AB586. Pesan Bill Gates Memuat Zoran Popovic Dan Firas Khatib


Rahma Sarita: assalamualaikum wr wb

HAL:  Pesan Bill Gates Memuat Zoran Popovic Dan Firas Khatib


…….
…….
…….
…….
Pesan Twitter Bill Gates tersebut diatas memuat kode link “Puw3B2” menuju situs TED yang terdapat di ted.com, berupa video dari pembicara Zoran Popovic mengenai Game yang dimainkan secara masif dan on-line untuk memecahkan problem-problem ilmiah.
Ilustrasi animasi mengenai bagaimana menghimpun pemikiran dari puluhan ribu orang melalui Game on-line untuk memecahkan suatu persoalan. Perpaduan antara kumpulan otak manusia yang dimunculkan di sebelah kiri dan kumpulan komputer di sebelah kanan gambar tersebut diatas.
Jalur pembelajaran yang biasa adalah seperti grafis diatas, yaitu dengan mengumpulkan pengetahuan dan keahlian, diberi alat-alat pelajaran, dan diungkap kepada sekelompok orang untuk mendapatkan hasil.
Jalur pembelajaran melalui Game yang diikuti secara masif dan on-line adalah sekumpulan orang diberi struktur insentif berupa poin-poin pada Game itu, kemudian akan didapatkan pengetahuan dan keahlian, untuk menghasilkan penemuan-penemuan dan pendidikan lebih lanjut.
…….
…….
…….
……
……
Game of life: Foldit players can use different tools to interactively twist, jiggle and reshape proteins. dailymail.co.uk
One piece in the puzzle: Firas Khatib, a biochemist at the University of Washington, the institution which invented the game said it was a boost for citizen-science. dailymail.co.uk
……
arti kata “game” selain berarti permainan dapat juga berarti “suatu prosedur atau strategi untuk memperoleh akhir”.  sumber : m-w.com
……
……
……


Tanggal 31 Agustus 2012 sekitar jam 8 pagi waktu aku buka Twitter Bill Gates, ada pesan yang baru kurang lebih 8 jam dimuat oleh Bill Gates sebagaimana terlihat pada tanda “8h” di kanan atas, dimuat dengan tanggal 30 Agustus 2012 waktu Amerika Serikat bagian pantai Barat sesuai tempat tinggal Bill Gates di Seattle.

Pesan itu memuat link ke video mengenai Zoran Popovic yang memberi uraian di suatu acara TED Talks di Vancouver Canada pada 31 Mei 2012. Uraian oleh Zoran Popovic itu diawali dengan membicarakan video games Foldit yang berhasil mengungkap struktur molekul dari suatu enzim pada virus yang serupa dengan virus HIV – AIDS, yang ditemukan pada seekor monyet. Enzim itu, yang dikenal sebagai retroviral proteases, memegang peran penting dalam penyebaran virus. Sehingga kalau para peneliti medis dapat menemukan struktur tersebut, akan dapat dibuat obat yang mencegah jalur penyebaran virus HIV-AIDS.

Struktur molekul itu sudah dicari selama sepuluh tahun lebih oleh para ilmuwan, namun oleh para pemain video game itu justru ditemukan dalam waktu cuma sekitar sepuluh hari saja pada tahun 2011.

Video game Foldit berupa permainan membentuk struktur molekul protein dalam bentuk tiga dimensi dan diikuti oleh puluhan ribu peserta dari seluruh dunia melalui komputer secara on-line. Tidak semua peserta adalah ilmuwan, sebagian besar justru orang biasa. Bahkan ada contoh yang diberikan ketika seorang peserta menulis pesan “sebentar saya harus offline dulu, karena ibu saya menyuruh saya untuk bikin PR dulu……”, berarti dia masih anak sekolahan.

Kelompok yang berhasil menemukan struktur dalam sepuluh hari itu, membuat tulisan hasil riset itu dengan diketuai oleh Firas Khatib seorang Biokemis dari University of Washington.

Soal ini sebetulnya sudah muncul di media pada satu tahun yang lalu, aku juga ingat pernah baca berita itu pada tahun 2011. Namun diungkap kembali oleh Zoran Popovic dalam presentasi di acara TED Talent Search pada 31 Mei 2012, dengan tujuan mengajak masyarakat untuk ikut aktif dalam game-game serupa itu secara on-line agar dihasilkan pemikiran-pemikiran secara kolektif untuk memberi solusi kepada berbagai problem yang ada di dunia.

Dan sekarang mengenai kaitan dengan persoalan kita. Presentasi oleh Zoran Popovic itu dilakukan beberapa bulan yang lalu dalam acara TED Talent Search pada 31 Mei 2012 di Vancouver Kanada. Namun video terkait baru dimunculkan oleh TED di situs ted.com pada akhir Agustus 2012, hampir bersamaan dengan pesan Twitter dari Bill Gates yang aku muat diatas. Bill Gates merupakan salah seorang “brain-trust” pada TED, singkatan dari Technology, Entertainment, Design.

Sehingga ini seperti terkait dengan suratku “Bill Gates Soal Ide Aku Tinggal Di Qatar Dan Kiamat 2012“, soal kekhawatiran Bill Gates kalau dalam waktu dekat ini Sheikha Mayassa mengundang aku untuk membicarakan ide aku tinggal di Qatar tahun 2014, kemudian akan diikuti oleh kemunculan kiamat pada akhir tahun 2012 ini sesuai dugaan orang tentang kalender bangsa Maya yang dibuat 5125 tahun lalu dan berakhir pada akhir tahun 2012.

Memang kalau kita telaah lebih lanjut, soal kalender bangsa Maya itu bukan merupakan ramalan, sebab tidak meramalkan mengenai kapan dunia akan kiamat, melainkan kalender itu dibuat pada 5125 tahun lalu dan berakhir pada akhir tahun 2012 sehingga lebih mirip sebagai isyarat dari langit. Dan entah kenapa pula di Qatar ada seorang Sheikha Mayassa dengan nama yang mirip nama bangsa Maya itu, dan menjadi ketua Qatar Museum Authority yang juga mencakup soal lukisan sehingga menimbulkan ide aku yang pelukis ini untuk menghubungi beliau.

Sedangkan nama Zoran Popovic itu mengingatkan kita pada kata “joran” yaitu alat untuk memancing dan “popok” yaitu pakaian untuk bayi. Kita semua tentu sepakat bahwa bayi adalah mahluk yang suci. Sehingga nama Zoran Popovic seperti mengingatkan kita bahwa bukan mustahil kita sedang mendapat pancingan terkait soal kesucian. Dulu manusia pertama yaitu Adam a.s. diturunkan ke bumi akibat tidak lolos ujian soal kesucian, karena terbujuk oleh Iblis.

Dan nama Firas Khatib seperti terkait namaku Firman, serta singkatan AS dari Amerika Serikat, dan juga Khatib yaitu sebutan untuk orang yang memberi khotbah. Sebagaimana sering aku ungkapkan, setelah aku kerja di American Express dengan bos bule Bill Mould pada Maret sampai September 1989 terjadi beberapa peristiwa bersejarah tingkat dunia seperti tembok Berlin runtuh pada Nopember 1989, Uni Sovyet bubar pada 1991, negara-negara blok Timur menjadi lebih demokratis, Amerika Serikat menjadi satu-satunya negara superpower dunia. Lalu pada 1992 Bill Clinton menjadi presiden dan terpilih lagi pada 1996, dan Bill Gates menduduki posisi orang terkaya dunia sejak 1994 selama 13 tahun. Apakah semua itu semacam “khotbah” dari langit untuk umat manusia.

Mengingat sudah muncul pula beberapa bencana besar terkait kita, sehingga seperti isyarat kalau kita berdua juga tidak lolos dari ujian soal kesucian hubungan kita, dapat muncul bencana lebih lanjut berupa kiamat.

Apakah semua ini memang bagian dari isyarat dari langit tentang kiamat, entahlah. Yang penting kita lakukan saja apa yang dapat kita lakukan sesuai kapasitas kita masing-masing, sebab kiamat ‘kan memang dapat muncul kapan saja tanpa diduga. Dan untuk orang-orang beriman, kiamat cuma proses perpindahan saja, dari dunia fana ini ke alam lain sebagaimana orang meninggal tapi dalam skala besar-besaran.

Namun kekhawatiran Bill Gates dapat dimaklumi juga, sebab seperti juga para philantropis lain, ada target-target kebaikan untuk kemanusiaan yang masih ingin dicapai. Sebagai contoh, saat ini Bill Gates sedang mentargetkan untuk menghilangkan Polio seratus persen dari muka bumi seperti aku tulis di “Bill Gates Menunggu Soal Kita Menjadi 100%“, dan juga target-target kebaikan lain untuk kemanusiaan. Demikian pula secara umum umat manusia juga memiliki target-target kebaikan yang masih ingin dicapai. Kalau target-target itu belum tercapai dan dunia sudah terlanjur kiamat, tentu akan kurang enak di hati, seperti orang berhutang tidak sempat dilunasi.


Jakarta, 3 September 2012.
wassalam,


a.m. firmansyah
sms 0812 183 1538


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: