AB905. Tarik Ulur Antara Hilang 3 Atau 4

 
 

Rahma Sarita: assalamualaikum wr wb
HAL: Tarik Ulur Antara Hilang 3 Atau 4

Hyperbaric Ketua PGRI Lalu 4 Tewas Setelah
Tweet Ke Najat VB Back To The Future
Kemudian 3 Tewas Bus Budiman Lalu 62 Pada FlyDubai
Serta 13 Pada Helikopter Bell 412 Poso
 

 
 

 
 
Hyperbaric Chamber di Gedung Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT) lama Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintohardjo di Jalan Bendungan Hilir Nomor 17, Pejompongan, Jakarta Pusat.       liputan6
Ada 3 manfaat terapi oksigen hiperbarik. Pertama, untuk pengobatan utama, di antaranya penyakit penyelaman (Decompression Sickness dan Emboli Gas Arteri), keracunan gas (CO, HCN, H2S), mempercepat pelepasan gas beracun, dan meningkatkan kadar oksigen. Kedua, manfaat klinis di antaranya untuk luka yang sulit sembuh seperti luka penderita kencing manis, luka terinfeksi, gas gangren, infeksi tulang, crush injury, compartment syndrome, luka bakar, luka pascaoperasi dan transplantasi.         liputan6
Manfaat klinis lainnya seperti meningkatkan sistem pertahanan tubuh untuk mengatasi infeksi dan pembentukan cabang-cabang pembuluh darah baru untuk mengatasi penyumbatan dan kerusakan pembuluh darah. Ada juga pengobatan kencing manis, gangguan saraf seperti stroke dan neuropati, gangguan telinga seperti tuli mendadak dan telinga berdenging, gangguan keseimbangan seperti vertigo, penyempitan pembuluh darah mata, gangguan saluran cerna seperti tukak lambung, mengatasi infeksi jamur dan alergi.         liputan6
Terakhir, adalah meningkatkan kebugaran dan kecantikan. Sebab, terapi ini dapat meningkatkan kadar oksigen seluruh tubuh, mempercepat penyembuhan pada kelelahan fisik, dan meningkatkan pembentukan jaringan kolagen untuk kelenturan. Bahkan, terapi ini bermanfaat untuk kecantikan kulit dan memperbaiki pola tidur.    liputan6
kompas
 
rsalmintohardjo
 
kompasiana
poskota
 
republika
Suasana di depan RSAL Mintoharjo pasca kebakaran.    beritasatu / istimewa – Senin, 14 Maret 2016 | 17:38
 
Tanggal 9 Maret 2016 beberapa jam sebelum pada pagi hari sekitar jam 7 ada gerhana matahari total, di hotel Club Bali Puncak, Kota Bunga, terjadi longsor pada sekitar lewat tengah malam setelah hujan deras yang menyebabkan 3 orang tewas seperti aku tulis di surat terdahulu “Gerhana Layar TV Club Bali Puncak Longsor 3 Tewas Lotta Coffee Dan Maria Sharapova Mengakui Meldonium“. Saat itu yang menjadi kekhawatiranku adalah karena jumlah korban tewas 3 orang dan bentuk hotel Club Bali Puncak itu seperti kastil kerajaan, sehingga seperti isyarat kerajaan umat manusia di dunia ini sudah makin dekat ke akhir, orang-orang terkait 3 diangkat dari dunia ini, dan terjadi perebutan senjata-senjata pemusnah masal yang berujung kiamat. Beberapa hari kemudian pada 14 Maret 2016 terjadi bencana lain berupa kebakaran di fasilitas Hyperbaric Chamber yang ada di rumah sakit angkatan laut, RSAL Mintohardjo Bendungan Hilir 17 Jakarta Pusat, dengan korban 4 orang tewas. Fasilitas Hyperbaric Chamber itu semula untuk memberi perawatan kepada para penyelam, namun kemudian dibuka juga untuk umum untuk beberapa terapi kesehatan. Kejadian di Hyperbaric Chamber rumah sakit angkatan laut RSAL Mintohardjo Jakarta pada tanggal 14 Maret 2016 yang menyebabkan 4 orang tewas itu, jadi seperti memuat isyarat untuk aku sebab namaku Firman yang dalam bahasa Jerman atau Belanda kata “fir” berarti 4. Seperti isyarat agar aku jangan menunggu sampai kerajaan umat manusia runtuh, dunia kiamat, sebagaimana tanah longsor di hotel Club Bali Puncak yang menewaskan 3 orang pada 9 Maret 2016 itu, dalam keadaan aku belum mewujudkan rencana perjalanan menggali inspirasi ke berbagai tempat di dunia dan lalu aku ketemu ajal saat naik pesawat kecil yang jatuh ke laut dalam.
 
 
Ini Chamber Hiperbarik

yang Tewaskan 4 Orang

di RSAL Mintohardjo

Kebakaran di RSAL

Mintohardjo, 4 Tewas

Termasuk Ketua PGRI

liputan6 –
15 Mar 2016    00:29 WIB
poskotanews – Senin,
14 Maret 2016 16:53 WIB
 
Kebakaran di Gedung Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT) lama Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintohardjo di Jalan Bendungan Hilir Nomor 17, Pejompongan, Jakarta Pusat, mengakibatkan 4 orang meninggal dunia, pada Senin 14 Maret 2016. Kebakaran ini diduga akibat korsleting listrik yang menimbulkan percikan api di dalam chamber, atau ruangan yang digunakan untuk terapi hiperbarik oksigen (HBO). Berdasarkan informasi yang dihimpun Liputan6.com melalui laman resmi RSAL Mintohardo, Selasa (15/3/2016), chamber hiperbarik adalah ruangan yang memiliki tekanan lebih dari udara atmosfer normal (1 atm atau 760 mmHg). Kabar duka menyeliputi dunia pendidikan Indonesia. Ketua Umum PGRI Sulistyo meninggal dunia dalam insiden meledaknya tabung hiperbarik di RS mintohardjo, Senin (14/3/2016). Kejadian bermula dari kebakaran di ruang RUBT RS Mintohardjo / RS TNI AL akibat korsleting listrik sekitar pukul 13:00. Kebakaran tersebut menyebabkan asap putih lebat dan pasien yang ada didalamnya tidak dapat diselamatkan. Pasien tersebut adalah Irjan Pol (Purn.) Abu Bakar Nataprawira, Edi Suwandi, dr Dimas (pendamping Edi Suwandi) dan Sulistyo. Keempat korban bisa dievakuasi pada pukul 14:00, kemudian dibawa ke RS jenazah RSAL mintohardjo.
 
 
 
 
TNI AL memberikan keterangan resmi terkait peristiwa terbakarnya ruang tabung chamber Pulau Miangas Gedung Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT)  lama RSAL Mintohardjo. Kebakaran itu dipicu karena korsleting listrik. “Diakibatkan korsleting listrik sehingga menimbulkan asap putih lebat dan pasien yang ada di dalam tabung terbakar dan tidak dapat diselamatkan, empat orang meninggal dunia,” jelas Kadispen TNI AL Laksma Zainuddin, Senin (14/3/2016). Berikut penjelasan kronologi insiden tersebut dari TNI AL: Kronologi Terbakarnya

RUBT RSAL Mintohardjo

yang Tewaskan 4 Orang

Versi TNI AL

detikcom – Senin
14 Mar 2016, 17:49 WIB
 
– Pukul 11.30 WIB
 
Terapi dimulai dengan tekanan 2,4 atmosfir. Laksma Zainuddin menjelaskan di ruangan itu dilakukan pengobatan Hiperbarik Oksigen (HBO) untuk pertama kalinya digunakan untuk menanggapi penyakit dekompresi/Decompression Sickness, suatu penyakit yang dialami oleh penyelam dan pekerja tambang bawah tanah akibat penurunan tekanan (naik ke permukaan) secara mendadak. Saat ini pemakaian HBO selain untuk penyakit akibat penyelaman juga diindikasikan bermanfaat untuk berbagai penyakit klinis.

– Pukul 13.00 WIB

Tekanan baru mulai dikurangi menuju 1 atamosfir.

– Pukul 13.10 WIB

Terlihat percikan api di dalam chamber. Operator dengan cepat membuka system fire tapi api dalam chamber secara cepat langsung membesar dan tekanan dalam chamber naik dengan cepat sehingga safety valve terbuka dan menimbulkan ledakan.

Beberapa saat kemudian api mulai padam namun korban tidak dapat diselamatkan.

– Pukul 14.00 WIB

Korban dapat dievakuasi dan segera dibawa ke kamar jenazah RSAL Mintohardjo. Untuk petugas dan penunggu yang ada di Kamar Udara Bertekanan Tinggi (KUBT) langsung dievakuasi ke UGD RSAL Mintohardjo guna mendapat perawatan intensif akibat asap. Dari pihak Puslabfor Polri besama Pomal untuk olah TKP, saat ini belum bisa diambil kesimpulan penyebab terjadinya kebakaran.

Saat ini jenazah korban  meninggal berjumlah 4 orang, yaitu:

1. Irjen Pol (Purn) Abu Bakar Nataprawira (65)
2. Edi Suwardi Suryaningrat (67)
3. dr Dimas Qadar Radityo (28)
4. Sulistiyo (54) yang juga Ketum PGRI dan anggota DPD.

 
 
 
 
wikipedia
   abcnews.go.com
tribute.ca
 
Kebakaran di Hyperbaric Chamber RSAL Mintohardjo itu jadi mengkhawatirkan aku, karena diantara 4 korban tewas terdapat ketua PGRI, persatuan guru Indonesia, pak Sulistyo. Padahal sekitar 3 jam sebelum kejadian, aku baru saja kirim tweet ke Najat VB menteri pendidikan Perancis, seperti pada foto diatas. Pada tweet itu aku menyebut soal film “Back To The Future” karena saat Najat VB sedang memberi pidato, diantara para hadirin ada dua orang yang mirip pemeran utama di film itu, terutama sekali yang sebelah kanan di foto itu mirip Michael J. Fox. Sedangkan baju putih Najat VB saat itu juga mirip baju di film futuristik, seperti Star Trek dan lain-lain.
 
Wajah tokoh pendidikan nasional kita bapak Suwardi Suryaningrat atau lebih dikenal sebagai Ki Hajar Dewantara pernah dimuat pada uang kertas 20 ribu rupiah yang diterbitkan tahun 1998.
 
Sebagaimana dimuat di media, ke empat korban pada kebakaran 14 Maret 2016 di Hyperbaric Chamber rumah sakit angkatan laut RSAL Mintohardjo Jakarta Pusat itu adalah: 1. Irjen Pol (Purn) Abu Bakar Nataprawira (65) yang pernah jadi Kadiv Humas Mabes Polri, 2. Edi Suwardi Suryaningrat (67) besan dari pak Irjen Pol Abubakar,  3. dr Dimas Qadar Radityo (28) yang baru lulus bulan Februari 2016 yang lalu dan merupakan anak dari Edi Suwardi Suryaningrat, dan 4. Sulistiyo (54) Ketua Umum PGRI dan anggota DPD.
Keterkaitan kejadian itu dengan Najat VB menteri pendidikan Perancis jadi semakin kuat karena  selain diantara korban ada ketua persatuan guru Indonesia PGRI pak Sulistyo, juga nama besan pak Irjen Pol Abubakar Nataprawira itu adalah pak Edi Suwardi Suryaningrat, yang mengingatkan pada Hari Pendidikan Nasional Indonesia.
Nama pak Edi Suwardi Suryaningrat mengingatkan pada tokoh pendidikan kita pak Suwardi Suryaningrat yang lebih dikenal dengan nama Ki Hajar Dewantara, pendiri Taman Siswa, dan merupakan Menteri Pendidikan Indonesia yang pertama yang diangkat pada 2 September 1945, waktu itu masih bernama Menteri Pengajaran. Bapak Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta 2 Mei 1889 dan meninggal di Yogyakarta juga pada 26 April 1959, dan tanggal kelahiran beliau 2 Mei itu sekarang menjadi Hari Pendidikan Nasional. Wajah tokoh pendidikan nasional kita bapak Ki Hajar Dewantara pernah dimuat pada uang kertas 20 ribu rupiah yang diterbitkan tahun 1998. Mengingatkan pula kepada pak Wardy Bafagih managerku di American Express tahun 1989. Jadi ini seperti peringatan dari langit bahwa kemunculan Najat VB itu buka  sia-sia dalam kaitan kesediaanku ketemu ajal untuk kebaikan umat manusia.
 
 
 
 
pgri.or.id
Sulistyo Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) / anggota DPD.     foto: CNN
 
Mantan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ani Yudhoyono saat menghadiri pemakaman ketua umum PGRI  Sulistyo di Semarang, Selasa (15/4). Kedatangan SBY beserta keluarga disambut meriah oleh para pelayat lainnya.    liputan6.com – 15 Mar 2016    14:36 WIB Ketua DPD Irman Gusman juga mengantarkan jenazah Sulistyo ke peristirahatan terakhir di Banjarnegara, Jawa Tengah.     liputan6.com – 15 Mar 2016     19:55 WIB
 
Suasana haru mengiringi prosesi pelepasan jenazah anggota DPD sekaligus Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistyo dari rumah duka di Karang Ingas Raya, Tlogosari Kulon, Kota Semarang ke Banjarnegara, Jawa Tengah. Sulistyo merupakan salah seorang korban meninggal dalam kebakaran di RSAL Mintohardjo, Jakarta Pusat pada Senin 14 Maret 2016. Presiden ke 6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY yang didaulat sebagai pemimpin upacara pelepasan juga menitikkan air mata.     liputan6.com – 15 Mar 2016     19:55 WIB
 
 
 
 
Jenazah salah satu korban kebakaran tabung Chamber di RSAL Mintohardjo, Irjen (Purn) Abubakar Nataprawira dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (15/3). Proses pemakaman dilakukan dengan upacara militer melibatkan pasukan gabuangan Polri,  TNI AL, TNI AD, dan TNI AU. Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Anton Charliyan memimpin  prosesi pemakaman ini. Beberapa rekan almarhum seperti mantan Kapolri Jenderal (Purn) Bambang Hendarso Danuri, para purnawirawan Polri dan sejumlah anggota partai Nasdem juga hadir di lokasi.     kriminalitas.com – Mar 15, 2016    21:29
 
Iring-iringan pengantar jenazah salah satu korban kebakaran RS Mintoharjo alm Irjen Pol (Purn) Abubakar Nataprawira saat akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Jakarta, Selasa (15/3/2016). Alm Irjen Pol (Purn) Abubakar Nataprawira menjadi salah satu korban meninggal dunia dalam peristiwa kebakaran di tabung Chamber Pulau Miangas, Gedung Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT), Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintohardjo.      TRIBUNNEWS – Rabu, 16 Maret 2016    22:41 WIB 
 
 
 
 
Dari kiri ke kanan, Edi Suwardi Suryaningrat, Susi Mukhtar, dr Dimas Qadar Radityo, dr Vina Carolina, dua anak kecil dari dr Iqbal dan dr Vina, dr Iqbal.     foto: beritasatu.com / suarapembaruan – Senin, 14 Maret 2016 | 22:09
Suasana duka pemakaman dua korban tragedi RS Mintohardjo, Selasa, 15 Maret 2016. Edi Suwardi Suryaningrat dan Dimas Qadar Radityo tewas dalam tragedi terbakarnya tabung ruang terapi hiperbarik di Rumah Sakit TNI AL Mintohardjo, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Senin, 14 Maret 2016. Ayah dan anak itu kini sudah beristirahat dengan tenang di pusara mereka di TPU Malaka, Jalan Pondok Kelapa, Jakarta Timur.      viva.co.id – Selasa, 15 Maret 2016 | 19:21 WIB
 
 
 
 
Satu hari setelah kejadian di Hyperbaric Chamber RSAL Mintohardjo Jakarta yang pada 14 Maret 2016 itu menewaskan 4 orang, kemudian pada 15 Maret 2016 ada upacara penyerahan dua kapal buatan Perancis, KRI Spica dan KRI Rigel, kepada KSAL Laksamana Ade Supandi yang dihadiri juga oleh Dubes Prancis untuk Indonesia Corinne Breuze. Jadi semakin penting isyarat untuk aku sebab seperti aku sebutkan diatas sekitar 3 jam sebelum kejadian, aku baru saja kirim tweet ke Najat VB menteri pendidikan Perancis.
 
TNI Angkatan Laut (AL) menerima dua tambahan kapal perang yakni dua unsur KRI jenis OSV (Oceanographic Offshore Support Vessel) atau BHO (Bantu Hindro Oseanografi) dari Kementerian Pertahanan. Kapal yang bernama KRI Rigel 933 dan KRI Spica 934 berfungsi sebagai kapal survei, dan dapat digunakan dalam operasi militer. Selain perang, keduanya bisa digunakan untuk pelaksanaannya SAR laut dan pendeteksian objek tertentu di laut kedalaman. Kedua kapal itu dibangun oleh galangan kapal OCEA di Perancis. Acara serah terima tersebut dihadiri Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, Komisi I DPR, TB Hasanudin dan Duta Besar Perancis untuk Indonesia Corinne Breuzé. Kepala Staff Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Ade Supandi menerangkan dengan dua tambahan kapal ini akan memperkuat pembinaan fungsi dan pelaksanaaan kegiatan Hidro-oseanografi.      beritasatu – Selasa, 15 Maret 2016 | 12:18
 
Upacara penyerahan KRI Rigel 933 dan KRI Spica 934 dilakukan di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (15/3/2016).     detik – Selasa 15 Mar 2016, 10:21 WIB
Kapal Rigel 933 merupakan kapal perang jenis OSV (Oceanographic Offshore Support Vessel) atau Bantu Hidro-Oseanografi (BHO) yang tercanggih se-Asia. Kapal merupakan jenis MPRV (Multi Purpose Research Vessel), yang merupakan sejarah baru di jajaran kapal-kapal TNI AL dalam memodernisasi armada kapal, khususnya kapal survei hidro-oseanograf.      detik – Selasa 15 Mar 2016, 10:21 WIB
 
 
 
 
Info mengenai diantara 4 korban tewas kebakaran Hyperbaric Chamber RSAL 14 Maret 2016 adalah pak Sulistyo ketua PGRI persatuan Guru Indonesia, baru aku ketahui dari media satu hari setelah kejadian, yaitu pada 15 Maret 2016. Menjadi seperti terkait dengan aku karena seperti aku sebutkan diatas, sekitar 3 jam sebelum kejadian aku baru saja kirim tweet ke Najat VB yang adalah menteri pendidikan Perancis, posisi yang terkait dengan soal guru juga. Tapi setelah kejadian itu aku tidak langsung beritahu ke Najat VB, dan baru aku infokan lewat tweet ke dia pada 16 Maret 2016 jam 10.08 PM malam hari. Dan ternyata respon dia adalah seperti di bawah ini, berpose dengan latar halaman hijau. Jadi Najat VB seperti sudah maklum, bahwa bukan mustahil kejadian itu terkait soal status Najat VB yang seperti berarti “end VB”, terkait pada tahun 1982 aku mengakhiri keberadaanku di rumah VB jalan Sukabumi 13 tempat aku lahir, dan pindah ke dekat Permata Hijau. Rumah VB adalah rumah bekas perusahaan-perusahaan Belanda yang dipindahtangankan ke pemerintah Indonesia. Kepindahanku tahun 1982 dari jalan Sukabumi ke dekat Permata Hijau, jadi sesuai dengan kesediaanku untuk tidak suka kepada bumi, dan lebih suka ketemu ajal untuk kebaikan umat manusia.
 
 
 
 
Setelah tweet dari Najat VB pada 17 Maret 2016 jam 1:19 AM dinihari waktu Jakarta tersebut diatas, kemudian pada 18 Maret 2016 sekitar jam 4.30 pagi ada kecelakaan dua bus PO Budiman dengan satu truk trailer yang sedang berhenti karena pecah ban di kanan jalan, dan lalu satu dari dua bus itu ditabrak oleh sebuah minibus Avanza, di jalan tol lingkar luar JORR km 10B di sekitar Cikunir. Nama dua bus itu, PO Budiman, seperti isyarat agar jangan sampai Najat VB yang berkantor di Paris mengalami seperti Lady Di dan Dody Al Fayed yang tewas kecelakaan di Paris, kecuali kalau sama aku.
Tiga orang tewas akibat kecelakaan beruntun di Tol Bekasi arah Jakarta tadi pagi. Kecelakaan yang melibatkan truk, Bus Budiman dan Mobil Toyota Avanza itu juga mengakibatkan 3 orang mengalami luka berat.      detik.com / Jumat 18 Mar 2016, 12:29 WIB
 
Tabrakan Beruntun Bus

di Tol Cikunir,

3 Tewas Belasan Luka

Tiga orang tewas (bukan empat), belasan lainnya luka berat akibat kecelakaan beruntun antara dua Bus PO Budiman dan truk trailer dan minibus Avanza, di  tol JORR Cikunir, KM 10 B arah Jakarta, Jumat (18/3) dini hari.
Poskota – Jumat, 18 Maret 2016
— 10:23 WIB
 
 
Penyebab kecelakan beruntun di Jalan Tol JORR KM 10B, karena pengemudi Bus PO Budiman   B 7740 HD, tidak dapat menguasai stir, saat di depannya ada truk trailer yang berjalan lambat. “Kondisi dinihari kemungkinan sopir lelah sehingga tidak tahu ada kendaraan di depannya,” ujar Kompol Bayu Pratama Gubunagi, saat dihubungi Pos Kota, Jumat (18/3) siang. Menurut Bayu, Bus PO Budiman B 7740 HD, jurusan Banjar-Lebakbulus, yang dikemudikan Abdul Rochim, dan dikeneki Aceng Supriadi, 32, saat itu beriringan dengan bus yang sama Z 7619 HC Jurusan Tasikmalaya-Jakarta, dikemudikan Kundang, 50, kedua bus itu berjalan dengan kecepatan di atas 80 Km. Saat berada di lokasi kejadian, kedua bus yang beriringan bermaksud mendahulu kendaraan dari sisi kiri. Namun di depannya ada truk trailer berjalan pelan, tabrakan pun tidak dapat dihindarkan. Benturan keras menyebabkan bodi depan bus yang dikemudikan Abdul Rohim, ringsek, juga menyebabkan sopir dan keneknya tewas seketika. Apalagi benturan bertambah, setelah bus yang dikemudikan Kundang, juga menabrak pantat Bus Budiman di depannya, Kundang juga tewas, dari arah belakang lagi Avanza B 1660 CFS yang dikemudikan Widayat menabrak Bus yang dikemudikan Kundang. Jumlah korban 14 orang, terdiri dari tiga tewas, Abdul Rohim supir budiman B 7740 HD, Aceng Supriadi, ( kenek PO Budiman B 7740 HD ) dan Kundang, ( Sopir PO Budiman Z 7619 HC ).      Poskota – Jumat, 18 Maret 2016 — 13:31 WIB
 
Tabrakan beruntun terjadi di ruas Tol Cikampek arah Jakarta Kilometer 10B. Kecelakaan yang melibatkan kendaran pribadi, truk, dan bus itu mengakibatkan 3 orang tewas dan 4 orang luka ringan. Kepala Sub Bagian Humas Polres Metro Bekasi Kota, Inspektur Satu Puji Astuti, mengatakan kecelakaan maut itu terjadi pukul 04.30 WIB, Jumat (18/3/2016). Peristiwa bermula dari truk trailer nomor polisi H 1853 EH yang pecah ban di lajur paling kanan. Bus Budiman nomor polisi Z 7740 HD yang ada di belakang menabrak truk. Lalu, bus Budiman lainnya bernomor polisi Z 7619 HC menabrak bus Budiman yang menabrak truk. Kemudian ditabrak Avanza Nopol B 1660 CFS.      liputan6 –  18 Mar 2016    09:47 WIB
 
beritasatu
 
sindo
 
 
 
 
Selagi aku berusaha merampungkan surat ini, muncul berita lain yang seperti terkait dengan aku juga yaitu kecelakaan pesawat Boeing 737 dari maskapai FlyDubai flight FZ981 di dekat bandara kota Rostov-on-Don, Rusia, pada Sabtu 19 Maret 2016 sekitar jam 03.50 AM dinihari waktu setempat. Pesawat sempat berputar-putar selama 2 jam akibat cuaca buruk, dan ketika pilot memutuskan untuk mendarat angin berkecepatan sekitar 96 km/jam, lalu saat pesawat sudah semakin rendah mendekati landasan diduga terjadi perubahan arah angin secara tiba-tiba sehingga pesawat langsung menerpa daratan dan meledak. Sejumlah 62 orang yang ada di dalam pesawat dipastikan tewas semua, terdiri dari 7 awak pesawat dan 55 penumpang. 7 awak pesawat itu dari beberapa negara yaitu Siprus, Spanyol, Rusia, Seychelles, Kolombia and Kirgistan. Pilot Aristos Sokratous berasal dari Siprus dan kopilot Alejando Alava dari Spanyol. Sedangkan 55 orang penumpang terdiri dari 44 warga Rusia yang baru pulang dari Dubai, 8 warga Ukraina, 2 warga India, dan 1 warga Uzbekistan. Lokasi kecelakaan di kota Rostov-on-Don tidak seberapa jauh dari kota Sochi yang aku muat di surat sebelum ini mengenai Maria Sharapova pertama kali kenal tenis saat berumur 4 tahun di kota Sochi, “Gerhana Layar TV Club Bali Puncak Longsor 3 Tewas Lotta Coffee Dan Maria Sharapova Mengakui Meldonium“.
rt.com
 
flydubai.com
guardian
 
telegraph.co.uk
 
telegraph.co.uk
 
dailymail.co.uk
guardian
 
telegraph.co.uk
 
Flydubai plane crashes

in Russia;

62 aboard reported dead

FlyDubai passenger jet

crash kills 62 in Russian

city of Rostov-on-Don

cnn – 1928 GMT (0328 HKT)
March 19, 2016
guardian – Saturday 19 March 2016    16.44 GMT
 
After circling a southern Russian airport for more than two hours because of high ground-level winds and poor visibility, a passenger jet from the United Arab Emirates crashed during a landing attempt, killing all 62 people aboard. The flydubai Boeing 737 took off from Dubai and was scheduled to land at the Rostov-on-Don airport at 1:20 a.m. Saturday (6:20 p.m. ET Friday), Russian Emergencies Minister Vladimir Puchkov said. But it didn’t come down — about 800 feet from a runway — until 3:50 a.m. By that point, Russian state media reported, there were winds of about 60 mph. Authorities have ruled out terrorism as a cause of the crash. Instead, according to investigative committee spokeswoman Oksana Kovrizhnaya, they will be looking at three possibilities: technical issues, severe weather and human error.   A Boeing 737-800 passenger jet operated by the low-cost airline FlyDubai has crashed while attempting to land in the southern Russian city of Rostov-on-Don. All 62 people on board, 55 passengers and seven crew members, were killed when the plane crashed and burst into flames early on Saturday morning, Russian officials said. The plane, which had flown from Dubai, had been circling the airport for up to two hours after an initial aborted landing attempt, according to Russian news reports. There were high winds in the area at the time. The plane was coming in for a second attempt to land at 0043 GMT when it plunged to the ground and burst into flames. The crash occurred inside the airport’s perimeter, about 250 metres short of the runway. Footage shown on local media showed a huge fireball erupting from the crash site.
 
 
FlyDubai Plane Crashes

in Russia, Killing All 62 Aboard

wall street journal – March 19, 2016 7:13 p.m. ET
 
A FlyDubai airliner crashed in the southern Russian city of Rostov-on-Don early Saturday, killing all 62 people aboard. The Boeing 737-800 crashed during a repeated landing attempt at the city’s airport in windy conditions, according to the Russian Emergency Ministry. The cause of the accident was unclear. Local authorities said bad weather conditions had forced the pilot to attempt a second landing, during which the plane’s wing touched the ground, causing the plane to break apart. Flight-tracking website FlightRadar24 said the plane had been climbing after its second landing attempt when it suddenly began to fall at rapid speed. The airline said Flight FZ981 departed from Dubai International Airport at 10:20 p.m. local time Friday (2:20 p.m. EDT) and was bound for Rostov-on-Don. The crash occurred at the destination at about 3:50 a.m. local time Saturday, FlyDubai said.
 
Ghaith Al Ghaith, Chief Executive Officer of Flydubai reacts during a press conference about the FlyDubai plane crash in Russia, in Dubai, United Arab Emirates.      telegraph.co.uk / AP  –  3:59PM GMT 19 Mar 2016
 
 
flydubai confirms that flight FZ981 was carrying 55 passengers from 4 different nationalities: 44 Russian, 8 Ukrainian, 2 Indian, 1 Uzbekistani         telegraph.co.uk – 3:59PM GMT 19 Mar 2016 The airline has confirmed the nationalities as 44 Russian, eight Ukrainian, two Indian, and one person from Uzbekistan.     guardian – Saturday 19 March 2016   16.44 GMT
 
The airline said the nationalities of the passengers included 44 Russians, eight Ukrainians, two Indians and one Uzbek.    wall street journal – March 19, 2016    7:13 p.m. ET The UAE-based airline said 44 of the passengers were Russians, along with eight Ukrainians, two Indians and one Uzbekistani.     cnn – 1928 GMT (0328 HKT) March 19, 2016
 
The Dubai Media Office posted a message on Twitter that said 44 passengers were from Russia, eight from Ukraine, two from India and one from Uzbekistan.     washington post – March 19, 2016 FlyDubai said 44 Russians, eight Ukrainians, two Indians and an Uzbek were killed. All were passengers.     bbc – 19 March 2016
 
 
 
 
Helikopter TNI Angkatan Darat Minggu sore jatuh dalam penerbangan di Pesisir Selatan Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Sebanyak 13 orang, diduga seluruhnya anggota TNI, tewas di lokasi penemuan helikopter. Helikopter tersebut jatuh di perkebunan warga di Desa Kasiguncu Poso, tidak jauh dari Bandara Poso. Sebelum jatuh helikopter tersebut berangkat dari Desa Watutau, Kecamatan Lore Tengah dengan membawa sejumlah perwira termasuk Danrem dan Kapenrem menuju Kota Poso. Di Watutau helikopter tersebut membantu aparat gabungan Operasi Tinombala untuk melakukan pengejaran terhadap kelompok teroris Santoso.       viva.co.id – Minggu, 20 Maret 2016 | 19:25 WIB
 
blueskyrotor.com
 
helis.com
blueskyrotor.com
 
Indonesia military

helicopter crash kills 13

Indonesian military

helicopter crashes on way

to aid anti-terror operation

cbc.ca / ap – Mar 21, 2016 2:03 AM ET cnn – 1829 GMT (0229 HKT) March 20, 2016
 
The death toll from an Indonesian military helicopter crash rose to 13 on Monday, the military said, with the discovery of the body of a missing soldier. The helicopter was on a mission Sunday to capture the country’s most wanted militant when it crashed and burst into flames. Twelve bodies were found Sunday, and military spokesman Maj. Gen. Tatang Sulaiman said the 13th victim, a first lieutenant, was found in the wreckage. The Bell 412-EP helicopter was carrying 13 soldiers and crew when it went down about 35 minutes after taking off from Poso district’s Watutau village, said Maj. Gen. Agus Surya Bakti, the regional military chief overseeing South and Central Sulawesi provinces. It was not yet known what caused the three-year-old helicopter to crash, though thunderstorms were thought to have played a part, Agus said. A military helicopter crashed in Indonesia on Sunday, killing at least 13 people aboard, according to the Indonesian Armed Forces. All were members of the military. The helicopter was en route to assist with a counterterrorism operation in Poso, Central Sulawesi, the military said. Police forces have been hunting one of Indonesia’s top terrorists, known as Santoso, who leads the East Indonesia Mujahidin. Santoso has pledged allegiance to ISIS. Maj. Gen. Tatang Sulaiman said that weather may have contributed to the crash. Bodies were taken to a hospital in Palu, Central Sulawesi, to be identified, and the military is conducting an investigation of the crash, Sulaiman said.  
 
 
Ini Identitas 13 Korban

Helikopter Jatuh di Poso

Mabes TNI menyatakan helikopter milik TNI Angkatan Darat jenis Bell 412 EP dengan nomor HA 5171 yang jatuh di atas perkebunan di Kelurahan Kasiguncu, Kecamatan Poso Pesisi, Sulawesi Tengah, Minggu (20/3/2016), diduga karena faktor cuaca. Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal TNI Tatang Sulaiman menyatakan, saat helikopter itu jatuh, cuaca dalam kodisi hujan.
Kompas – Minggu, 20 Maret 2016 | 22:40 WIB
 
Tatang menyatakan, helikopter itu berangkat dari Desa Napu menuju Poso sekitar pukul 17.20. Namun, sekitar pukul 17.55, helikopter tersebut jatuh di atas perkebunan Kelurahan Kasiguncu, Kecamatan Poso Pesisi, Sulawesi Tengah. Pihak TNI menyatakan, sebanyak 13 penumpang helikopter itu tewas. Korban tewas yang dirilis Mabes TNI, yakni Danrem 132/Tadulako Kol Inf Saiful Anwar, Mayor Inf Faqih, Kapten Dr. Yanto, Kolonel Inf Heri. Kemudian, Kolonel Ontang, Prada Kiki, Letkol Cpm Tedy, Kapten Cpm Agung, Lettu Cpn Wiradi, Letda Cpn Tito, Sertu Bagus, Serda Karmin, dan Pratu Bangkit.
 
 
 
 
Urutan kejadian sejak sekitar menjelang dan sesudah Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016, seperti yang aku ungkap pula sebagian di “Gerhana Layar TV Club Bali Puncak Longsor 3 Tewas Lotta Coffee Dan Maria Sharapova Mengakui Meldonium“,  jadi seperti ada tarik-ulur dalam suatu “negosiasi”, antara korban 3 atau korban 4. Mula-mula 3 tewas pada dinihari 9 Maret 2016 di Club Bali Puncak Kota Bunga, lalu 4 tewas pada siang hari 14 Maret 2016 di Hyperbaric Chamber RSAL Mintohardjo Jakarta, setelah itu 3 tewas lagi pada 18 Maret 2016 pagi dalam kecelakaan dua bus PO Budiman di jalan tol sekitar Cikunir, dan lalu 44 penumpang warga Rusia tewas pada 19 Maret 2016 dinihari dalam kecelakaan pesawat FlyDubai di Rostov-on-Don dekat kota Sochi Rusia, kota tempat pertama kali Maria Sharapova mengenal tenis waktu umur 4 tahun. Ketika aku sudah hampir merampungkan surat ini, lalu muncul lagi berita lain mengenai kecelakaan Helikopter TNI Bell 412 di Poso, dengan 13 orang tewas. Angka 13 itu memuat 3, tapi kalau 1 dan 3 dijumlah akan menjadi 4, dan tanda jumlah itu mirip Salib. Jadi seperti peringatan untuk aku jangan sampai ditunda-tunda kalau sudah tersedia semua yang dibutuhkan untuk aku melakukan perjalanan menggali inspirasi ke berbagai tempat di dunia sebelum lalu ketemu ajal. Sebab kalau aku tunda-tunda, akan seperti angka 13 itu, yang memuat 3 tapi kalau 1 dan 3 ditambahkan akan menjadi 4, sehingga seperti kiamat, 3 maupun 4 sama-sama musnah. Oleh sebab itu lebih baik aku saja yang bersedia ketemu ajal untuk kebaikan umat manusia, dengan melakukan perjalanan menggali inspirasi ke berbagai tempat di dunia sebelum lalu aku ketemu ajal.
 
 
 

 
 

Jakarta,  22 Maret 2016.
wassalam,

 
 

a.m. firmansyah
sms +62812 183 1538

 
 
 

%d bloggers like this: