AB666. Sekolahan Berduke Cite Dan Isyarat Aku Pindah Dari Dunia Fana

 
 

Rahma Sarita: assalamualaikum wr wb

HAL:  Sekolahan Berduke Cite Dan Isyarat Aku Pindah Dari Dunia Fana

 

……
……
……
……
……
……
……
……
……
……
google.com
……
……
medina-wa.gov
……
……
……
epodunk.com
……
nationnsonline.org
……
bing.com / maps
……
……
……

 

Tanggal 12 Mei 2013 ada retweet dari Bill Gates bersumber dari Gates Foundation tentang soal connect, yang memuat nama Melinda Gates serta Duke 2013. Saat itu aku langsung berpikir seperti ada isyarat mengenai soal duka, dan mungkin terkait dengan aku juga, tapi aku belum tahu apa sehingga aku tidak mencari tahu lebih lanjut.

Kemudian pada 14 Mei 2013 muncul pesan Twitter lain mengenai soal yang serupa dan memuat pula video serta link b-gat.es/19lJxbm yang menuju ke Youtube, berisi pidato sambutan oleh Melinda Gates pada acara kelulusan tahun 2013 dari para siswa di universitas Duke.

Seingat aku beberapa waktu yang lalu saat aku mencari tahu latar belakang Bill Gates dan istri, aku juga sudah pernah lihat info bahwa Melinda Gates pernah kuliah di Duke University. Namun selama ini aku tidak secara rinci cari tahu lebih lanjut soal perkuliahan Melinda Gates di Duke University itu.

Baru setelah muncul video pada pesan Twitter 14 Mei 2013 itu, aku jadi tahu bahwa Melinda Gates mulai masuk kuliah di Duke pada tahun 1982. Dalam bagian awal pidato pada video itu, dia menceritakan bagaimana ketika itu dia berangkat dari rumah untuk mulai tinggal di asrama di Duke, dengan mendapat bekal mesin ketik dari orang tua dia. Karena saat itu komputer pribadi belum umum digunakan, jadi masih mengandalkan mesin ketik.

Pada saat dia kuliah di Duke jurusan komputer itulah mulai berkembang program-program komputer, dan setelah lulus diapun bekerja di Microsoft lalu menikah dengan Bill Gates pada tahun 1994.

Pada awal pidato itu Melinda Gates menyebut angka empat dua kali, yaitu bahwa dia kuliah di Duke selama empat tahun, dan pada bagian lain dia menyebutkan bahwa siswa yang ada pada acara kelulusan 2013 itu dia sebut beruntung karena telah empat kali menang pertandingan lawan Louisville. Tidak disebutkan pertandingan apa, tapi mungkin basket karena dia juga menyebut nama Michael Jordan.

Karena namaku Firman yang dalam bahasa Jerman atau Belanda kata “fir” berarti empat, menyebabkan aku jadi berpikir penyebutan angka empat dua kali itu seperti ada kaitan dengan aku. Tahun 1982 saat Melinda Gates mulai masuk kuliah di Duke itu, adalah merupakan momen dimana pada tahun 1982 itu juga aku untuk pertama kali menjalin hubungan dengan cewe, yaitu seorang cewe yang tinggal di sebelah rumah. Namun kemudian setelah dekat dengan aku, cewe itu lalu dekat dengan temanku yang lain. Sehingga nama Duke university itu seperti terkait dengan kisah duka yang aku alami itu.

Setelah itu pada akhir tahun 1982 aku pindah ke jalan Limo Kebayoran Lama dekat Permata Hijau, tinggal di rumah kontrakan milik pak Marulloh orang Betawi. Dalam bahasa Betawi kata duka menjadi duke, seperti nama Duke university itu.

Kepindahanku itu antara lain atas dorongan dari aku juga kepada orang tuaku, karena aku tidak ingin keberadaanku di rumah yang lama itu menyebabkan cewe di sebelah rumah itu merasa tidak tenang untuk menjalin hubungan baik dengan cowo lain. Lebih baik aku yang mengalah dengan menjauhkan diri.

Rumah kontrakan di dekat Permata Hijau itu mengingatkan pada warna hijau yang biasa dikaitkan dengan surga di alam lain. Jadi kepindahanku dari tempat tinggalku yang lama di jalan Sukabumi itu, dimana nama jalan itu seperti berarti suka pada bumi, suka pada dunia, atau dalam bahasa Nabi s.a.w. adalah “hubbud dunia”, untuk pindah ke tempat tinggal baru di dekat Permata Hijau yang mengingatkan pada warna hijau surga, seperti perlambang agar aku tidak suka mengejar kesenangan dunia. Ini terkait dengan hadist Rasulullah s.a.w. yang mengungkapkan kekhawatiran bahwa di akhir zaman umat Rasulullah s.a.w. akan berjumlah besar dan dikerumuni oleh umat lain seperti sedang mengerumuni makanan, tapi umat Rasulullah s.a.w. saat itu terkena penyakit “hubbud dunia, wa karahyatil maut”, cinta pada kesenangan dunia dan tidak ingin meninggal dunia.

Sehingga kemunculan Melinda Gates memberi pidato pada 12 Mei 2013 dalam acara kelulusan siswa 2013 dari Duke university itu, seperti isyarat agar aku lebih mempersiapkan diri untuk melakukan kepindahan lagi, yaitu pindah dari dunia fana ini menuju alam lain, ketemu ajal untuk kebaikan umat manusia. Untuk menunjukkan kepada Allah SWT bahwa di dunia ini masih ada orang yang tidak terkena penyakit “hubbud dunia wa karahyatil maut”, sehingga moga-moga berarti dunia belum dianggap berada pada akhir jaman.

Apalagi kalau kita ingat bahwa Bill dan Melinda Gates itu tinggal di kota Medina dekat Seattle Washington, dalam sebuah rumah yang dibangun tahun 1988 atau berarti satu tahun sebelum aku kerja di American Express tahun 1989. Seperti sering aku sebutkan, setelah aku kerja di American Express tahun 1989 itu terjadi beberapa peristiwa bersejarah di dunia, antara lain tembok Berlin runtuh pada November 1989, Uni Sovyet terpecah menjadi beberapa negara pada tahun 1991, dan negara-negara Eropa Timur meninggalkan komunisme dan menjadi lebih demokratis.

Saat aku kerja di American Express tahun 1989 itu, boss bule disitu adalah Bill Mould dan managerku adalah Wardy Bafagih. Kemudian pada tahun 1992 Bill Clinton terpilih jadi presiden AS dan pada 1994 Bill Gates mulai menempati posisi pertama daftar orang terkaya dunia, diikuti oleh Warren Buffett dan bertahan selama sekitar 15 tahun.

Dari catatan sejarah yang aku dapat pada situs resmi kota Medina dekat Seattle Washington itu di http://www.medina-wa.gov/index.asp?Type=B_BASIC&SEC={0EF1CA38-E35B-489B-8446-8B309737C420} , disebutkan bahwa nama kota Medina itu terinspirasi dari nama kota Medinah di Arab Saudi, dan nama itu mulai digunakan sejak sekitar tahun 1891.

Bermula dari peselisihan antara bapak TL Dabney dengan ibu Flora Belote. Bapak Dabney yang merupakan penghuni pertama di kawasan itu sebelum kemudian orang-orang lain ikut bertempat tinggal disitu, semula lebih suka memberi nama kawasan itu dengan nama “Floridine”. Namun ibu Flora Belote dan beberapa ibu lain disitu lebih suka memakai nama “Medeena”. Meskipun sudah diadakan pertemuan para warga untuk menetapkan nama kawasan itu, namun kesepakatan belum juga tercapai.

Suatu hari pak Dabney menempatkan papan nama “Floridine” pada tonggak kayu di atas air dekat rumah dia. Namun sore hari saat dia pulang kerja, papan nama itu sudah berubah jadi “Medeena” yang dipasang oleh bu Flora Belote. Diapun memasang lagi papan nama “Floridine” yang dia buat itu, namun keesokan hari saat pulang kerja papan nama itu berubah lagi jadi papan nama “Medeena”.

Demikian terjadi terus selama beberapa hari hingga pak Dabney lama-lama capek juga, dan membiarkan saja papan nama “Medeena” itu, sehingga kemudian nama kawasan itupun menjadi the City of Medina. Dan sekarang menjadi tempat tinggal Bill Gates dan beberapa bilyuner komputer.

Sebagaimana kita ketahui dalam sejarah nabi Muhammad s.a.w., nama Medina memiliki arti historis penting karena terkait dengan peristiwa Hijrah yaitu kepindahan nabi dari Mekah ke kota yang semula bernama Yatsrib dan kemudian diganti nama menjadi Medinah. Dan kalender Islam yaitu Hijriah yang sampai saat ini digunakan, juga dimulai berdasarkan peristiwa Hijrah itu. Mengingat nabi Muhammad s.a.w. adalah panutan kita, maka aku jadi merasa bahwa ini seperti isyarat dari langit agar aku juga menjalani kepindahan, yaitu pindah dari dunia fana ini, ketemu ajal untuk kebaikan umat manusia.

 
 

Jakarta, 23 Mei 2013.
wassalam,

 
 

a.m. firmansyah
sms +62812 183 1538

 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: