AB717. Colin Firth Soal Belajar Pidato Dan Ditembak Mati

 
 

Rahma Sarita: assalamualaikum wr wb

HAL:  Colin Firth Soal Belajar Pidato Dan Ditembak Mati

 

 ……
 ……
wikipedia
 ……
 ……
imdb.com
King George VI   –  wikipedia
 ……
imdb.com
imdb.com
 ……
83rd Academy Awards – 2011 Christian Bale, Natalie Portman, Melissa Leo, and Colin Firth share a winning moment in the press room.
83rd Academy Awards – 2011 Colin Firth won Best Actor for THE KING’S SPEECH.
 ……
 ……
imdb.com
 ……
 ……
 ……
 ……
 ……
 ……
 ……
 ……
 ……
 ……
wikipedia
 ……
 ……
 ……

 

Tanggal 19 November 2013 Bill Gates memuat kisah soal bagaimana waktu kecil dia menghafal pidato dari presiden Abraham Lincoln yang dikenal sebagai pidato Gettysburg Address, pidato yang dianggap sebagai “one of the best-known speeches in United States history” dan juga “regarded as one of the greatest speeches in American history”. Pidato itu diucapkan oleh presiden Abraham Lincoln pada 19 November 1863.

Dan pidato itu dimulai dengan kata-kata yang disebut sebagai “now-iconic phrase” yaitu : “Four score and seven years ago,” dimana kata “score” adalah kelipatan duapuluh, jadi yang dimaksud oleh presiden Lincoln adalah 4 x 20 dan 7, yaitu 87 tahun sebelum tahun 1863, yaitu 1776, tahun dari hari kemerdekaan AS, Independence Day.

Dalam rangka peringatan 150 tahun pidato bersejarah  Gettysburg Address  itu, seorang pembuat film yang bernama Ken Burns membuka situs di “http://www.learntheaddress.org/#bgtw” yang berisi kumpulan video dari para tokoh yang membacakan kembali pidato Gettysburg Address  itu. Para tokoh itu antara lain presiden Obama dan beberapa mantan presiden AS lain, seperti George W Bush, Bill Clinton, Jimmy Carter. Juga sudah ada video pidato itu oleh Bill Gates, dan bahkan komedian Stephen Colbert juga ada. Masyarakat dipersilahkan pula untuk membuat video saat membacakan pidato itu, untuk dimuat di situs tersebut.

Menarik juga untuk aku ikut buat video itu, sebab awal pidato itu yang disebut “now-iconic phrase: Four score and seven years ago,” memuat kata “four” yang seperti terkait namaku Firman yang dalam bahasa Jerman atau Belanda kata “fir” berarti empat atau “four”.

Menjadi semakin menarik karena pada 23 November 2013 malam sekitar jam setengah delapan, ada film di HBO Hits yang aku nggak lihat dari awal, berjudul “Tinker Tailor Soldier Spy”, dibintangi oleh Colin Firth. Mungkin kamu masih ingat, Colin Firth pernah mendapat Oscar untuk aktor terbaik pada tahun 2011 untuk peran dia di film “The King’s Speech”, film mengenai raja Inggris King George VI yang semula tidak diperkirakan akan jadi raja, apalagi dia juga ada penyakit gagap sehingga susah kalau harus pidato.

Namun kemudian ketika sang kakak yang harusnya jadi Raja, tidak bersedia karena lebih suka menikah dengan perempuan dari kalangan biasa, maka mau tak mau Prince Albert yang menggantikan dan berganti nama jadi King Geroge VI. Dan penyakit gagap itu, dengan kemauan dan semangat yang tinggi berhasil disembuhkan dengan bantuan orang-orang yang dipilih.

Sedangkan dalam film “Tinker Tailor Soldier Spy”, Colin Firth berperan sebagai agen rahasia Inggris MI-6 pada jaman tahun 70-an, yang kemudian berkhianat dengan menjadi agen ganda untuk Uni Sovyet, sehingga tidak ada pilihan lain kecuali dia harus ditembak mati. Adegan tembak mati itu digarap sangat baik dalam film itu, diawali Colin Firth yang berperan sebagai Bill Haydon berdiskusi dengan pimpinan dia yang sudah berhasil mengetahui bahwa dia telah berkhianat menjadi agen ganda. Bill Haydon titip dua amplop uang untuk anak perempuan dan teman lelaki anak dia, dan siap menjalani hukuman.

Lalu pindah ke adegan dia memasuki cafe, membawa dua gelas, melihat ke seorang laki-laki yang sedang duduk di pojok dan memberi senyum. Adegan berpindah lagi, ke halaman sebuah rumah, Colin Firth alias  Bill Haydon sedang berdiri di balik pagar kawat melihat ke luar. Dari kejauhan nampak seseorang berjalan di antara pepohonan,  Bill Haydon menatap ke orang itu dari kejauhan, orang itu adalah yang baru dia lihat di cafe. Kemudian orang itu mengeluarkan sebuah senapan jarak jauh, lengkap dengan teleskop, dan diarahkan ke Collin Firth yang tetap berdiri tegak. Senjata dikokang, kamera mengarah ke wajah Colin Firth yang tampak tegang, dan kepala dia tiba-tiba terhentak, sesuatu nampak muncrat dari belakang kepala dia, tapi dia tetap dalam posisi tegak, dan di bawah mata kiri dia terlihat ada sebuah lubang peluru, darah mengalir pelan dari lubang itu, dan dia jatuh tertelungkup.

Semula aku pikir ini seperti isyarat dari langit, bahwa aku harus membacakan pidato Gettysburg Address itu juga dan dimuat di situs “http://www.learntheaddress.org/#bgtw” bersama rekaman video lain seperti yang oleh presiden Obama, Bill Clinton, Jimmy Carter, Geogre W Bush, Bill Gates, Stephen Colbert, sehingga seperti Collin Firth dalam film “King’s Speech”, dan mungkin kemudian aku juga akan ditembak mati seperti Colin Firth dalam film “Tinker Tailor Soldier Spy” itu oleh pihak yang mengkhawatirkan aku ikut jadi capres pada 2014.

Mungkin ada pihak yang menganggap skenario seperti ini dianggap lebih terhormat dibandingkan kalau aku ketemu ajal saat pergi melakukan perjalanan ke luar.

Namun pada 24 November 2013 setelah tulis surat ini dan bersiap untuk baca pidato itu untuk direkam di laptop siang menjelang sore, langit mendung, tidak turun hujan, akan tetapi pada saat-saat tertentu petir menyambar cukup keras, sehingga aku tidak hidupkan laptop khawatir kena petir. Kemudian pada 29 November 2013 waktu surat ini sudah hampir selesai, terjadi lagi seperti itu.

Seperti isyarat dari langit bahwa jalur seperti itu lebih baik aku hindari, dan lebih baik aku ketemu ajal sesuai yang aku sering ungkapkan yaitu melakukan perjalanan-perjalanan ke berbagai tempat di dunia untuk kemudian ketemu ajal di laut. Sehingga kuburanku di laut yang dalam, jadi terhindar dari dijadikan tempat pesugihan.

 
 

Jakarta,  30 November 2013.
wassalam,

 
 

a.m. firmansyah
sms +62812 183 1538

 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: