenant’ and Alicia Vikander holds the Oscar for Actress in a Supporting Role for ‘The Danish Girl’ in the press room during the 88th annual Academy Awards ceremony at the Dolby Theatre in Hollywood, California, USA, 28 February 2016.       news.yahoo.com / (Estados Unidos) EFE / EPA / PAUL BUCK – February 29, 2016    2:43 AM
 
The 88th annual Academy Awards are underway, and viewers are anxiously awaiting the ceremony to find out if their favorite flicks and actors win, which categories will see big “upsets,” and which speeches and performances will stand out. Not to mention how host Chris Rock will approach the “Oscars So White” controversy, and who he will target during the opening monologue.      news.yahoo.com / February 29, 2016 11:24 AM
 
 
 
forbes.com
 
 
Oscar untuk Best Actor yang diserahkan pada 28 Februari 2016, atau disebut sebagai Oscar for Actor in a Leading Role, diberikan kepada Leonardo DiCaprio untuk peran dia dalam film “Revenant“. Setelah sekitar 12 tahun cuma mendapat nominasi saja, yaitu tahun 1993 nominasi untuk aktor pendukung terbaik di “What’s Eating Gilbert Grape”, lalu tiga kali  nominasi untuk aktor terbaik, pada 2005 di “The Aviator”, 2007 di “Blood Diamond”, dan  2009 di “The Wolf of Wall Street” sekaligus nominasi sebagai produser, dan baru pada tahun 2016 berhasil mendapat Oscar untuk Aktor Terbaik di “Revenant”. Mungkin orang sempat berpikir film yang sedemikian populer “Titanic”, yang pada tahun 1998 mendapat 11 Oscar dan pemeran utama adalah Leonardo DiCaprio, tapi di film itu dia sekedar mendapat nominasi juga tidak. Oscar pertama Leonardo DiCaprio lewat film “Revenant” jadi seperti terkait dengan lukisanku “Melinda Jongkok” karena lukisan itu masih berupa skets hitam diatas latar putih, seperti film “Revenant” itu yang mengenai cerita di daerah bersalju putih. Setelah aku cari tahu di situs Meriam-Webster, arti kata “revenant” itu ternyata adalah “one that return after death or a long absence“. Sehingga seperti terkait dengan soal aku mungkin ikut dalam program Cryonics dibangkitkan lagi 100 tahun kemudian, yaitu jenazahku diawetkan dalam proses Cryonics di dalam tabung yang dingin, untuk kemudian 100 tahun yang akan datang dihidupkan lagi kalau teknologi manusia sudah mencapai kemajuan untuk itu. Kalau diijinkan oleh Allah SWT, karena barangkali ada tugas untuk aku 100 tahun yang akan datang. Itu juga kalau belum keburu kiamat.
Tabung-tabung besar berisi pasien Cryonics yang didinginkan dengan nitrogen cair sampai suhu minus 196 derajat Celsius, sambil menunggu sampai teknologi manusia dapat membangkitkan lagi pasien-pasien Cryonics itu.
 
Leonardo DiCaprio (L) holds the Oscar for Actor in a leading Role and Alejandro Gonzalez Inarritu holds the Oscar for Best Directing for ‘The Revenant‘ in the press room during the 88th annual Academy Awards ceremony at the Dolby Theatre in Hollywood, California, USA, 28 February 2016.     news.yahoo.com / (Estados Unidos) EFE / EPA / PAUL BUCK – February 29, 2016    2:43 AM Selain mendapat Oscar untuk Best Actor atau dalam daftar resmi disebut Actor in a Leading Role, film “The Revenant” memperoleh juga Oscar untuk Sinematografi dan juga untuk Sutradara Terbaik, Best Directing, melalui sutradara Alejandro Gonzalez Inarritu.  Jadi seperti ada keterkaitan dengan soal Alexander Hamilton yang aku muat disurat terdahulu, meskipun saat menulis surat itu aku tidak berpikir soal film di Oscar, juga tidak tahu film “The Revenant” akan mendapat Oscar untuk sutradara Alejandro Gonzalez Inarritu.
 
In a historic victory, Emmanuel Lubezki has won the Oscar for best cinematography for The Revenant, making him the first person ever to claim the prize three years in a row.  Lubezki, who is also known by the nickname “Chivo,” won last year for Birdman and the year before for Gravity. He has been nominated for eight Oscars in all.   ew.com  –  February 28, 2016 — 9:44 PM EST
Emmanuel Lubezki set a record Sunday as the first person to win the cinematography Academy Award three years in a row.     usatoday – 12:49 p.m. EST March 4, 2016 
 
Diatas ini adalah foto desain lukisan “Melinda Jongkok” pada 5 Februari 2012. Setelah desain lukisan ini aku muat di suratku “Lukisan Jongkok Bersama Rahma Melinda dr. Asm Amjad Hossain” pada 5 Februari 2012, sekitar satu tahun kemudian di acara 85th Oscar 24 Februari 2013 ada sejarah baru berupa Daniel Day-Lewis, atau dengan nama lengkap Sir Daniel Michael Blake Day-Lewis,  menjadi aktor pertama yang memperoleh Oscar untuk Best Actor tiga kali. Pertama melalui film My Left Foot (produksi tahun 1989, tahun aku kerja di American Express), kedua pada film There Will Be Blood (produksi tahun 2007) dan ketiga lewat film Lincoln (produksi tahun 2012). Sedangkan untuk Best Picture pada acara Oscar 2013 itu diraih oleh film “Argo” seperti aku tulis di “Oscar 2013 Dan Soal Jalan Macet“.
 
Foto skets lukisan “Melinda Jongkok” pada 1 Maret 2014 saat aku baru beli kamera saku Nikon untuk merekam foto-foto lukisan.
imdb
 
Meskipun desain untuk lukisan “Melinda Jongkok” sudah aku buat pada awal Februari 2012, tapi pengerjaan baru mulai pada sekitar 5 Oktober 2013. Lalu pada acara 86th Oscar 2 Maret 2014, yang memperoleh Oscar untuk film terbaik, Best Picture, adalah film “12 Years A Slave” dengan poster menampilkan seorang berbaju putih celana hitam, seperti lukisan itu yang masih berupa skets hitam putih. Dan produser film itu selain Brad Pitt, ada nama Dede Gardner, seperti nama temanku dari SMP dulu yang kemudian jadi pelukis terkenal Dede Eri Supria. 
 
 
Setelah pada sekitar 6 Mei 2014  lukisan Melinda Jongkok aku tambahi dengan rumah khas Afrika di sebelah kanan belakang, dan ada kayu berbentuk angka 4 di semak-semak dekat rumah itu, lalu  pada 14 Mei 2014 aku tambahi pula dengan pohon dan padang rumput di latar belakang, serta tikar untuk alas. Beberapa bulan kemudian pada 87th Academy Awards 2015 yang berlangsung 22 Februari 2015, yang mendapat Oscar untuk Best Picture, film terbaik, adalah “Birdman (Unexpected Virtue of Ignorance)”. Jadi seperti terkait lukisan Melinda Jongkok karena angka 4 di semak-semak dekat rumah khas Afrika yang berbentuk seperti panah ke atas itu, mewakili aku yang namaku Firman memuat “fir”, yang dalam bahasa Jerman atau Belanda kata “fir” berarti 4. Judul film “Birdman” seperti terkait kesediaanku naik ke atas, terbang seperti burung, menghadap Yang Maha Kuasa ketemu ajal untuk kebaikan umat manusia. Para pemain di film itu antara lain Michael Keaton yang pernah bermain di film Batman tahun 1989, dan juga ada Emma Stone.
 
imdb
 
 
 
Brie Larson holds the Oscar for Actress in a Leading Role for ‘Room‘ in the press room during the 88th annual Academy Awards ceremony at the Dolby Theatre in Hollywood, California, USA, 28 February 2016. The Oscars are presented for outstanding individual or collective efforts in 24 categories in filmmaking.      news.yahoo.com (Estados Unidos) EFE / EPA / PAUL BUCK – February 29, 2016    2:58 AM
people-looks.com
Oscar untuk Aktris Terbaik, Actress in a Leading Role, pada 88th annual Academy Awards 2016 ini diberikan kepada Brie Larson dalam film “Room”. Seperti memuat pesan untuk aku terkai arti kata “lars” yaitu semacam sepatu boot.
Jadi nama Brie Larson seperti terkait soal kalau orang-orang terkait Salib diangkat dari dunia ini dapat terjadi perebutan senjata pemusnah masal yang berujung kiamat. Oleh sebab itu lebih baik “beri lars on”, beri lars kehidupan.
Dulu waktu aku masih kecil kakakku Faisal pernah dibelikan sepatu boot, sedangkan aku lebih pilih sepatu biasa karena kalau sepatu boot sulit dibersihkan kalau ada kotoran masuk saat dipakai. Seperti biasa anak kecil kalau pakai sesuatu yang baru suka lalu diledek, demikian juga waktu itu aku sempat meledek kakakku di kamar.
imdb
forbes.com
 
Mark Rylance, winner of the Oscar for Best Supporting Actor for the movie “Bridge of Spies“, poses backstage at the 88th Academy Awards in Hollywood, California February 28, 2016.     news.yahoo.com / REUTERS / Mike Blake – February 29, 2016    12:16 AM

imdb
Untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik, Best Supporting Actor, atau predikat resmi adalah Actor in a Supporting Role, pada malam Oscar 2016 diberikan kepada Mark Rylance dalam film “Bridges of Spies” yang dibintangi juga oleh Tom Hanks, sebuah film tentang spionase pada jaman perang dingin Amerika dan Sovyet.
google maps
Nama belakang aktor Mark Rylance seperti terkait dengan Rila yang tinggal di jalan Anggrek Cinere. Sehingga seperti terkait suratku “Sepeda Ban Depan Bunting Dan Mayat Adik Pemilik Bengkel Di BMW Lalu Lewis Hamilton 3x Juara Dunia F1 Dan Patung Abraham” mengenai pada 24 Oktober 2015 aku mencari ikan tongkol yang berupa potongan dan ditempatkan di keranjang persegi empat kecil, untuk aku berikan ke kucing, dan saat itu aku menemukan di sebuah toko jual sayuran di jalan Wijayakusuma Cinere. Kalau dari jalan Wijayakusuma akan kembali ke tempat tinggalku di Wisma Cakra, akan melewati perempatan jalan Anggrek. Tapi hari itu aku tidak lewat depan rumah Rila, cuma lewat di perempatan jalan Anggrek saja. Setelah tiga atau empat kali ke toko sayur di jalan Wijayakusuma itu lagi, baru pada sekitar akhir Desember 2015 aku lewat depan rumah Rila, dan masih ada tempat PAUD, pendidikan anak usia dini, seperti pada foto di Google Street View. Saat menuju jalan Jawa, aku lihat ada toko jual makanan kucing bernama Oliver, masih di jalan Anggrek juga, kira-kira rumah ketiga dari tikungan jalan Anggrek dan jalan Sumbawa. Tapi aku belum mampir ke toko itu. Beberapa minggu kemudian pada Jumat 12 Februari 2016 ketika perlu beli makanan kucing, sesudah Jum’atan aku mampir ke toko Oliver itu, dan cukup lengkap, ada makanan kucing maupun anjing. Toko itu masih baru, mulai buka sekitar tiga bulan sebelum aku mampir.
Toko Oliver Petshop di jalan Anggrek Cinere, aku kunjungi pertama kali pada 12 Februari 2016 sesudah Jum’atan, untuk beli makanan kucing. Baru mulai buka sekitar tiga bulan sebelum aku datangi, toko itu tidak seberapa jauh dari rumah Rila di jalan Anggrek. Foto dibawah ini adalah rumah di seberang toko Oliver Petshop.
 
 
people-looks.com
Alicia Vikander receives the Oscar for Best Supporting Actress for her role in “The Danish Girl” at the 88th Academy Awards in Hollywood, California February 28, 2016.      news.yahoo.com / REUTERS / Mario Anzuoni – February 29, 2016     1:40 PM
 
Oscar untuk Aktris Pendukung Terbaik, Actress in a Supporting Role, pada malam 88th annual Academy Awards 28 Februari 2016 diberikan kepada Alicia Vikander untuk peran di film “The Danish Girl“. Merupakan kisah fiksi yang terinspirasi oleh seorang pria Denmark pertama yang menjalani operasi transgender, di tahun 20-an. Hasil karya sutradara Tom Hooper yang pernah menangani dua film terkemuka King’s Speech (2010) yang mendapat 4 Oscar pada tahun 2011 untuk Film Terbaik, Aktor Terbaik Colin Firth, Sutradara Terbaik Tom Hooper dan Penulisan Skenario Terbaik, serta Les Miserable (2012)  yang mendapat 3 Oscar pada tahun 2013 untuk Aktris Pendukung Terbaik Anne Hathaway, Makeup & Hairstyling Terbaik, dan Soundmixing Terbaik
imdb
 
 
Film Mad Max Fury Road produksi Australia dengan sutradara George Miller, dan dibintangi antara lain Charlize Theron, Tom HardyNicholas Hoult, Josh Helman, mendapat 6 Oscar pada 88th Oscar 28 Februari 2016, sehingga menjadi film dengan Oscar terbanyak dalam acara Oscar tahun 2016.
imdb Mad Max: Fury Road had 10 nominations and took home the most awards with 6 Oscar wins
sumber :  http://oscar.go.com/nominees
 
 
Diantara 24 kategori yang ada di Oscar, Academy Awards, yang dianggap paling bergengsi dan ditunggu-tunggu oleh khalayak  adalah Best Picture, Film Terbaik, yang biasa diumumkan paling belakang. Dan untuk 88th Oscar 28 Februari 2016 ini yang mendapat Oscar untuk Best Picture adalah “Spotlight“.
imdb
(L-R) Steve Golin, Blye Pagon Faust, Nicole Rocklin, and Michael Sugar hold up their Oscar for Best Picture for ‘Spotlight‘ in the press room during the 88th annual Academy Awards ceremony at the Dolby Theatre in Hollywood, California, USA, 28 February 2016. The Oscars are presented for outstanding individual or collective efforts in 24 categories in filmmaking.      news.yahoo.com / EFE / PAUL BUCK – February 29, 2016     3:43 AM
 
Spotlight Cast & Crew accept the award for Best Picture at 88th Annual Academy Awards.    oscar.go.com
 
Tom McCarthy (L) and Josh Singer (R) hold the Oscar for Best Original Screenplay for ‘Spotlight‘ in the press room during the 88th annual Academy Awards ceremony at the Dolby Theatre in Hollywood, California, USA, 28 February 2016.     news.yahoo.com /  (Estados Unidos) EFE / EPA / PAUL BUCK – February 29, 2016     1:58 AM
 

imdb
     imdb
Poster film Batman tahun 1989, dengan Jack Nicholson sebagai Joker dan Michael Keaton sebagai Batman.
imdb
theforce.net
moviepilot.com
 
Seperti terlihat pada poster film “Spotlight” tersebut diatas, diantara para bintang film yang berperan ada nama Michael Keaton. Untuk para penggemar film superhero mungkin masih ingat, pada tahun 1989 Michael Keaton berperan sebagai Batman dalam film berjudul “Batman”. Itu merupakan kemunculan kembali film bioskop mengenai superhero Batman sesudah puluhan tahun, setelah terakhir kali film bioskop “Batman the Movie” pada tahun 1966 aktor Adam West berperan sebagai Batman, atau sekitar 23 tahun sebelum 1989. Jadi seperti terkait dengan aku karena di tahun 1989 rekan kerjaku di American Express yaitu Rina Triana suka bergurau dengan rekan-rekan lain dengan menyebut “heh, jelek ……” Dalam bahasa Inggris kata “jelek” adalah “bad” yang kedengaran seperti kata “bat”, sehingga ketika muncul lagi film bioskop mengenai Batman setelah puluhan tahun absen, dan dibintangi oleh Michael Keaton, jadi seperti terkait dengan aku. Setelah film “Batman” tahun 1989 itu, dilanjutkan dengan “Batman Returns” pada tahun 1992 masih dengan Michael Keaton sebagai Batman. Lalu  “Batman Mask Of the Phantasm” tahun 1993 pemeran Batman diganti dengan aktor Kevin Conroy. Tahun 1995 pada “Batman Forever“, Val Kilmer yang berperan sebagai Batman. Tahun 1997 dalam “Batman and Robin” pemeran Batman adalah George Clooney. Kemudian tiga sekuel “Batman Begins” tahun 2005, “The Dark Knight” tahun 2008 dan “The Dark Knight Rises” tahun 2012 dengan pemeran Batman adalah Christian Bale. Dan yang paling baru adalah “Batman v Superman: Dawn of Justice” tahun 2016 dengan Ben Affleck sebagai Batman. Setelah itu akan ada “The Batman Lego Movie” dibintangi Will Arnett.
 
 
Film berjudul “Spotlight” yang mendapat Oscar untuk Film Terbaik, Best Picture, pada 28 Februari 2016 itu mengingatkan pada lukisanku “Gatotkaca Under The Spotlight” berukuran 88 x 148 cm, dibuat menggunakan cat akrilik pada kanvas. Seperti aku sebutkan di “Gatotkaca Under The Spotlight” , lukisan ini seperti terkait film “The Departed” yang mendapat Oscar untuk Film Terbaik tahun 2007, sebab judul film “The Departed” mengingatkan pada kata “departure” di Airport untuk tempat keberangkatan penumpang, seperti Gatotkaca yang berangkat terbang di lukisan ini.  
Lukisan ini mulai aku kerjakan pada 27 Desember 2006, di latar belakang aku tempatkan sebuah helikopter Marine One yang biasa digunakan oleh presiden AS untuk bepergian, antara lain dari halaman White House yang luas itu. Dan beberapa minggu kemudian pada 10 Februari 2007 senator Obama yang pernah 4 tahun tinggal di Indonesia waktu masih kecil, mengumumkan secara resmi pencalonan untuk ikut pemilihan presiden AS. Kemudian seperti kita ketahui bersama pada tahun 2008 senator Obama berhasil jadi presiden AS, dan mencatat sejarah sebagai presiden AS pertama yang keturunan Afrika, lalu berhasil terpilih lagi untuk masa jabatan kedua pada tahun 2012. Sebelum itu ada lukisan lain yang aku buat pada tahun 2001 dan juga seperti terkait presiden, atau waktu itu masih senator, Obama yaitu “Lukisan Kuda Jingkrak“. 
 
Ada pesan penting pada 88th Academy Awards, malam Oscar 28 Februari 2016, yaitu “Spotlight” mendapat Oscar untuk Best Picture, Film Terbaik, dan “Mad Max Fury Road” mendapat 6 Oscar. Sehingga seperti terkait yang aku sebut di “Doa Kerajaan Terakhir Dalam Makna Seorang Pelukis Bukan Politisi Atau Penguasa“, yaitu karena nasibku yang seperti terkait doa kerajaan terakhir nabi Sulaiman a.s. itu, dapat berarti kalau aku masuk politik lalu dunia ini akan kiamat. Film “Spotlight” mengingatkan pada lukisanku “Gatotkaca Under The Spotlight” yang seperti menginspirasi senator Obama untuk mengumumkan secara resmi ikut dalam Pilpres 2008. Sedangkan 6 Oscar yang diperoleh “Mad Max Fury Road” seperti terkait angka 6 yang dibaca enam dan kedengaran seperti “end AM”  terkait kesediaanku AM Firmansyah untuk “end”, berakhir dari kehidupan di dunia ini, ketemu ajal untuk kebaikan umat manusia. Jadi agar aku tidak menjadi pemimpin politik dan lalu dunia berakhir, kiamat, lebih baik aku jadi pelukis yang lalu melakukan perjalanan menggali inspirasi sebelum ketemu ajal.
 
 
 
recentmovieposters.com
Dari beberapa artikel di Internet aku ketahui bahwa film “Spotlight” yang memperoleh Oscar Best Picture, Film Terbaik, pada 88th Oscar 28 Februari 2016 itu berkisah tentang awak media yang melakukan pengungkapan kasus pelecehan seksual kepada anak-anak laki-laki oleh tokoh agama di AS berdasarkan kisah nyata. Dan  beberapa hari sebelum acara Oscar 28 Februari 2016 itu, di Indonesia sempat muncul berita mengenai kasus JIS /Jakarta International School dimana pada 24 Februari 2016 dua orang guru di JIS, satu berkebangsaan Kanada dan satu Indonesia, harus menjalani hukuman 11 tahun penjara karena tuduhan pelecehan seksual kepada 3 anak laki dibawah umur, murid Taman Kanak-kanak di JIS. Kasus ini menjadi cukup rumit karena semula kedua orang guru itu sudah sempat dibebaskan karena dianggap tidak ada bukti yang cukup kuat.
bbc indonesia
Berawal dari pada bulan Maret 2014 seorang orang tua murid melaporkan bahwa anak dia yang sekolah di TK JIS telah mengalami kekerasan seksual di sekolah. Enam orang cleaning service ditahan menjadi tersangka. Setelah menjalani beberapa kali proses persidangan, lalu pada 22 Desember 2014 lima orang terdakwa yang merupakan pekerja cleaning service itu dijatuhi hukuman, 4 orang dihukum 8 tahun, 1 orang dihukum 7 tahun. Sedangkan satu orang lagi tidak sempat dijatuhi hukuman karena sudah tewas di penjara, konon karena bunuh diri setelah beberapa hari berada di penjara.
 
Lima Orang Tersangka Pelecehan Seksual Terhadap Siswa Jakarta International School.     kompas – Sabtu, 26 April 2014 | 23:36 WIB 
 
Neil Bentleman (kiri) dan Ferdinant Tjiong divonis 10 tahun penjara atas pelecehan seksual anak di JIS.      CNN Indonesia – Kamis, 02/04/2015     23:30 WIB
Kasus berkembang melibatkan dua guru JIS, yang satu warga Kanada bernama Neil Bantleman dan satu lagi warga Indonesia bernama Ferdinant Tjiong. Kedua orang guru itupun menjadi terdakwa. Setelah menjalani beberapa kali persidangan, lalu pada 2 April 2015 kedua orang guru itu dijatuhi hukuman 10 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Kedua orang guru itu dibantu rekan-rekan guru lain dan para pengacara antara lain Hotman Paris Hutapea mengajukan banding, dan pada 10 Agustus 2015 pembelaan mereka berhasil, Pengadilan Tinggi Jakarta Selatan membebaskan kedua guru JIS itu karena tidak ada cukup bukti. Namun kemudian pada 25 Februari 2016 muncul keputusan lain yang berbeda, Mahkamah Agung membatalkan keputusan Pengadilan Tinggi Jakarta Selatan yang membebaskan Neil Bantleman dan Ferdinant Tjiong, dan mengukuhkan keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang dikeluarkan sebelum itu. Sehingga kedua orang guru itupun kembali masuk penjara.
Menimbulkan kekhawatiranku karena kasus ini mulai mencuat setelah aku lewat di depan JIS pada suatu malam bersama teman SD-ku Kiki, sepulang dari reuni teman-teman SD pada 12 Februari 2014 malam di restoran Kambing Bakar Cairo di jalan Sambas III/126 Kebayoran Baru dekat Blok M Plaza. Saat itu Kiki akan menjemput anak dia di Citos, Cilandak Town Square, dan lewat Pondok Indah lalu lewat di depan JIS. Tentu aku berharap tidak ada kaitan dengan aku, sebab aku cuma lewat saja di depan JIS nebeng mobil Kiki seperti aku ungkap di “Reuni SD Tanggal 12 Lalu Kelud Meletus“.
 
 
 

 
 

Jakarta,  8 Maret 2016.
wassalam,

 
 

a.m. firmansyah
sms +62812 183 1538

 
 
 

%d bloggers like this: