AB882. Memuat Foto Mumi Mesir Di Facebook Lalu Pesawat Rusia Jatuh Di Mesir 224 Orang Tewas

 
 

Rahma Sarita: assalamualaikum wr wb

HAL: Memuat Foto Mumi Mesir Di Facebook
Lalu Pesawat Rusia Jatuh Di Mesir 224 Orang Tewas

 
 

 
 
Tanggal 27 Oktober 2015 aku memuat foto mumi Firaun Mesir di Facebook, foto itu aku dapat dari email National Geographic yang pada saat-saat tertentu kirim email mengenai berbagai soal geografi di dunia, kepada yang memang mau berlangganan gratis newsletter dari National Geographic. Komentar yang aku sertakan adalah “kenang-kenangan pasfoto jaman dulu waktu di SMA Piramida Filial status disamakan”.
 
Dan 4 hari kemudian pada Sabtu 31 Oktober 2015, muncul berita mengenai telah terjadi kecelakaan pesawat terbang Airbus A321-200, pesawat carteran Metrojet yang dioperasikan oleh Kogalymavia sebuah perusahaan penerbangan Rusia, di atas wilayah Sinai di Mesir dengan 224 orang yang berada di dalam termasuk 7 awak pesawat semua tewas.
 
Russian plane crash:

Airbus A321 goes down

in Egypt with 224

people on board

independent.co.uk –
Saturday 31 October 2015
 
The Airbus A-321, which belongs to the airline Kogalymavia, took off from Sharm el-Sheikh and was due to land in St Petersburg, Russia. The Egyptian Prime Minister has confirmed the crash and formed a cabinet level crisis committee to deal with the crash. Egyptian security sources say there is no indication the plane was shot down. The majority of the passengers are said to be Russian tourists, latest reports say the plane was carrying 217 passengers and seven crew. According to FlightRader, flight 7K 9268 was descending before signal was lost. The plane reportedly disappeared from radar screens 23 minutes after taking off.
 
independent.co.uk
 
05:58 Egyptian time (03:58 GMT): flight leaves Sharm el-Sheikh, the Egyptian cabinet says in a statement

06:14 Egyptian time (04:14 GMT): plane fails to make scheduled contact with air traffic control based in Larnaca, Cyprus, according to Sergei Izdolsky, an official with Russia’s air transport agency.

06:17 Egyptian time, approx (04:17 GMT): plane comes down over the Sinai peninsula, according to Airbus

11:12 Egyptian time (09:12 GMT): flight had been due to land in St Petersburg’s Pulkovo airport

Egypt’s civilian aviation ministry said the plane had been at an altitude of 9,450m (31,000ft) when it disappeared.

Egyptian officials said 214 of the passengers were Russian and three Ukrainian.

Russian authorities say the plane was carrying 217 passengers, 138 of them women and 17 children aged between 2 and 17. Most were tourists. There were seven crew on board.

source: bbc – 31 October 2015

 
bbc / reuters
Kogalymavia airline
Also known as KolAvia. Founded in 1993.
Carried out regular and charter flights to other parts of Russia from the western Siberian towns of Kogalym and Surgut, and helicopter flights for the oil and gas industry.
Rebranded as Metrojet in 2012.
After takeover by tourism company TH&C in 2013, began flights to international destinations popular with Russian holiday-makers.
Currently has fleet of seven Airbus-321s and two Airbus-320s.
source: bbc – 31 October 2015
 
 
new york times
 
Air traffic control recordings don’t show any distress calls, Egyptian Civil Aviation Minister Hossam Kamel said at a news conference. “There was nothing abnormal before the plane crash,” he said. “It suddenly disappeared from the radar.
cnn – 0047 GMT (0847 HKT) November 2, 2015
 
 
Questions swirl over Russian

plane crash in Sinai

that killed all 224 aboard

cnn – 0047 GMT (0847 HKT) November 2, 2015
 
A Russian passenger jet broke into pieces in midair, a top aviation official said Sunday, but he said it was too soon to say what could have caused the crash in Egypt’s Sinai Peninsula. The plane crash Saturday morning killed all 224 people aboard Kogalymavia Flight 9268 and left debris strewn across a remote area of a region plagued by a violent Islamic insurgency. “Disintegration of the fuselage took place in the air, and the fragments are scattered around a large area (about 20 square kilometers),” Viktor Sorochenko, executive director of Russia’s Interstate Aviation Committee, told journalists, according to reports.  
 
The Russian flag was at half-staff over the senate building in Moscow on Sunday to commemorate the 224 victims.       new york times / AP / Pavel Golovkin – NOV. 1, 2015
 
A Russian airliner has crashed in central Sinai killing all 224 people on board, Egyptian officials have said. The Airbus A-321 had just left the Red Sea resort of Sharm el-Sheikh, bound for the Russian city of St Petersburg. Wreckage was found in the Hasana area and bodies removed, along with the plane’s “black box”. An official described a “tragic scene” with bodies of victims still strapped to seats. Egypt’s prime minister said no “irregular” activities were to blame.     bbc – 31 October 2015
 
A Russian airliner which crashed in Egypt’s Sinai peninsula, killing all 224 people on board, broke up in mid-air, a Russian official says. Victor Sorochenko, the head of Russia’s Interstate Aviation Committee, said it was too early to conclude what caused the crash on Saturday. He told reporters debris was found across a 20sq km-wide area of Sinai. So far 163 bodies have been found. Russia observed a day of mourning on Sunday after its worst air disaster.      bbc – 2 November 2015
 
cnn – 0047 GMT (0847 HKT)
November 2, 2015
 
cnn – 0047 GMT (0847 HKT)
November 2, 2015
 
cnn – 0047 GMT (0847 HKT)
November 2, 2015
 
cnn – 0047 GMT (0847 HKT)
November 2, 2015
 
 

Sebetulnya foto Raisa pada tweet itu adalah seperti ini, tapi karena memanjang ke bawah jadi sebagaimana biasa kalau di Twitter foto yang memanjang ke bawah semacam itu akan muncul sebagian saja sesuai spasi yang ada yang memanjang ke samping. Baru setelah diklik di ujung atas kanan, akan muncul utuh seperti ini.
Tweet Raisa pada 1 November 2015 jam 5.21 AM pagi hari memuat dua kata “Flying Solo”, seperti respon kepada kecelakaan pesawat Rusia satu hari sebelum itu pada 31 Oktober 2015 di Mesir yang menewaskan 224 orang. Sehingga dua kata “Flying Solo” itu seperti isyarat agar aku cukup terbang sendirian saja, flying solo, kalau akan memenuhi janji ketemu ajal saat naik pesawat yang jatuh ke laut dalam. Dan wajar kalau Raisa merasa bekepentingan memberi respon seperti itu, sebab nama Raisa mengingatkan pada Raisa Gorbachev, istri presiden Uni Sovyet tahun 1990-91 Mikhail Gorbachev, yang sebelum menjadi presiden lebih dulu menjadi sekjen partai komunis Uni Sovyet tahun 1985 sampai 1991. Mikhail Gorbachev terkenal sebagai pemimpin yang membawa pembaruan dalam negeri Uni Sovyet, Perestroika dan Glasnost, dimana Uni Sovyet menjadi lebih terbuka dan demokratis, sebelum kemudian negara Uni Sovyet bubar pada tahun 1991 dan antara lain yang tersisa adalah negara Rusia.
 
Mikhail and Raisa Gorbachev.     telegraph.co.uk / Photo: Rex Features Raisa Gorbachev merupakan the first and the last First Lady of Soviet Union, karena sebelum sang suami jadi presiden, kepala pemerintahan Uni Soviet dipegang oleh sekjen Partai Komunis, bukan presiden. Baru pada 15 Maret 1990 ada presiden pertama Uni Soviet yaitu Mikhail Gorbachev, namun itupun cuma sampai 25 Desember 1991 karena kemudian negara Uni Soviet bubar.
 
 
Sedangkan tweet Senk Lotta pada 1 November 2015 jam 6.39 PM malam hari, sekitar satu hari juga setelah kecelakaan pesawat Rusia 31 Oktober 2015 di Mesir itu,  berupa kegiatan Senk Lotta di Jakarta Music Festival 2015 di Ancol Beach City. Seperti memuat isyarat juga agar kalau aku memenuhi janji ketemu ajal saat naik pesawat kecil, lebih baik jangan di darat karena berisiko membahayakan orang-orang lain, lebih baik di laut dalam saja sesuai janjiku. Meskipun berasal dari Uzbekistan, tapi Senk Lotta suka bicara bahasa Rusia juga. Karena memang dulu Uzbekistan adalah bagian dari negara Uni Sovyet yang berbahasa Rusia. Antara lain pernah dalam sebuah episode di acara Indonesia Banget RTV, waktu dalam perjalanan jauh di mobil, Senk Lotta menggoda seorang kru RTV dengan menyodorkan earpiece HP dia dan mengatakan ini enak nih lagu Rusia. Juga pada saat ketemu penulis Andre Hirata di Belitung, Senk Lotta menanyakan apakah buku-buku Andre Hirata sudah diterjemahkan juga ke bahasa Rusia, yang dijawab belum.
Senk Lotta pernah menjadi istri dari Fauzi Baadilah, bintang film yang suka jadi host acara TV juga, selama tiga tahun dari 23 Januari 2007 sampai kemudian keputusan pengadilan mengesahkan perceraian pada 27 Januari 2010, sedangkan nama Fauzi Baadilah mirip nama kakakku Fessy yang waktu kecil bernama Fauzia. Setelah kemudian pada tahun 2012 pak Fauzi Bowo berhasil dikalahkan oleh pak Jokowi dalam perebutan kursi gubernur DKI Jakarta, dan sekarang pak Jokowi sudah jadi presiden sejak tahun  2014, tentu wajar kalau Senk Lotta merasa berkewajiban bantu aku agar berhasil mewujudkan rencanaku ketemu ajal saat naik pesawat kecil yang jatuh di laut dalam.
Fauzi Baadilah dan Senk Lotta di TMII, Jumat (05/06/09).     kapanlagi.com – Sabtu, 06 Juni 2009    17:45
Ini foto di Instagram dimuat bersamaan tweet 25 Oktober 2015 saat Senk Lotta menjadi peragawati di Jakarta Fashion Week 24-30 Oktober 2015, memakai baju pengantin dengan ada seperti angka nol di kepala. Dan entah sengaja atau tidak, Lotta menempatkan foto itu dengan ada bagian lowong di samping, diantara foto dan kolom tulisan, ada bagian kosong putih. Seperti isyarat masih ada lowongan untuk menikah dengan dia dan lalu jadi kosong, ketemu ajal. Beberapa foto lain yang dia muat dari acara yang sama tidak dibiarkan bagian samping kosong, seperti dapat dilihat di bawah ini. Cuma foto yang berpakaian pengantin saja yang dia biarkan ada bagian kosong di samping dia, seperti diatas itu.
 
 
 

 
 

Tanggal 27 Oktober 2015 seperti biasa diantara email yang masuk ke inbox-ku di YahooMail, suka ada email dari National Geographic. Dan hari itu mengenai mummi Firaun di Mesir, ada foto yang cukup besar dan jelas. Sehingga aku jadi tertarik untuk memuat foto itu di Facebook, karena merupakan bagian penting dari sejarah manusia. Namun pada bagian kalimat, aku memuat yang tidak terlalu serius, yaitu “kenang-kenangan pasfoto jaman dulu waktu di SMA Piramida Filial status disamakan”. Istilah Filial suka digunakan oleh SMA tertentu yang memiliki arti semacam SMA cabang dari yang SMA utama, dalam arti memiliki nama sama tapi di tempat lain, sehingga diberi tambahan kata Filial.

Ternyata 4 hari kemudian pada Sabtu 31 Oktober 2015 muncul berita mengenai telah terjadi kecelakaan pesawat terbang Airbus A321-200 Metrojet, suatu maskapai penerbangan Rusia, di atas wilayah Sinai di Mesir dengan 224 orang berada di dalam termasuk 7 awak pesawat, dan semua tewas. Penumpang di dalam pesawat itu sebagian besar adalah wisatawan yang akan pulang kembali ke Rusia setelah berlibur di kota Sharm-El-Sheikh, kota tujuan wisata di Mesir yang menjadi favorit para turis Rusia. Rute pesawat adalah dari kota Sharm-El-Sheikh, Mesir, ke kota St. Petersburgh, Rusia. Pesawat itu merupakan pesawat carter bernama Metrojet yang dioperasikan oleh Kogalymavia, perusahaan Rusia.

Meskipun sempat muncul klaim dari ISIS bahwa pesawat itu terkena peluru kendali ISIS, namun sampai saat ini pihak yang berwenang belum menemukan penyebab pasti kecelakaan itu. Keraguan akan klaim semacam itu karena pesawat sedang dalam ketinggian jelajah, sekitar 31,000 kaki, dimana senjata para pasukan semacam itu cenderung tidak dapat mencapai ketinggian seperti itu. Dugaan kuat adalah pesawat patah dan hancur di ketinggian, dengan penyebab yang belum diketahui. Dari catatan yang ada, pesawat Airbus A321-200 itu sudah berusia 18 tahun, dan pernah dioperasikan oleh perusahaan Lebanon yang bernama Middle East Airlines, dan pada tahun 2001 pernah mengalami kerusakaan ketika bagian ekor pesawat membentur landasan saat mendarat di bandara Kairo, Mesir.

Jadi seperti terkait dengan aku, karena kecelakaan pesawat penumpang Rusia itu terjadi pada 31 Oktober 2015 di Mesir, 4 hari setelah aku memuat foto mumi Mesir di Facebook pada 27 Oktober 2015. Seperti terkait namaku Firman yang dalam bahasa Jerman atau Belanda kata “fir” berarti 4. Dan nama maskapai penerbangan itu adalah Metrojet, seperti terkait suratku “Lift Macet 1983 Dan 2015 Serta Seni Kepada Ajal Untuk Kebaikan Umat Manusia“, mengenai Paris Hilton mengalami lift macet pada 17 Oktober 2015 saat di Shanghai, yang mengingatkan aku pada pengalaman lift macet tahun 1983 waktu kerja di perusahaan bursa komoditi di gedung Metro Pasar Baru.

Data mengenai pesawat Metrojet yang sudah berusia 18 tahun itu juga menyebutkan pada tahun 2001 pesawat itu pernah mengalami kecelakaan bagian ekor membentur landasan saat mendarat di bandara Kairo Mesir. Tahun 2001 adalah tahun saat aku pertama kali ketemu kamu di kantor Metro TV. Sedangkan tanggal kejadian  31 Oktober 2015 dimana angka 31 kalau dijumlah menjadi 4 terkait namaku Firman yang dalam bahasa Jerman atau Belanda kata “fir” berarti 4, seperti isyarat agar aku memenuhi janjiku ketemu ajal saat naik pesawat kecil yang lalu jatuh ke laut dalam.

Tweet Raisa pada 1 November 2015 jam 5.21 AM pagi hari memuat dua kata “Flying Solo”, seperti respon kepada kecelakaan pesawat Rusia satu hari sebelum itu pada 31 Oktober 2015 di Mesir yang menewaskan 224 orang. Sehingga dua kata “Flying Solo” itu seperti isyarat agar aku cukup terbang sendirian saja, flying solo, kalau akan memenuhi janji ketemu ajal saat naik pesawat yang jatuh ke laut dalam. Dan wajar kalau Raisa merasa bekepentingan memberi respon seperti itu, sebab nama Raisa mengingatkan pada Raisa Gorbachev, istri presiden Uni Sovyet tahun 1990-91 Mikhail Gorbachev, yang sebelum menjadi presiden lebih dulu menjadi sekjen partai komunis Uni Sovyet tahun 1985 sampai 1991. Mikhail Gorbachev terkenal sebagai pemimpin yang membawa pembaruan dalam negeri Uni Sovyet, Perestroika dan Glasnost, dimana Uni Sovyet menjadi lebih terbuka dan demokratis, sebelum kemudian negara Uni Sovyet bubar pada tahun 1991 dan antara lain yang tersisa adalah negara Rusia.

Sedangkan tweet Senk Lotta pada 1 November 2015 jam 6.39 PM malam hari, sekitar satu hari juga setelah kecelakaan pesawat Rusia 31 Oktober 2015 di Mesir itu,  berupa kegiatan Senk Lotta di Jakarta Music Festival 2015 di Ancol Beach City. Seperti memuat isyarat juga agar kalau aku memenuhi janji ketemu ajal saat naik pesawat kecil, lebih baik jangan di darat karena berisiko membahayakan orang-orang lain, lebih baik di laut dalam saja sesuai janjiku. Meskipun berasal dari Uzbekistan, tapi Senk Lotta suka bicara bahasa Rusia juga. Karena memang dulu Uzbekistan adalah bagian dari negara Uni Sovyet yang berbahasa Rusia. Antara lain pernah dalam sebuah episode di acara Indonesia Banget RTV, waktu dalam perjalanan jauh di mobil, Senk Lotta menggoda seorang kru RTV dengan menyodorkan earpiece HP dia dan mengatakan ini enak nih lagu Rusia. Juga pada saat ketemu penulis Andre Hirata di Belitung, Senk Lotta menanyakan apakah buku-buku Andre Hirata sudah diterjemahkan juga ke bahasa Rusia, yang dijawab belum. Senk Lotta pernah menjadi istri dari Fauzi Baadilah selama tiga tahun dari 23 Januari 2007 sampai 27 Januari 2010, sedangkan nama Fauzi Baadilah mirip nama kakakku waktu kecil yaitu Fauzia. Setelah kemudian pada tahun 2012 pak Fauzi Bowo berhasil dikalahkan oleh pak Jokowi dalam perebutan kursi gubernur DKI, dan sekarang pak Jokowi sudah jadi presiden sejak tahun  2014, tentu wajar kalau Senk Lotta merasa berkewajiban bantu aku agar berhasil mewujudkan rencanaku ketemu ajal saat naik pesawat kecil yang jatuh di laut dalam.

 
 

Jakarta,  3 November 2015.
wassalam,

 
 

a.m. firmansyah
sms +62812 183 1538

 
 
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: