AB907. Upaya Memahami Soal Ibil

 
 

Rahma Sarita: assalamualaikum wr wb

HAL: Upaya Memahami Soal Ibil

 
 

 
 
(88:17)   أَفَلَا يَنظُرُونَ إِلَى الْإِبِلِ كَيْفَ خُلِقَتْ
Afala yanthuroona ila al ibili kayfa khuliqat
 
Apakah mereka tidak memperhatikan Unta bagaimana diciptakan
 
 
Pada permulaan abad 20, kuda merupakan kendaraan utama dalam perjalanan darat selain binatang lain seperti gajah, unta, keledai. Namun mulai muncul pula mobil, saat itu dengan tiga pilihan, ada yang bertenaga uap, bertenaga bensin, atau bertenaga listrik. Mesin bertenaga uap sudah terbukti handal dalam menggerakkan mesin-mesin di pabrik maupun untuk kereta api, tapi kalau untuk mobil pribadi cenderung kurang praktis karena kalau sedang musim dingin dibutuhkan sampai 45 menit untuk memanaskan air yang menggerakkan mesin uap. Pilihan lain adalah mesin mobil dengan tenaga bensin, namun pada saat itu cenderung berisik, apalagi kalau dibandingkan mobil yang menggunakan motor listrik. Juga mobil bermesin bensin mengeluarkan asap yang mengotori udara, belum lagi persneling yang harus diubah-ubah pada kecepatan tertentu dan saat itu cukup keras. Selain itu untuk start cukup repot, karena saat itu harus dengan engkol  yang diputar di bagian depan mobil dan cukup berat.
Henry Ford (1863 – 1947) dengan mobil pertama buatan dia, yang dia buat pada tahun 1896. Menggunakan ban sepeda, dengan mesin bensin.    theguardian.com / photograph: Getty Images / Library Of Congress
 
 
 
 
Istilah untuk mesin mobil dengan tenaga bensin adalah gasoline engine atau disingkat gas engine, dalam bahasa Indonesia adalah mesin bensin. Atau ada juga istilah combustion engine, mesin pembakaran, karena memang mengandalkan pada proses pembakaran bahan bakar untuk menggerakkan silinder, yang lalu memutarkan komponen as sehingga jadi berputar, dan putaran itu diteruskan dengan beberapa komponen lain kepada roda sehingga rodapun berputar.
Sedangkan istilah untuk mesin mobil dengan tenaga listrik, tidak disebut electric engine tapi electric motor, atau diterjemahkan jadi motor listrik.
Karena memang motor listrik itu tidak berupa mesin seperti pada mesin bensin, melainkan berupa motor listrik yang untuk tipe tertentu dipasang untuk tiap roda. Dapat diibaratkan seperti 4 motor listrik untuk kipas angin, dipasang untuk empat roda mobil. Tapi tentu dengan spesifikasi yang berbeda karena berbeda peruntukan. Ada juga yang cuma dua roda yang memiliki motor listrik, dua roda lagi pasif, cuma ikut saja.
Oleh sebab itu mobil listrik dianggap lebih efisien, karena motor listrik cenderung langsung menggerakkan roda. Sedangkan pada mesin bensin, tenaga yang dihasilkan harus disalurkan dulu melalui berbagai komponen putar untuk sampai ke roda. 
 
blog.mercedes-benz-passion.com
 
2014 Mercedes-Benz SLS AMG
Electric Drive
car and driver
 
wiringdiagram.net Nissan Leaf
nissanusa.com
 
 
Selain dua pilihan untuk penggerak mobil berupa mesin uap dan mesin bensin, pilihan lain adalah tenaga penggerak berupa motor listrik, dengan keunggulan antara lain suara tidak berisik, tidak mengeluarkan asap yang mengotori udara, mudah dikemudikan. Sehingga mobil listrik menjadi populer termasuk di kalangan wanita. Pada saat itu jaringan aliran listrik ke rumah-rumah  juga baru mulai dikenal, dan sudah semakin meluas sehingga makin mudah mengisi ulang mobil listrik, kurang lebih sepeti sekarang melakukan charging HP. Diantara inovator yang memproduksi mobil listrik adalah Ferdinand Porsche dengan mobil P1 produksi tahun 1898. Thomas Alva Edison juga menganggap mobil listrik memiliki teknologi yang superior, dan sempat mengusahakan batere yang lebih baik untuk mobil listrik. Sedangkan Henry Ford pernah bekerjasama dengan Thomas Alva Edison untuk memproduksi mobil listrik murah yang direncanakan untuk diluncurkan tahun 1914. Mobil listrik eksperimen Ford itu dibuat tahun 1913 hasil rancangan Alexander Churchward.
Ford membuat mobil listrik eksperimen pada tahun 1913, hasil rancangan Alexander Churchward. Menggunakan batere di bawah kursi.      wired.com
Mobil listrik eksperimen Ford yang kedua muncul  pada tahun 1914 menggunakan rangka dan stir dari Ford Model T.  Motor listrik yang pada mobil listrik terdahulu berada di belakang pengemudi, dipindahkan ke depan dekat batere.      wired.com
 
Namun, adalah kemunculan mobil Ford model T bermesin bensin pada tahun 1908 yang diproduksi secara masal oleh pabrik Henry Ford, yang kemudian membenamkan mobil listrik. Dengan diproduksi secara masal, harga mobil Ford model T yang bermesin bensin itu menjadi murah. Pada tahun 1912 harga sebuah mobil bermesin bensin US $ 650, sedangkan mobil listrik US $ 1,750, berarti mobil listrik lebih mahal dua kali lipat lebih. Keadaan saat itu juga semakin mendukung mobil bensin, karena tahun 1920 jalan-jalan antar kota di Amerika Serikat semakin banyak dibangun, sehingga lebih mudah ditempuh kalau dengan mobil bensin karena berjarak tempuh lebih jauh. Sumur-sumur minyak di Texas juga makin banyak ditemukan, sehingga harga bensin semakin murah. Sempat pula muncul isu, pilihan Henry Ford kepada mobil bensin dan meninggalkan mobil listrik adalah karena kedekatan dia dengan raja minyak AS, John D. Rockefeller. “Some conspiracy theorists believe the oil cartels got to Ford and Edison and prompted them to abandon it”. Keberhasilan Ford memproduksi mobil bensin secara masal itu menyebabkan pabrik-pabrik mobil lainpun mengikuti, dan mereka meninggalkan mobil listrik, sehingga sejak tahun 1935 mobil listrik mulai menghilang. Menyebabkan muncul pula istilah “who killed electric cars”. Tahun 2010 Ford mengungkapkan akan menanamkan modal 135 juta US dollar agar pada tahun 2020 mobil listrik keluaran Ford akan mencapai 15-25 %.
corporate.ford.com
 
 
 
 
bbc.com
 
Mobil Ford Model T produksi ke 10 juta unit, diluncurkan pada 4 Juni 1924.       myautoworld.com
 
Mobil yang ke-15 juta dari Ford Model T, diluncurkan pada 25 Mei 1927 atau 19 tahun sejak mobil pertama diluncurkan untuk pertama kali.      myautoworld.com
 
Foto pada tahun 1927, Edsel Ford dan sang ayah Henry Ford yang saat itu berusia 64 tahun, bersama Charles Sorensen yang duduk di kursi belakang mengendarai mobil Ford Model T yang ke 15 juta unit, keluar dari pabrik di Highland Park.    myautoworld.com
 
Henry Ford
corporate.ford.com
Henry Ford bersama Thomas Alva Edison dan Harvey Firestone.  corporate.ford.com
 
Henry Ford, kiri, bersalaman saat menerima kedatangan Thomas Alva Edison.       foto: jalopnik.com
jalopnik.com
 
 
Motor gasoline (finished):  A complex mixture of relatively volatile hydrocarbons with or without small quantities of additives, blended to form a fuel suitable for use in spark-ignition engines. Motor Gasoline includes conventional gasoline; all types of oxygenated gasoline, including gasohol; and reformulated gasoline, but excludes aviation gasoline.
Jet fuel:  A refined petroleum product used in jet aircraft engines. It includes kerosene-type jet fuel and naphtha-type jet fuel. 
Kerosene:  
A light petroleum distillate that is used in space heaters, cook stoves, and water heaters and is suitable for use as a light source when burned in wick-fed lamps.  – Kerosene di Indonesia dikenal sebagai minyak tanah.
Distillate fuel oil:
  A general classification for one of the petroleum fractions produced in conventional distillation operations. It includes diesel fuels and fuel oils. Products known as No. 1, No. 2, and No. 4 diesel fuel are used in on-highway diesel engines, such as those in trucks and automobiles, as well as off-highway engines, such as those in railroad locomotives and agricultural machinery. Products known as No. 1, No. 2, and No. 4 fuel oils are used primarily for space heating and electric power generation.
Residual fuel oil:
  A general classification for the heavier oils, known as No. 5 and No. 6 fuel oils, that remain after the distillate fuel oils and lighter hydrocarbons are distilled away in refinery operations. No. 5, a residual fuel oil of medium viscosity, is also known as Navy Special, used in steam-powered vessels in government service and inshore powerplants. No. 6 fuel oil includes Bunker C fuel oil and is used for the production of electric power, space heating, vessel bunkering, and various industrial purposes. 
 
Selain sumur-sumur minyak di Texas, sejarah kemudian mencatat bahwa sumur-sumur minyak di negara-negara Arab juga memiliki cadangan besar dan berkontribusi untuk meningkatkan lebih lanjut produksi mobil bensin sampai mencapai milyaran mobil bermesin bensin seperti sekarang ini. Dari data  yang diterbitkan oleh US Energy Information Agency, pada tahun 2009 – 2013 konsumsi BBM mobil bermesin bensin di seluruh dunia adalah sekitar 20 juta barel per hari. Sedangkan jumlah mobil di seluruh dunia sejak tahun 2010 sudah menembus angka 1 milyar. Tidak heran kalau konsumsi BBM yang besar selama puluhan tahun itu melahirkan para raja minyak di Arab, dan ikut berperan juga mengembangkan Islam. Sebuah situs di Internet malah menyebutkan, kalau saja dulu Henry Ford tidak memilih mobil bensin untuk diproduksi masal, mungkin Islam tidak akan berkembang pesat seperti sekarang. Sehingga jadi seperti terkait juga dengan kemunculan kata “Ibil” yang berarti Unta tersebut diatas. Namun di pihak lain, kita juga harus menerima kenyataan saat ini jumlah gas CO2 akibat gas buang milyaran mobil-mobil bensin itu telah mencemari udara di dunia, dan akan butuh puluhan tahun untuk menetralisir atau malah menyebabkan kiamat. The US publisher Ward’s, estimate that as of 2010 there were 1.015 billion motor vehicles in use in the world. This figure represents the number of cars; light, medium and heavy duty trucks; and buses, but does not include off-road vehicles or heavy construction equipment.     google search

 
Jadi seperti memuat peringatan untuk aku, karena nama tokoh yang menginisiasi kemunculan milyaran mobil bermesin bensin di dunia ini adalah Henry Ford, yang nama belakang dia Ford seperti berarti “four die“, terkait namaku Firman yang dalam bahasa Jerman atau Belanda kata “fir” berarti 4 atau “four”, dan kesediaanku untuk “die”, ketemu ajal. Seperti peringatan kalau aku tidak merealisasi rencanaku melakukan perjalanan ke berbagai tempat di dunia menggali inspirasi sebelum lalu ketemu ajal, maka aku dapat menyebabkan kemunculan lagi ide yang membahayakan dunia seperti kemunculan mobil bermesin bensin yang menghasilkan gas buang CO2 yang sulit untuk dihilangkan itu.
Peringatan itu diperkuat dengan kemunculan dua tokoh fenomenal balap mobil F1 yaitu Ayrton Senna dan Michael Schumacher, yang seperti terkait dengan aku. Sebagaimana aku tulis di “Dalian Dan Dua Pembalap Legendaris Marlboro F1“, setelah aku kerja di Circle Five advertising tahun 1978-1979 dengan diantara klien besar adalah rokok Marlboro, lalu muncul dua pembalap tim Marlboro yang jadi fenomenal. Pertama Ayrton Senna, menjadi Juara Dunia F1 termuda tiga kali pada tahun 1988, 1990, 1991, saat tergabung dengan tim McLaren Honda yang disponsori oleh Marlboro, dan lalu meninggal pada 1 Mei 1994 dalam usia 34 tahun saat dalam balapan di Grand Prix San Marino, Imola, Italia  waktu dia sudah pindah ke tim Williams Renault yang disponsori rokok Rothmans. Kedua Michael Schumacher yang dua kali menjadi Juara Dunia F1 tahun 1994 dan 1995 saat bersama tim Benetton Ford dan rokok Mild Seven, kemudian pada tahun 1996 pindah ke tim Ferrari Marlboro dan lima kali juara dunia dari tahun 2000 sampai 2004. Michael Schumacher mencetak rekor 7 kali Juara Dunia F1, 1994, 1995, 2000, 2001, 2002, 2003, 2004, melampaui rekor terdahulu yang dipegang oleh Juan Manuel Fangio yang 5 kali Juara Dunia F1 pada tahun 1951, 1954, 1955, 1956, 1957.
Soal penting lain terkait peringatan agar aku memperhatikan Unta atau Ibil bagaimana diciptakan, adalah seperti yang sudah sering aku ungkapkan mengenai tahun 1989 aku kerja di American Express dengan bos bule Bill Mould, lalu tahun 1992 Bill Clinton terpilih jadi presiden AS dan tahun 1994 Bill Gates mulai menduduki posisi teratas orang terkaya dunia sampai sekarang. Dan beberapa kejadian bersejarah muncul pula setelah kerjaku di American Express tahun 1989 itu antara lain tembok Berlin runtuh pada November 1989, Uni Sovyet bubar pada tahun 1991, dan negara-negara Eropa Timur yang mayoritas komunis berubah jadi lebih demokratis. Mengingat sudah sedemikian kuat isyarat-isyarat yang muncul, sehingga dapat menimbulkan konsekuensi yang buruk kalau aku tidak memperhatikan Unta atau Ibil bagaimana diciptakan.
 
Porsche Ambassador Maria Sharapova. Driving around the streets of Mayfair was certainly an experience savoured by the five-time Grand Slam Champion. Ahead of the WTA Pre-Wimbledon Party, the tennis star called in at Porsche Centre Mayfair for a ride in the latest Porsche. The left-hand drive Boxster Spyder is visiting the UK for a few days only.        newsroom.porsche.com – 06/26/2015
 
Sharapova admitted she failed the test in an announcement at a news conference Monday (7 March 2016). Nike said it was suspending its relationship with Sharapova while the investigation continued. TAG Heuer said Tuesday that it would not renew her contract. Luxury car-maker Porsche on Tuesday said it postponed planned activities with Sharapova “until further details are released and we can analyze the situation.”      usatoday – 1:42 p.m. EST   March 8, 2016
 
This is the first Porsche-designed vehicle, which had been stored in an Austrian garage since 1902. Luxury automaker Porsche has revealed the first car designed by its founder was electric.     bbc.co.uk
Mr Porsche was working for car builder Jacob Lohner, who asked him to design an electric drive train.
The first Porsche featured a rear-mounted electrical engine which could reach speeds of 21 miles per hour.     bbc.co.uk
 
The first Porsche was the most energy-efficient car in an 1899 Berlin road race.      bbc.co.uk
 
First Porsche revealed

to be an electric car

from 1898

Porsche’s first car,

in 1898,

was electric

bbc – 28 January 2014 usatoday – 27 January 2014
 
Luxury automaker Porsche has revealed the first car designed by its founder was electric, in a show at its museum in Stuttgart-Zuffenhausen, Germany. Ferdinand Porsche’s design was dubbed the Egger-Lohner electric vehicle C.2 Phaeton model, or the P1 for short. The car, made in 1898, was recently unearthed in an Austrian garage, where it had been stored since 1902. The 22-year-old Ferdinand Porsche, who would start Porsche in 1931, designed the P1 for carmaker Jacob Lohner. After a trip to the US, Ludwig Lohner, the owner of that firm, became convinced that the age of the horse and carriage was ending, and he asked Ferdinand Porsche to come up with an electric drive train. The first Porsche-designed car was unveiled in Stuttgart, Germany, on Monday. It had been sitting in an old shed in Austria since 1902. The car is, officially, the 1898 Egger-Lohner electric vehicle, C.2 Phaeton. It’s known as P1, signifying Ferdinand Porsche’s first design. It is an electric-power car, developed by Ferdinand Porsche, who founded the namesake sports-car company in 1948. Before that, as a young man with engineering aptitude but no formal engineering training, he was working for car builder Jacob Lohner, who assigned Porsche to come up with an electric drivetrain. Porsche says it hit the streets of Vienna, Austria, on June 26, 1898, when Ferdinand Porsche was 22. He engraved the code “P1” (standing for Porsche, number one) onto all the key components.
 
 
Kemunculan kasus doping Maria Sharapova pada awal Maret 2016 yang lalu seperti menjadi bagian dari peringatan untuk aku terkait soal mobil bensin Henry Ford. Dari kasus itu aku jadi tahu sponsor besar kepada atlet bintang tenis Maria Sharapova antara lain adalah dari mobil Porsche. Seperti terlihat di bagian news release dari Porsche tersebut diatas, pada 22 April 2013 Maria Sharapova ditunjuk menjadi Brand Ambassador mobil Porsche. Angka tanggal 22 itu kalau dijumlah menjadi 4 seperti terkait namaku Firman yang dalam bahasa Jerman atau Belanda kata “fir” berarti 4. Dan pada saat aku mengumpulkan bahan untuk tulisan ini mengenai mobil listrik Porsche P1, aku baru tahu kalau mobil yang dibuat pada tahun 1898 oleh Ferdinand Porsche itu bukan cuma mobil listrik buatan Porsche tapi juga merupakan mobil pertama Porsche, seperti diungkap pada Senin 27 Januari 2014 dua tahun yang lalu oleh perusahaan mobil Porsche di museum mereka di Stuttgart Jerman. Ide pembuatan mobil listrik Porsche P1 itu muncul setelah Ludwig Lohner, pimpinan perusahaan Jacob Lohner tempat Ferdinand Porsche bekerja saat itu, datang dari bepergian ke Amerika Serikat. Dia mengatakan bahwa era kereta kuda sudah akan berakhir, dan meminta Ferdinand Porsche yang saat itu berusia 22 tahun untuk merancang desain kendaraan dengan tenaga listrik. Kisah ini jadi seperti memperkuat peringatan untuk aku, bahwa di awal-awal mobil mulai muncul di dunia ini, ada pilihan lain selain mobil bensin yaitu mobil listrik. Namun setelah Henry Ford memproduksi mobil Ford Model T pada tahun 1908 secara masal, dan merupakan mobil bensin, maka harga mobil Ford menjadi murah sehingga laku dalam jumlah besar. Dalam waktu 20 tahun Ford sudah berhasil menjual 15 juta unit mobil. Pabrik-pabrik mobil lainpun jadi ikutan memproduksi mobil bensin, sehingga sejak tahun 1935 mobil listrik sudah mulai menghilang. Namun kemudian kita ketahui bersama, mobil bermesin bensin menimbulkan gas buang CO2 yang membahayakan bumi ini, dan membutuhkan puluhan tahun untuk meminimalkan jumlah gas CO2 yang muncul itu. Henry Ford, yang nama belakang dia Ford seperti berarti “four die“, jadi seperti terkait namaku Firman yang dalam bahasa Jerman atau Belanda kata “fir” berarti 4 atau “four”, dan kesediaanku untuk “die”, ketemu ajal. Seperti merupakan peringatan kalau aku tidak merealisasi rencanaku melakukan perjalanan ke berbagai tempat di dunia menggali inspirasi sebelum lalu ketemu ajal, maka aku dapat menyebabkan kemunculan lagi ide yang membahayakan dunia seperti kemunculan mobil bermesin bensin yang menghasilkan gas buang CO2 yang sulit untuk dihilangkan itu.
 
 
 

 
 

Jakarta,  7 April 2016.

wassalam,

 
 

a.m. firmansyah
sms +62812 183 1538

 
 
 

%d bloggers like this: