AB760. Setuju Datang Ke PTIK Lalu Gunung Sangeang Meletus

 
 

Rahma Sarita: assalamualaikum wr wb

HAL:  Setuju Datang Ke PTIK Lalu Gunung Sangeang Meletus

 
 

Email pada awal Mei 2014 diatas dari dokter Reno teman SMA-ku dulu. Waktu masih SMA aku bersama beberapa temanku sering ke rumah Reno di jalan Solo 1 dekat pojok jalan Cikditiro, dan tidak berapa jauh dari rumahku di jalan Sukabumi 13 seperti terlihat pada peta berikut ini.
Tanggal 23 Mei 2014 sekitar jam 12 siang saat sholat Jumat di mesjid Wisma Cakra dekat rumah, tepat di depanku ada polisi yang juga sholat, memang sering ada polisi yang sholat di situ karena dekat sama pos polisi. Setelah pulang dari mesjid, aku lihat ada Twitter dari Bill Gates yang dimuat pada jam 3.05 dan 4.12 pagi waktu Jakarta, dengan grafis yang memuat warna coklat muda dan coklat tua seperti seragam polisi.
Logo Radio Kayu Manis atau biasa disingkat RKM, dimana dulu pak KH Kosim Nurseha sering memberi ceramah Subuh. sumber logo: indonesiaradiosonline.com
foto: inilah.com
Setelah aku pindah rumah sekitar tahun 1983, orangtuaku kalau Subuh suka mendengar ceramah dari pak KH Kosim Nurseha, antara lain beliau sering mengungkapkan soal Iblis yang tidak mau sujud kepada Adam.
KH Kosim Nurseha meninggal dunia pada 1 Juni 2013 dalam usia 80 tahun, setelah sempat dirawat di ICU RSPP selama 2 minggu. Belajar agama Islam secara non-formal dan autodidak, pak Kiai Kosim Nurseha merupakan lulusan sekolah Tinggi Olah Raga.
Semasa muda, beliau aktif di Pelajar Islam Indonesia (PII) dan Pemuda Muhammadiyah. Aktif memberikan siraman rohani Islam di Disbintal Angkatan Darat pada awal tahun 1980, pak Kiai Kosim Nurseha mulai sangat dikenal di era 1980-1990 an setelah mengisi acara ceramah Subuh di Radio Kayu Manis Jakarta dan lalu sering pula muncul di TV. Presiden Soeharto juga suka mengundang pak Kiai Kosim Nurseha untuk berceramah dalam berbagai acara keluarga
Tanggal 25 Mei 2014 sebagai kelanjutan dari email teman SMA-ku dokter Reno itu, dia kirim undangan itu berupa SMS ke aku, mengundang agar aku hadir di resepsi pernikahan anak dia yang akan diadakan di gedung pertemuan PTIK jalan Tirtayasa Kebayoran Baru pada Minggu 1 Juni 2014 jam 11.00-13.00 siang. Aku jawab insya Allah akan datang.
PTIK itu adalah Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, tempat para perwira polisi menuntut ilmu tentang berbagai pengetahuan di bidang kepolisian, dan kalau lulus akan mendapat gelar sarjana. Di komplek PTIK jalan Tirtayasa Kebayoran Baru itu, ada gedung pertemuan yang disewakan untuk berbagai acara, antara lain untuk resepsi pernikahan seperti yang dilakukan temanku Reno itu. foto : meutiasistarani.wordpress.com
Karena dokter Reno itu teman baikku waktu di SMA, aku sering main ke rumah dia di jalan Solo Jakarta Pusat bersama beberapa rekan lain, dan waktu itu Sys NS juga sering nongkrong disitu. Sehingga aku sebutkan di SMS-ku 25 Mei 2014 itu bahwa insya Allah aku akan datang, agar sekalian ketemu rekan-rekan lain juga.
foto : usatoday / tvone
Sabtu siang 31 Mei 2014 satu hari sebelum acara resepsi pernikahan anak temanku dokter Reno 1 Juni 2014 di PTIK itu, saat aku selesai sholat Dhuhur sambil masih duduk di sejadah untuk bertasbih-tahmid-takbir usai sholat, di TV-One muncul berita mengenai gunung Sangeang di Nusa Tenggara meletus.
Flights from Australia to Bali have been cancelled as a massive volcanic ash cloud from Indonesia sweeps across Australia threatening to disrupt air travel for days. Virgin Australia spokeswoman Jacqui Abbott said the eruption of the Sangeang Api volcano on Friday night caused the cancellation of all Darwin flightsand flights to Denpasar out of Melbourne on Saturday. Sydney Morning Herald / June 1, 2014 – Photo: Muh Ihsanul Yakin
Australian airlines ground flights

due to Indonesia volcano ash cloud

By Morag MacKinnon | Reuters
Sat, May 31, 2014
PERTH (Reuters) – Some flights between Australia and southeast Asia and all domestic flights operating out of Darwin airport in the country’s north were cancelled on Saturday after the eruption of Sangeang Api in Indonesia’s south produced a large cloud of ash.

International flights to and from Australia to Singapore, East Timor and the Indonesian holiday island of Bali were among those cancelled, including those departing from Australia’s eastern seaboard after an ash cloud from Sangeang Api’s initial eruption on Friday evening tracked across central Australia.

“At the moment it has slowed down a little bit since its initial big eruption, but nobody has a very good handle on what this volcano is likely to do in the next 24 hours or beyond,” Jansons said, adding that the last eruption of Sangeang Api of this magnitude occurred in 1999.

(Reporting by Morag MacKinnon;
Editing by Matt Driskill)

Volcanic eruption grounds flights

in Asia-Pacific

By Karla Cripps, CNN
June 2, 2014 — Updated 1438 GMT (2238 HKT)
(CNN) — Ash from an Indonesian volcano has led to the cancellation of a number of flights in the region since Friday, with travelers heading to and from the country now advised to check with airlines to confirm the status of their flights before traveling.

Mount Sangeang is a small, uninhabited volcanic island in Indonesia’s Lesser Sunda Islands. It’s considered one of the most active in the area by scientists. Friday’s volcanic activity shot thick plumes of ash and sulfur dioxide more than 20 kilometers into the sky, which then drifted as far as northern Australia.

Some airlines decided to ground flights in and out of Bali’s Ngurah Rai International Airport on Monday morning, due to worries that the ash cloud was approaching.

However, the most recent reports say the ash is dispersing. On Saturday, all flights to and from Australia’s Darwin Airport were canceled because of the hazardous ash cloud but have since resumed.

google maps
DR.KH.M.Zainul Majdi,MA
Gubernur
Nusa Tenggara Barat
Gunung Sangeang yang meletus pada 30 Mei 2014 itu berada pada pulau dengan nama yang sama di kawasan Nusa Tenggara Barat, dan gubernur propinsi Nusa Tenggara Barat itu adalah pak Zainul Majdi. Nama depan pak Zainul Majdi itu seperti nama pamanku Oom Zaenul, suami dari tante Ema yang sering aku sebutkan selama ini, soal status kamu sebagai Ema untuk aku, seperti tanteku itu yang tetap hidup setelah sang suami wafat.
nationalgeographic.co.id / BBC Indonesia
Gunung Sangeang Api di Sumbawa. voaindonesia.com / 2 Juni 2014.
Eruption: The powerful explosion took place at Mount Sangeang Api in the Lesser Sunda Islands – an area that plays host to 129 active volcanoes. The Sunda Islands sit inside Indonesia’s notorious ‘Ring of Fire’. Since Sangiang Api’s first recorded eruption in 1512, it is believed to have erupted a total of 20 times. dailymail.co.uk / barcroft media
From the air: An earlier set of photographs were taken by professional photographer Sofyan Efendi during a commercial flight from Bali to the fishing town of Labuan Bajo. dailymail.co.uk / barcroft media
Spread: The fallout of ash from Sangean Api has caused major disruptions to international flights. There is concern that delays may continue to be felt in Indonesia and across northern Australia for several days, such is the size the ash cloud. dailymail.co.uk / Courtney Robba / Barcroft USA
Distance: Although the menacing ash cloud looks close enough to touch, the spectacular photographs were actually taken near Sumbawa island – a full 10 miles away from the Mount Sangean Api on the uninhabited Sangean island. dailymail.co.uk / Courtney Robba / Barcroft USA
Distance: Although the menacing ash cloud looks close enough to touch, the spectacular photographs were actually taken near Sumbawa island – a full 10 miles away from the Mount Sangean Api on the uninhabited Sangean island. dailymail.co.uk / Courtney Robba / Barcroft USA

 
 

Tanggal 9 Mei 2014 ada email dari teman SMA-ku dokter Reno, menanyakan alamatku karena dia akan kirim undangan untuk aku. Jawabanku adalah agar dikirim lewat email saja, karena aku masih numpang di rumah kakakku.

Tanggal 23 Mei 2014 sekitar jam 12 siang saat sholat Jumat di mesjid Wisma Cakra dekat rumah, tepat di depanku ada polisi yang juga sholat. Memang sering ada polisi yang sholat di situ karena dekat sama pos polisi. Dan waktu itu aku potret pakai Blackberryku. Setelah pulang dari mesjid, aku lihat ada Twitter dari Bill Gates yang dimuat pada jam 3.05 dan 4.12 pagi waktu Jakarta, dengan grafis yang memuat warna coklat muda dan coklat tua seperti seragam polisi.

Posisi pak polisi yang tepat di depanku saat sholat Jumat itu sehingga kalau aku sujud seperti sujud ke arah beliau, mengingatkan aku pada momen sekitar tahun 1983 setelah aku pindah rumah dari jalan Sukabumi Jakarta Pusat ke jalan Limo dekat Permata Hijau, Jakarta Selatan. Saat sudah di rumah baru itu, kedua orangtuaku setiap pagi sekitar Subuh di ruang duduk dekat kamar tidurku sering mendengarkan ceramah dari Kiai Kosim Nurseha melalui radio Kayumanis, atau biasa disingkat RKM, dan diantara bahan ceramah adalah seringkali soal kisah Iblis yang tidak mau sujud kepada Adam. Pak KH Kosim Nurseha tersebut sering muncul juga kalau ada acara di rumah pak Harto, termasuk kalau ada acara keluarga.

Mula-mula aku pikir ceramah pak KH Kosim Nurseha itu tidak ada kaitan sama aku, tapi karena sering betul soal itu dibahas, hampir tiap hari selama beberapa tahun, atau kalaupun ada soal lain tapi seringkali lalu dikaitkan dengan soal Iblis yang tidak mau sujud kepada Adam itu, aku jadi khawatir juga. Barangkali aku juga dianggap seperti Iblis yang tidak mau sujud kepada Adam, sebab ketika ada cewe sebelah rumah yang semula dekat denganku tapi lalu dekat dengan cowo lain, aku tidak mau mengikuti nasehat teman-temanku untuk memindahkan cintaku ke adik cewe itu.

Untuk itu perlu aku jelaskan disini bahwa saat itu aku sudah mau mengikuti nasehat teman-temanku itu untuk memindahkan cintaku ke adik cewe itu, namun aku pikir perlu waktu, sebab kalau sedemikian mudah aku memindahkan cintaku akan menimbulkan kesan kurang baik, seolah cintaku tidak serius sehingga mudah dipindah-pindahkan dari seseorang ke orang lain. Apalagi karena pada suatu siang hari ketika aku berkunjung ke rumah cewe itu lagi, mereka sedang memutar video film Indonesia mengenai soal cinta yang dipindahkan juga. Aku tidak ingat judul film itu, antara lain ada adegan sebuah mobil di pinggir laut, lalu yang menyetir mobil itu karena sedang patah hati kemudian menceburkan mobil itu ke laut, tapi dia selamat karena sempat meloncat. Ada dialog pada film itu yang kurang lebih berbunyi “……cinta bukanlah kapal, yang dapat dengan mudah berlabuh di sembarang pelabuhan ……”, dan kata-kata itu sempat diulang oleh adik perempuan yang lain dari cewe bekas tetanggaku itu sambil bicara ke adik laki-laki dari cewe itu. Sehingga akupun jadi berpikir, akan seperti itu pula pendapat mereka kalau aku dengan mudah memindahkan cintaku ke adik dari cewe itu. Karena itu, aku jadi semakin tidak berminat untuk mengikuti nasehat teman-temanku agar aku memindahkan cintaku ke adik cewe bekas tetanggaku itu.

Pada saat itu aku tidak berpikir soal barangkali Iblis penggoda Adam itu ada kaitan dengan aku. Sebab aku bukan siapa-siapa, kalaupun ada setan yang menggoda aku, tentu cuma setan yang tingkat rendahan, bukan setan yang setingkat Iblis penggoda Adam yang adalah nabi dan manusia pertama. Namun setelah beberapa tahun belakangan ini aku sering terkait dengan berbagai peristiwa bersejarah maupun tokoh terkemuka tingkat dunia, aku jadi khawatir juga, barangkali aku memang ada kaitan dengan Iblis penggoda Adam itu. Oleh sebab itu pula antara lain alasanku ingin menjual lukisan-lukisanku dengan harga sebaik mungkin, adalah untuk mengeksplorasi soal ini lebih lanjut untuk kebaikan umat manusia, terutama karena telah muncul beberapa bencana besar yang seperti terkait dengan aku.

Tanggal 25 Mei 2014 sebagai kelanjutan dari email teman SMA-ku dokter Reno itu, dia kirim undangan itu berupa SMS ke aku, mengundang agar aku hadir di resepsi pernikahan anak dia yang akan diadakan di gedung pertemuan PTIK jalan Tirtayasa Kebayoran Baru pada Minggu 1 Juni 2014 jam 11.00-13.00 siang. Aku jawab insya Allah akan datang, karena dokter Reno itu memang teman baikku waktu di SMA, aku bersama beberapa rekan lain sering main ke rumah dia di jalan Solo Jakarta Pusat dekat tempat tinggalku di jalan Sukabumi, dan waktu itu Sys NS juga sering nongkrong di rumah Reno.

Tentu kamu sudah tahu juga, PTIK itu adalah Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, tempat para perwira polisi menuntut ilmu tentang berbagai pengetahuan di bidang kepolisian, dan kalau lulus akan mendapat gelar sarjana. Di komplek PTIK jalan Tirtayasa Kebayoran Baru itu, ada gedung pertemuan yang disewakan untuk berbagai acara, antara lain untuk resepsi pernikahan seperti yang dilakukan temanku Reno itu.

Jumat 30 Mei 2014 malam hari di Jak-TV setelah kamu beberapa hari tidak muncul sejak 26 Mei 2014, kamu muncul lagi dengan potongan rambut baru, dipotong pendek. Aku sempat berpikir mungkin ada kaitan dengan soal pemilihan presiden 2014, barangkali ada yang lebih suka kamu potong rambut pendek seperti itu, seperti dulu tahun 1982 ketika seorang cewe yang tinggal di sebelah rumah yang semula dekat sama aku namun kemudian dia dekat dengan temanku yang lain, dia memotong rambut jadi pendek. Seperti isyarat karena aku suka cewe berambut panjang, maka  kalau rambut dia dipotong pendek berarti aku sudah tidak welcome lagi. Dan akupun tidak terlalu ambil pusing dengan rambut pendek kamu itu, sebab aku juga tidak mau menikah sama cewe yang tidak suka sama aku, di dunia ini ‘kan ada milyaran cewe.

Sabtu siang 31 Mei 2014 satu hari sebelum acara pernikahan anak temanku dokter Reno itu, saat aku selesai sholat Dhuhur sambil masih duduk di sejadah untuk bertasbih-tahmid-takbir usai sholat, di TV-One muncul berita mengenai gunung Sangeang di Nusa Tenggara meletus. Semula aku pikir tidak ada kaitan sama aku, sekedar peristiwa alam belaka. Dan aku tetap berencana untuk datang pada Minggu 1 Juni 2014 ke pernikahan anak temanku dokter Reno di PTIK Jakarta.

Minggu pagi 1 Juni 2014 setelah sholat Subuh aku tidur lagi, dan kesiangan bangun, aku baru bangun jam 9 pagi padahal belum lagi mandi dan perjalanan ke PTIK membutuhkan sekitar dua jam naik kendaraan umum. Selain itu batere Blackberry-ku habis, minimal perlu satu jam setengah untuk charge. Jadi seperti isyarat dari langit agar aku tidak datang. Sebab mungkin karena terkait soal PTIK yang merupakan kompleks Polisi itu, sehingga kalau aku datang akan menyebabkan aku berada pada posisi pak Naufal perwira polisi yang sudah bercerai dari kamu. Apalagi pada hari yang sama Minggu 1 Juni 2014 itu, ada acara Isra’ Mi’raj di mesjid dekat rumah tempat tinggalku di Wisma Cakra, dimana Isra’ Mi’raj merupakan peristiwa kenaikan Rasulullah s.a.w. menghadap Allah, dan aku juga selama ini telah berketetapan untuk bersedia naik menghadap Allah SWT ketemu ajal untuk kebaikan umat manusia.

Setelah aku cari info lebih lanjut di Internet, baru aku ketahui gunung Sangeang itu berada pada pulau dengan nama yang sama di kawasan Nusa Tenggara Barat, dan gubernur propinsi Nusa Tenggara Barat itu adalah pak Zainul Majdi. Nama depan pak Zainul Majdi itu seperti nama pamanku Oom Zaenul, suami dari tante Ema yang sering aku sebutkan selama ini, soal status kamu sebagai Ema untuk aku, seperti tanteku itu yang tetap hidup setelah sang suami wafat.

 
 

Jakarta,  5 Juni 2014.
wassalam,

 
 

a.m. firmansyah
sms +62812 183 1538

 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: