AB608. Soal Inspirasi Mobil Listrik Untuk Lukisan Drive Electric

 
 

Rahma Sarita: assalamualaikum wr wb

HAL:  Soal Inspirasi Mobil Listrik Untuk Lukisan Drive Electric

 

……
……
Ide lukisan “Drive Electric” yang dibuat pada 26 September 2012.
……
Sketsa lukisan “Drive Electric” per tanggal 17 Oktober 2012, difoto bersama lukisan ulang tahun Rahma Sarita 2010.
……
Sketsa lukisan “Drive Electric” per tanggal 23 Oktober 2012, ada tambahan berupa foto mobil listrik Volvo Electric dalam bentuk brosur di tangan Rahma.
……
Sketsa lukisan “Drive Electric” per tanggal 31 Oktober 2012, tinggal menunggu pengerjaan warna.
……
……
Foto diatas ini adalah electric vehicle charging station, stasiun penyetruman batere mobil listrik, keluaran Portland General Electric yang dimuat pada blog.oregonlive.com yang aku gunakan untuk lukisan “Drive Electric”.
Seperti yang pernah aku ungkapkan di surat “Mobil Listrik Jaman Sekarang“, kalau penyetruman dilakukan di rumah melalui stop kontak yang ada pada rumah-rumah secara umum, dibutuhkan waktu sekitar 7 jam untuk mengisi penuh batere pada mobil listrik. Sedangkan kalau melalui  electric vehicle charging station yang secara umum menggunakan sistim quick charging, cuma dibutuhkan sekitar 30 menit untuk mengisi penuh batere pada mobil listrik.
Mengingat pembelian mobil baru di Indonesia yang terus meningkat, padahal kita sudah menjadi net-importer dari BBM, mungkin perlu mulai dipertimbangkan mobil listrik sebagai alternatif selain alternatif lain seperti mobil dengan BBG, ethanol, hidrogen cair dan bahan bakar alternatif lain.
energyboom.com
fastcompany.com
carstations.com
……
commons.wikimedia.org
……
……
……
……
……
……
ev-chargeamerica.com
……
……
solarfeeds.com
……
greentechnolog.com
Electric vehicle charging station yang dipasang pada halaman parkir ataupun di gedung parkir Mal, jadi saat berbelanja di Mal, mobil listrik bisa sambil diisi batere.
oregon-alivemag.com
news.directindustry.com
inhabitat.com
inhabitat.com
treehugger.com
inhabitat.com
directindustry.com
……
blog.cleantechies.com
siemens.com
mnn.com
oregonlive.com
Ada juga electric vehicle charging station yang secara jelas terlihat digabung dengan solar panel pada bagian atap bangunan, jadi menggunakan energi matahari untuk menghasilkan listrik seperti pada foto-foto berikut ini.
wired.com
GM has a plan to install solar powered EV charging stations across the country, and its first has been developed at Al Serra Auto Plaza in Grand Blanc, Michigan. The concept is simple enough: develop charging stations at dealerships that sell the Chevy Volt, that way buyers of the hot new electric car can rest assured that there will be at least one charging station in town right when they buy. GM is looking to install the solar powered charging stations at the more than 2,000 dealerships currently selling the Chevy Volt. http://www.energydigital.com
……
in.reuters.com
Florida has sunshine, and drivers of electric cars and plug-in hybrids need a fuel source, so entrepreneurs linked solar power to charging stations. WattNext’s prototype of a RubeStation in Eustis, Fla., is an electric-car-charging station powered by solar panels on the shelter’s roof. The cost to erect the station was $30,000; the 3-year-old Florida company is working on developing a cheaper version. bisonenergypartners.com
……
Canopy Electric Vehicle Charging Station, Portland, Oregon. Located in the parking lot of the Portland Development Commission, the solar canopy can cover and charge two electric vehicles.  The Energy Transfer Merchant charging station has been developed by EV4 Oregon. solarworld-usa.com
Pada foto diatas, kanopi berfungsi ganda selain sebagai atap juga untuk menyerap sinar matahari melalui solar panel yang ada di atas atap. Dalam waktu yang bersamaan dua mobil listrik dapat melakukan penyetruman batere.
……
Solar City is tapping a young new market: electric vehicle (EV) charging stations.  The company will offer both home and commercial solar-powered EV chargers, promising lower costs than buying from the grid.  The chargers will be compatible with any electric vehicle currently on the market.
energydigital.com
……
With gas at more than three dollars a gallon and more people concerned about global warming, electric vehicles have found a new surge of popularity. The major hurdle for electric cars is that the infrastructure to support them doesn’t exist yet. Honda is one of the companies trying to change that, as they have begun trial testing an electric vehicle charging station that is powered by solar energy. news.discovery.com / photo: ubergizmo.com
……
GM reveals electric car charging infrastructure plans using new, sleekly designed “solar trees”. GM unveiled its new solar tree technology this week at its plant in Warren, Mich., reaffirming the company’s commitment to renewable energy and electric vehicle deployment. With built-in solar tracking technology, energy from the sun can be maximized into a massive structure, balancing on just one column. These advantages allow the newly developed charging stations to fully charge and shade six vehicles a day. http://www.energydigital.com /  photo : GM authority
……
Neville Mars’s dreamy design, appropriately dubbed the Solar Forest, large, leaf-shaped photovoltaic panels on branching “trees” will provide both shade and power-up plugs for electric cars relaxing on the parking lot underneath. Mars assured Mike Chino of Inhabitat.com that the leafy canopy design was not a goal, but the best solution to maximizing shade for the cars and sunlight for the PV panels. —- worldchanging.com
……
……
……

 
 

Beberapa hari belakangan ini ramai berita di media mengenai menteri BUMN yang juga mantan dirut PLN pak Dahlan Iskan menyebut ada 10 oknum anggota DPR yang suka minta jatah dari perusahaan-perusahaan BUMN, dan inisial nama-nama anggota DPR itupun sudah beredar di media.

Sore hari 31 Oktober 2012 pada interview di TV-One dengan narasumber lain pak Effendi Simbolon dan pak Ichsanudin Noorsy, tampilan pak Dahlan Iskan diiringi oleh video pabrik pembangkit listrik antara lain ada bagian semacam pipa berwarna hijau, dan juga mobil listrik berwarna hijau.

Warna hijau itu seperti terkait hijau pada desain lukisan “Drive Electric”, sehingga akupun berpikir mungkin juga pak Dahlan Iskan mempertanyakan apakah ide desain lukisan itu terinspirasi juga oleh mobil listrik berwarna hijau karya seorang warga Depok yang pernah dikemudikan pak Dahlan Iskan beberapa bulan lalu.

Untuk ini aku perlu jelaskan lagi mengenai mobil listrik pada ide lukisan  “Drive Electric” itu. Sebagian penjelasan sudah pernah aku muat di surat “Ide Lukisan Drive Electric“. Yaitu setelah aku membuat lukisan “Rahma Birthday 2010″ menjelang ulang tahun kamu 7 April 2010, lalu satu tahun kemudian pada 6 April 2011 muncul foto Bill Gates saat berkunjung ke Berlin dengan posisi jari pada tangan kiri menyerupai jari tangan kanan kamu di lukisan ulang tahun kamu itu.

Melihat respon langka dari Bill Gates itu, semula aku sudah ingin segera membuat lukisan baru dengan menyandingkan kamu berdasarkan lukisan ulang tahun kamu itu dan Bill Gates dengan posisi respon tangan itu. Tapi aku pikir masih ada yang kurang yang harus ditambahkan pada lukisan itu, namun belum tahu apa yang kurang itu sehingga aku tunda dulu ide lukisan baru itu.

Kemudian ……….. nah, soal ini yang belum aku jelaskan di surat “Ide Lukisan Drive Electric“, setelah kemenangan Jokowi – Ahok pada Pilkada DKI Putaran Kedua 20 September 2012, muncullah ide untuk menambahkan stasiun penyetruman batere mobil listrik ditengah-tengah diantara kamu dan Bill Gates.

Apa sebab kemenangan Jokowi – Ahok pada Pilkada DKI Putaran Kedua 20 September 2012 itu ikut menginspirasi ide lukisan “Drive Electric”. Karena seperti yang pernah aku jelaskan di surat “Pilkada DKI 2012 Dan Persoalan Kita“, pada akhir tahun 1982 aku pindah rumah dari jalan Sukabumi Jakarta Pusat ke jalan Limo dekat Permata Hijau Jakarta Selatan. Beberapa bulan kemudian pada awal 1983 aku mendapat pekerjaan di PT Tunas Tasik milik pak Handoko Wijaya yang biasa dipanggil dengan sebutan Ahok oleh anak buah beliau.

Pak Handoko Wijaya atau Ahok itu adalah anak dari pengusaha yang mendirikan pabrik aki PT GS Battery di Indonesia dengan lisensi dari Jepang. Pabrik aki PT GS Battery itu mengingatkan aku pada mobil listrik, yang mengandalkan tenaga batere untuk menggerakkan roda.

Sedangkan pak Jokowi dikenal pula dengan soal mobil, yaitu karena beliau mendukung produksi mobil anak-anak SMK Solo, bahkan ketika akan diuji emisi untuk pertama kali di Jakarta pada bulan Februari 2012 pak Jokowi yang mengemudikan sendiri mobil SMK itu dari Solo ke Jakarta.

Kedua hal ini, yaitu pak Handoko Wijaya yang dipanggil dengan nama Ahok dan anak dari pendiri pabrik aki PT GS Battery yang mengingatkan aku pada mobil listrik karena mobil listrik mengandalkan tenaga batere untuk menggerakkan roda, dan pak Jokowi yang merupakan pendukung kuat dari produksi mobil siswa-siswa SMK Solo, menjadi inspirasi kuat untuk aku menambahkan soal mobil listrik diantara kamu dan Bill Gates pada ide lukisan yang kemudian diberi judul “Drive Electric” itu.

Karena dari berbagai foto terkait mobil listrik, yang tampak unik adalah salah satu bentuk stasiun penyetruman batere mobil listrik dari perusahaan Portland General Electric, maka stasiun  penyetruman batere itulah yang aku pasang di bagian tengah lukisan itu. Sebab kalau yang aku muat di tengah adalah mobil listrik, mungkin kurang tampak unik. Kalaupun ada mobil listrik juga di lukisan itu, aku buat berupa foto pada brosur di tangan kamu yaitu mobil Volvo Electric.

Seperti yang pernah aku ungkapkan di surat “Mobil Listrik Jaman Sekarang“, kalau penyetruman mobil listrik dilakukan di rumah melalui stop kontak yang ada pada rumah-rumah secara umum, dibutuhkan waktu sekitar 7 jam untuk mengisi penuh batere pada mobil listrik. Sedangkan kalau melalui  electric vehicle charging station yang secara umum menggunakan sistim quick charging, cuma dibutuhkan sekitar 30 menit untuk mengisi penuh batere pada mobil listrik.

Saat ini jumlah pembelian mobil baru oleh masyarakat Indonesia terus meningkat, padahal kita sudah menjadi net-importer dari BBM sebab produksi minyak mentah kita cuma sekitar 800 ribu barrel per hari sedangkan kebutuhan Indonesia per hari adalah 3 juta barrel ekuivalen.

Seperti diungkapkan oleh wamen ESDM pak Rudi Rubiandini dalam interview mengenai energi panas bumi Indonesia di Metro TV 31 Oktober 2012 yang lalu, kebutuhan energi Indonesia akan meningkat terus dari kebutuhan sekarang yang per hari sekitar 3 juta barrel ekuivalen, menjadi sekitar 8,5 juta barrel ekuivalen pada tahun 2025.

Mungkin perlu mulai dipertimbangkan Mobil Listrik sebagai alternatif, selain alternatif lain yang ada seperti mobil dengan BBG, ethanol, hidrogen cair dan bahan bakar alternatif lain.

 

Jakarta,  2 November  2012.
wassalam,

 
 

a.m. firmansyah
sms 0812 183 1538

 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: