AB627. Design Mobil EcoMotors Yang Mirip Nissan Leaf, Dan Rahma Hibrida

 
 

Rahma Sarita: assalamualaikum wr wb

HAL:  Design Mobil EcoMotors Yang Mirip Nissan Leaf, Dan Rahma Hibrida

 

…..
…..
…..
…..
…..
…..
design mobil yang memenangkan juara pertama
Nissan Leaf yang pernah aku muat di suratku tanggal 1 Oktober 2012, “Mobil Listrik Jaman Sekarang“. foto: caranddriver.com
Para pemenang sayembara Ecomotors yang diumumkan akhir November 2012, dan dimuat pada video di situs GatesNotes ditampilkan dalam bentuk layar video dibagi tiga, sehingga seperti desain lukisan “Drive Electric” yang aku buat akhir September 2012.
Juga pada video itu para pemenang sayembara memegang foto desain mobil karya masing-masing, sehingga seperti kamu yang pada lukisan aku buat sedang memegang foto mobil listrik sebagaimana terlihat di bawah ini.
……
Toyota Prius 2012, mobil Hibrida dimana kedua sumber penggerak baik mesin bensin maupun motor listrik dapat menggerakkan roda.
foto: caranddriver.com
Chevrolet Volt 2011, mobil Hibrida juga tapi tidak kedua sumber penggerak dapat langsung menggerakkan roda, cuma motor listrik saja yang dapat menggerakkan roda. Sedangkan mesin bensin pada Chevrolet Volt 2011 ini berfungsi sebagai generator listrik, kurang lebih seperti generator listrik yang biasa ditemukan di rumah atau kantor kalau sedang listrik PLN padam, seperti foto-foto generator listrik dibawah ini.
Generator listrik merk Yanmar, menghasilkan tenaga listrik 5500 watt, dengan bahan bakar bensin solar. foto: usyanmar.com
Generator listrik merk Honda, menghasilkan listrik 14000 watt dari mesin 688 cc dengan bahan bakar bensin. foto: generatorsales.com
…..
Rahma Sarita pada Ada Apa Berita di Jak-TV tanggal 25 Desember 2012, sempat berganti blus. Sekitar jam 18.30 sampai jam 20.00 mengenakan blus ungu, kemudian dari jam 20.00 sampai 21.00 menghilang, lalu pada jam 21.00 muncul lagi dengan sudah berganti jadi blus merah. Sehingga seperti merupakan Rahma Hibrida.
…..
…..
…..

 

Awal Desember 2012 yang lalu pada Twitter Bill Gates disebutkan mengenai para pemenang sayembara desain mobil yang diadakan oleh EcoMotors, perusahaan milik Bill Gates dan Vinod Koshla pendiri Sun Microsystem. Yaitu pemenang pertama adalah Brian Malczewski dari CCS, dan pemenang kedua Bruno Gallardo serta pemenang ketiga JJ Hwang keduanya dari Art Center.

EcoMotors dimiliki oleh Bill Gates sejak tahun 2008 dan telah mengembangkan mesin baru bernama Opoc Engine yang menggunakan dobel piston, dan disebut sebagai mesin yang lebih hemat tempat, lebih sedikit bagian yang bergerak, serta lebih efisien.

Sayembara desain mobil itu bukan main-mainan, sebab menyandang tema “Reshaping the Future”, yang kurang lebih berarti membentuk kembali masa depan, Bill Gates ingin ikut berkontribusi pada kendaraan masa depan. Diluncurkan pada awal tahun ini yaitu pada 24 Januari 2012, sayembara itu bekerjasama dengan Art Center College of Design di Pasadena dan the College for Creative Studies (CCS) di Detroit. Peserta sayembara adalah para siswa dari kedua sekolah desain itu, dengan kriteria membuat desain mobil yang menggunakan mesin Opoc yang diproduksi oleh Ecomotors.

Para juri terdiri dari Jack Telnack pensiunan Global Vice President of Design dari Ford Motor Company, Wayne Cherry dari General Motors, dan Tom Gale dari Chrysler.

Sesuai rencana, pengumuman pemenang dilakukan pada 28 November 2012 bersamaan dengan LA Auto Show, pameran mobil di Los Angeles. Dan ternyata pemenang pertama adalah mobil dengan model yang sepintas lalu mirip Nissan Leaf, sehingga menimbulkan kesan seolah dewan juri seperti terinspirasi oleh suratku tanggal 1 Oktober 2012, “Mobil Listrik Jaman Sekarang“, yang juga memuat Nissan Leaf. Kesan ini diperkuat dengan kamera mengarah ke mobil formula Nissan pada video mengenai pemenang sayembara ini yang dimuat di situs GatesNotes awal Desember 2012 yang lalu.

Desain mobil pemenang pertama karya Brian Malczewski dari CCS itu merupakan mobil hibrida, menggabungkan mesin Opoc dari EcoMotors dan motor listrik seperti yang terdapat pada mobil listrik. Istilah mesin tidak digunakan pada mobil listrik, melainkan digunakan istilah motor listrik.

Mobil-mobil Hibrida, meskipun sama-sama menggunakan nama Hibrida, tapi sistim yang diterapkan berbeda. Misalkan antara hibrida pada Toyota Prius, beda dengan hibrida pada Chevrolet Volt. Pada Toyota Prius, saat mobil dihidupkan yang langsung bekerja adalah mesin bensin seperti pada mobil bensin biasa. Lalu setelah mencapai kecepatan tertentu sekitar 35 km/jam, baru berubah ke motor listrik. Itupun pada saat tertentu mesin bensin pada Toyota Prius akan digunakan kembali saat diperlukan. Dengan kata lain baik mesin bensin maupun motor listrik dapat menggerakkan roda.

Sedangkan pada Chevrolet Volt, saat mobil dihidupkan langsung motor listrik yang bekerja. Setelah mencapai jarak tertentu, sekitar 115 km, dan isi batere motor listrik sudah tinggal sedikit, baru kemudian mesin bensin yang bekerja. Itupun, mesin bensin pada Chevrolet Volt tidak langsung menggerakkan roda seperti pada mobil biasa, melainkan berfungsi sebagai generator listrik dimana listrik yang dihasilkan akan menggerakkan motor listrik untuk menggerakkan roda. Karena itu pihak Chevrolet menyebut Chevrolet Volt sebagai  “extended-range electric vehicle”.

Jadi mesin bensin pada Chevrolet Volt itu berfungsi kurang lebih seperti generator untuk menghasilkan listrik yang sering ditemui di rumah atau kantor kalau listrik lagi padam.

Ini menimbulkan pertanyaan pada pemilik Chevrolet Volt, bagaimana kalau pemilik Chevrolet Volt rajin menyetrum batere tanpa menunggu sampai secara otomatis penggerak mobil itu beralih ke mesin bensin. Misalkan mereka yang kalau bepergian tidak terlalu jauh, sehingga sebelum penggerak mobil itu otomatis beralih ke mesin bensin, dia sudah menghentikan mobil dan menyetrum batere. Berarti mesin bensin pada mobil itu jadi jarang digunakan.

Untuk ini pabrik Chevrolet Volt menganjurkan pemilik mobil yang seperti ini, yang sebelum penggerak beralih dari motor listrik ke mesin bensin dia sudah menghentikan mobil dan menyetrum batere, agar minimal setiap satu tahun sekali menghidupkan mesin bensin yang ada pada Chevrolet Volt untuk mencegah kerusakan pada mesin bensin.

Seperti diungkapkan pada artikel “2011 Chevrolet Volt Full Test” di situs Car and Driver, tertulis disitu “………….If charged sufficiently, it can operate continuously, at any speed, as an EV, without ever needing to switch on the gas engine”. EV disini singkatan dari Electric Vehicle, dan gas engine adalah mesin bensin, dimana kata gas adalah dari kata bahasa Inggris gasoline yang berarti bensin.

Disebutkan pula “………. after six weeks of electric-only operation, the Volt will start to ask the driver via the instrument panel if it’s okay to switch on the gas engine for a bit to keep it fresh. And the Volt makes sure to burn through a tank of fuel each year to ensure it never gets stale”.

Pemenang pada sayembara desain mobil EcoMotors itu juga menggunakan sistim seperti pada Chevrolet Volt itu, yaitu menggabungkan mesin bensin Opoc yang difungsikan sebagai generator penghasil listrik untuk menggerakkan motor listrik pada mobil itu. Tapi kita tidak tahu sistim yang manakah yang kelak akan lebih diterima di pasar, apakah sistim seperti pada Toyota Prius atau seperti yang ada pada Chevrolet Volt.

Atau mungkin juga mobil Hibrida akan merupakan transisi saja menuju mobil full-electric. Yaitu karena masih khawatir belum banyak stasiun pengisian batere untuk mobil listrik. Kalau dibandingkan dengan SPBU untuk isi bensin, stasiun pengisian batere untuk mobil listrik lebih sederhana karena cuma berupa semacam tiang setinggi satu meter lebih sedikit.

Seperti yang aku muat di “Soal Inspirasi Mobil Listrik Untuk Lukisan Drive Electric“, tiang-tiang untuk pengisian batere mobil listrik dapat dipasang di halaman kantor, halaman gedung pertokoan maupun Mal, halaman restoran, halaman toko, halaman supermarket, halaman hotel/losmen, ataupun di dalam gedung-gedung parkir, dan dapat dijaga oleh tukang parkir atau pedagang kaki lima atau satpam.

Pada video yang ada di GatesNotes, setiap pemenang dari yang ketiga sampai yang pertama di sayembara itu ditampilkan dalam bentuk pembagian layar video jadi tiga, sehingga tampak seperti lukisan “Drive Electric”. Sebagian besar surat ini aku tulis pada siang hari 25 Desember 2012, dan beberapa jam kemudian pada malam hari kamu muncul dengan dua baju yang berbeda. Pada sekitar jam 19.00 kamu muncul dengan blus ungu, lalu pada jam 20.00 kamu menghilang selama satu jam, dan pada sekitar jam 21.00 kamu muncul lagi tapi dengan blus yang berbeda yaitu berwarna merah. Sehingga seperti “Rahma Hibrida”.

 
 

Jakarta,  26 Desember 2012.
wassalam,

 
 

a.m. firmansyah
sms 0812 183 1538

 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: